Trendtech, Jakarta – LG mengumumkan ketersediaan platform smart TV miliknya, webOS, untuk digunakan mitra merek TV lainnya. Disamping memperluas keahlian perusahaan diluar bidang manufaktur TV, langkah ini berpotensi membentuk bisnis bagi penyedia teknologi dan konten yang sekaligus meningkatkan kehadiran dan keunggulan LG di pasar perangkat hiburan dalam rumah secara global.
“Dengan menyambut produsen lain untuk bergabung dengan ekosistem TV webOS, kami memulai jalur baru yang memungkinkan banyak pemilik TV baru untuk merasakan UX hebat yang sama dan fitur yang tersedia di TV LG,” ujar Park Hyoung-sei, Presiden LG Home Entertainment Company.
Baca juga: LG CordZeroThinQ A9 Kompressor+, Vacuum Cleaner Canggih Dapat Membersihkan Diri Sendiri
Lebih lanjut ia menyatakan,”Kami berharap dapat membawa pelanggan baru ini ke dunia webOS TV yang luar biasa.”
Sebagai komponen integral dari ekosistem smart TV LG, platform webOS perdana diperkenalkan LG pada tahun 2014. Sejak saat itu, LG terus melakukan perkembangan berkelanjutan yang menitikberatkan pada kemudahan penggunaan melalui desain antarmuka yang intuitif.
Dengan dibukanya penggunaan platform LG webOS ini bagi pabrikan TV lain, penerima lisensi webOS TV akan menerima desain UX yang sudah dikenal berikut dengan sekumpulan fitur yang kaya didalamnya. Hal ini termasuk pada fitur pencarian dan kontrol suara, algoritma kecerdasan buatan (Artificial Intelligence – AI) yang terintegrasi dan konektivitas mudah yang telah mendapatkan penghargaan dari industri maupun pengguna LG.
Melalui kepemilikan lisensi LG webOS TV, mitra juga mendapatkan beragam pilihan konten termasuk akses pada aplikasi layanan streaming global seperti Netflix, YouTube, Amazon Prime Video dan layanan streaming olahraga DAZN. Hal ini termasuk pula layanan LG Channels yang merupakan layanan streaming konten premium gratis dari perusahaan. Bagi model TV yang kompatibel juga bakal disertakan remote kontrol Magic Motion khusus.
Baca juga: LG Luncurkan WebOS 6.0 untuk Platform Smart TV
LG menyatakan, hingga kini telah terdapat lebih dari dua puluh produsen TV yang berkomitmen pada kemitraan webOS. Termasuk didalamnya merek RCA, Ayonz, dan Konka.
Disisi lain, ekosistem webOS mendapat dukungan mitra teknologi seperti Realtek, Nuance, Gracenote, CEVA dan Universal Electronics, di antara banyak lainnya. Dengan seluruh pengembangan yang dilakukan LG dan kolaborasi dukungan mitra teknologi ini, “Platform webOS adalah salah satu cara termudah dan paling nyaman untuk mengakses jutaan jam film dan acara TV,” kata Park Hyoung-sei lagi.