Home Smartphone 3 Cara Meningkatkan Kualitas Belajar Saat Pembelajaran Jarak Jauh
Pembelajaran Jarak Jauh

3 Cara Meningkatkan Kualitas Belajar Saat Pembelajaran Jarak Jauh

by Trendtech Indonesia

Trendtech, Jakarta – Proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang tengah dilaksanakan dihampir semua sekolah di Indonesia selama lebih dari 8 bulan ini kerap menemukan kendala yang dirasakan oleh berbagai pihak seperti peserta didik (anak) dan orang tua.

Berdasarkan survei berjudul “Kesiapan Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19” yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), salah satu kendala yang dialami oleh peserta didik (anak) saat PJJ adalah sulitnya mendapatkan konsentrasi penuh saat belajar.

Baca juga: Tips Foto-foto Pake Barang yang Ada di Rumah Buat Ngonten

Beragam tantangan kerap ditemui oleh orangtua dan anak pada masa PJJ, mulai dari perangkat, kuota, hingga sulitnya mendapatkan konsentrasi/fokus pada masa pembelajaran. Untuk itu, Samsung berkomitmen menghadirkan solusi PJJ yang lebih baik dengan program Semangat Tetap Sekolah. Program ini menawarkan orangtua bundling Galaxy A01 Core, Galaxy A01 dan Galaxy A11 dengan harga terjangkau, dengan  fitur-fitur unggulan yang dapat menunjang proses pembelajaran yang lebih efisien

Untuk menjawab berbagai tantangan yang dihadapi orangtua dan siswa pada masa PJJ, simak Cara Meningkatkan Kualitas Belajar Saat Pembelajaran Jarak Jauh:

Gunakan Focus Mode

Kebanyakan yang dialami orang tua dalam mendampingi anak belajar adalah susahnya si anak memiliki konsentrasi yang baik. Samsung Indonesia pun menawarkan fitur yang disebut Focus Mode yang bisa membantu pengguna untuk berfokus pada kegiatan yang sedang dilakukannya.

Fitur yang hadir antara lain pada Galaxy A01 Core, Galaxy A01 dan Galaxy A11 itu bisa mengunci berbagai aplikasi yang tidak diperlukan untuk kegiatan yang dimaksud. Alhasil, sang pengguna tidak akan bisa menggunakan aplikasi di luar yang diperlukan untuk kegiatan bersangkutan. Meski Focus Mode sebenarnya sudah tersedia sebelumnya, fitur ini tetap menjadi alternatif yang bisa ditempuh untuk membantu pengguna fokus.

Sesuai dengan fungsinya, Focus Mode bisa mengunci berbagai aplikasi yang tidak diperlukan untuk kegiatan yang ingin dilakukan. Pengguna hanya perlu memilih atau membuat suatu mode pada Focus Mode, lalu memilih aplikasi apa saja yang diizinkan untuk digunakan. Begitu pengguna menjalankan mode bersangkutan, hanya aplikasi yang telah dipilih tadi itu yang bisa dimanfaatkan. Pengguna tidak akan bisa menggunakan selain aplikasi yang diizinkan. Setelah selesai bekerja atau belajar misalnya, pengguna bisa mematikan mode bersangkutan dan seluruh aplikasi akan bisa dimanfaatkan.

Dengan fitur Focus Mode yang hadir pada Galaxy A01 Core, Galaxy A01 dan Galaxy A11, orang tua dapat membatasi jenis dan jumlah aplikasi yang dapat dioperasikan anak pada saat proses PJJ berlangsung. Sehingga, anak bisa mendapatkan konsentrasi yang lebih baik dan minim distraksi.

Gunakan Aplikasi Pendukung yang Tepat 

Banyaknya ragam dan jenis aplikasi pendukung Pembelajaran jarak jauh yang ada sekarang kadang sedikit membingungkan orang tua ataupun anak dalam proses belajar. Selain itu, banyaknya aplikasi yang dijalankan secara bersamaan juga secara tidak langsung menurunkan performa perangkat yang digunakan. Hadirnya Android GO pada Galaxy A01 Core, Galaxy A01 dan Galaxy A11, dengan dukungan aplikasi YouTube GO dan Google GO, membuat kinerja perangkat lebih efisien dan memperlancar proses pembelajaran dengan pengalaman menggunakan smartphone yang lebih lancar.

Manfaatkan Kamera

Dalam meningkatkan kualitas belajar saat PJJ, pengguna juga bisa memanfaatkan kamera untuk membuat tugas yang diberikan guru. Seperti mnggunakan kamera di Galaxy Samsung A11 dengan 3 kamera belakang 13 MP(wide), 5 MP (ultrawide), 2 MP (depth) serta Kamera Depan 8 MP. Untuk Galaxy A01 memiliki 2 kamera belakang  13 MP (wide) dan 2 MP (depth). Kamera Depan 5 MP. Lalu kamera Galaxy A01 Core Kamera Belakang 8 MP dan Kamera Depan 5 MP. 

Galaxy A01 Core dapat diperoleh hanya dengan harga Rp. 999.000,- untuk varian 1/16GB dan Rp. 1.149.000,- untuk varian 2/32GB. Pembeli akan mendapatkan bonus kuota internet hingga 24GB selama setahun dari Indosat Ooredoo, cukup dengan melakukan pengisian ulang Rp. 20.000,- setiap bulan. Bonus kuota ini tidak akan memotong nominal pulsa yang diisi oleh pelanggan.

Baca juga: Cara Bikin Konten Kamu Makin Bervariasi di Galaxy A Series

Selain itu, program Samsung Semangat Tetap Sekolah juga hadir melalui paket bundling Galaxy A01 dan Galaxy A11 yang sudah dilengkapi dengan kuota internet dari Telkomsel, dimana masing masing ditawarkan dengan harga spesial Rp. 1.249.000,- untuk Galaxy A01 dan Rp 1.899.000,- untuk Galaxy A11. Pembeli bisa mendapatkan kedua smartphone tersebut dengan kuota internet 48GB selama satu tahun dari Telkomsel, cukup dengan membayar Rp. 32.000,- per bulan dari harga normal Rp. 64.000,- per bulannya.

Program Samsung Semangat Tetap Sekolah, berlangsung mulai 30 September – 31 Desember 2020. Untuk menambahkan kemudahan bagi para orang tua, Samsung juga menyediakan cicilan hingga 12 bulan untuk pembelian Galaxy A01 Core, Galaxy A01, dan Galaxy A11 bekerja sama dengan Home Credit Indonesia, mulai 90 ribuan setiap bulannya.

Berita Lainnya

Leave a Comment