Trendtech, Jakarta – Menurut laporan terbaru dari Counterpoint Research Market Monitor Q1 2020, realme berhasil meraih peringkat Top 5 di kawasan Asia Tenggara dengan kenaikan penjualan tahunan sebesar 173%. Dengan kenaikan penjualan yang mengesankan tersebut, realme telah menjadi merek smartphone yang paling cepat berkembang di Asia Tenggara.
Pada Q1-2020 yang terdampak dengan pandemi COVID-19, pengiriman smartphone di Kawasan Asia Tenggara menurun 11% dan pasar global turun 13% dibandingkan Q1-2019. realme adalah satu-satunya merek smartphone yang mengalami pertumbuhan.
Baca juga: realme X3 SuperZoom Dipastkan Hadir di Indonesia
Menurut laporan, realme berada di antara 5 pemain teratas di pasar-pasar utama Asia Tenggara pada Q1-2020: Thailand dan Kamboja menempati posisi Top 4, dengan tingkat pertumbuhan tahunan masing-masing 116% dan 252%; Indonesia (peningkatan pertumbuhan tahunan 105%), Filipina (peningkatan pertumbuhan tahunan 1800%), Vietnam (peningkatan pertumbuhan tahunan 92%) dan Myanmar (peningkatan pertumbuhan tahunan 350%) dan menempati posisi Top 5.
Secara global, realme tetap mengalami pertumbuhan pada Q1-2020 dan bertahan di peringkat 7 dunia, menjadi merek smartphone yang paling cepat berkembang dengan 35 juta pengguna di seluruh dunia.
realme telah beroperasi di 27 negara dan telah melakukan debutnya di Asia Tenggara dengan memasuki pasar Indonesia dan Vietnam pada Oktober 2018.
Menurut analisis dari Counterpoint, realme mampu meraih posisi Top 5 di Filipina, Vietnam, Indonesia, dan Myanmar dalam waktu satu tahun peluncurannya; di Kamboja dalam 1 kuartal dan masuk menjadi Top 5 di Thailand pada Q1-2020, menjadikan realme sebagai salah satu pemain terkemuka di semua pasar Utama kawasan Asia Tenggara.
Sejak awal berdirinya, realme telah berkomitmen untuk menjadi pilihan pertama bagi anak muda di semua negara di dunia, menyediakan produk-produk tech trendsetter bagi anak muda dengan kinerja, kualitas, dan desain yang melebihi ekspektasi. realme memiliki wawasan mendalam tentang pasar smartphone di Asia Tenggara, mengoptimalkan dan meluncurkan produk yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna lokal.
Baca juga: realme X3 SuperZoom vs POCO F2 Pro vs Realme X50 Pro: Perbandingan Spesifikasi
Dengan menyediakan smartphone berkualitas terbaik di setiap segmen harga berdasarkan kebutuhan pasar lokal, realme terus-menerus mencetak rekor penjualan di pasar-pasar Asia Tenggara. Misalnya di Indonesia, realme berhasil menjual smartphone sebanyak 40.000 unit di platform e-commerce Lazada hanya dalam waktu 21 menit, yang menjadikannya merek smartphone dengan pertumbuhan penjualan tercepat, total unit penjualan dan penjualan produk tunggal dari merek smartphone baru.
Meskipun berdampak negatif pada pasar ponsel pintar global pada Q1-2020, realme telah tumbuh secara signifikan di wilayah Asia Tenggara, membuktikan kecepatan pertumbuhan tercepatnya dengan kenaikan tingkat pertumbuhan tahunan di pasar-pasar utama. Dengan produk-produk trendsetting, strategi 5G + AIoT dan model pemasaran kreatif, realme akan menciptakan trendsetter life bagi lebih banyak konsumen muda Asia Tenggara di masa depan.