Trendtech, Jakarta – Menyambut hari media sosial internasional, Tri Indonesia mencatat 95% pelanggannya secara aktif mengakses media sosial setiap harinya. Terlebih lagi, rata-rata pengguna Tri menggunakan hingga 70% dari kuota yang mereka habiskan setiap harinya untuk berselancar di aplikasi media sosial.
Menyadari besarnya peranan media sosial dalam menghubungkan individu, minat, serta budaya dari berbagai belahan dunia, masyarakat internasional merayakan Hari Media Sosial Internasional setiap tanggal 30 Juni.
Baca juga: Tri Indonesia Dirikan Data Center Menggunakan Solusi Modular Prefabrikasi
Untuk memperingati Hari Media Sosial Internasional tahun ini, Tri Indonesia mendalami 4 aplikasi media sosial terpopuler, yaitu Facebook, Twitter, Instagram, dan TikTok untuk mengetahui media sosial mana yang paling banyak digunakan oleh pengguna Tri. Berikut data dan ulasan yang telah dikumpulkan:
Pada grafik di atas penggunaan Facebook menjadi media sosial yang paling banyak digunakan oleh pengguna Tri, hampir dua kali lipat dari Instagram yang berada di posisi kedua. Selain itu, hal menarik lainnya yang menarik adalah penggunaan TikTok. Media sosial yang relatif baru ini berhasil mendapatkan jumlah pengguna yang besar dalam waktu cepat sehingga mampu membuntuti Twitter dengan selisih jumlah pengguna yang tipis.
Berdasarkan penggunaan data, Instagram menjadi media sosial yang rata-rata konsumsi data per hari nya paling tinggi. Tingginya konsumsi data ini didorong oleh durasi penggunaan harian yang tinggi dan basis konten Instagram yang berupa foto dan video. Di sisi lain, Twitter yang kontennya lebih banyak berbasis teks, memiliki rata-rata konsumsi data per hari yang paling irit dibandingkan Facebook, TikTok, dan Instagram.
“Media sosial telah merevolusi cara kita berkomunikasi. Melalui media sosial, keluarga, teman, hingga kerabat yang sudah lama tidak bertemu dan terpaut jarak yang jauh kini dapat tetap saling terhubung secara personal dengan cara yang mudah dan sederhana,” kata Chief Technical Officer Hutchison Tri Indonesia Desmond Cheung.
Baca juga: Mengurai Benang Kusut Pandemi COVID-19 Bagi Industri Telekomunikasi
“Peranan media sosial pun menjadi semakin penting di masa pandemi dan ketika orang mulai beradaptasi dengan new normal. Media sosial menjadi platform yang kita andalkan untuk mengetahui kabar teman-teman serta kerabat, juga untuk mendapatkan informasi mengenai kehidupan di sekitar kita. Hal ini menjadi motivasi kami untuk memberikan upaya yang terbaik dalam memberikan kenyamanan mengakses media sosial bagi pengguna kami,” ungkapnya.
Kenaikan lalu lintas data social media di jaringan Tri meningkat pesat sebesar 60% jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Agar penggunanya dapat tetap mengakses media sosial dengan lancar, Tri Indonesia telah mengoptimalkan jaringannya dengan teknologi terbaru Caching Solution. Teknologi ini membantu mempercepat akses pengguna ke beberapa layanan media sosial. Bersama dengan koneksi 4,5G Pro yang kini sudah 8x lebih cepat dan tersedia di lebih dari 33.000 desa di Indonesia, pengguna Tri akan dapat menikmati pengalaman terbaik berselancar di media sosial.