Trendtech, Jakarta – Inisiatif ‘Making Indonesia 4.0’ yang diumumkan pada tahun 2018 mendorong lima sektor utama – makanan dan minuman, tekstil dan pakaian jadi, otomotif, elektronik, dan bahan kimia – untuk menyumbang dua pertiga dari output manufaktur ekonomi serta ekspor.
Di bawah otomotif, pemerintah memandang sektor Kendaraan Listrik sebagai hal yang penting, dengan kepentingan yang mencakup seluruh mata rantai industri – pemrosesan komoditas hilir untuk memungkinkan produksi baterai dan mendorong adopsi EV domestik.
Ini akan membantu perekonomian, tidak hanya dalam memanfaatkan kekuatan alamnya (kaya sumber daya), tetapi juga membuat kemajuan dalam transisi energi rendah karbon. Perlu dipahami, mencapai tujuan akhir dari pembangkit tenaga listrik EV manufaktur dan adopsi yang lebih cepat akan membutuhkan kerja keras melalui dukungan kebijakan, kepentingan konsumen, dan tulang punggung infrastruktur yang efisien.
Sementara transportasi berbasis bahan bakar fosil masih dominan, EV diharapkan dapat menurunkan konsumsi energi dan mendukung keuangan negara ketika diterapkan sepenuhnya.
Baca juga: Huawei Tingkatkan Literasi dan Dorong Terciptanya Solusi Masyarakat Berbasis Teknologi Digital
Industri otomotif Indonesia sebagian besar merupakan pasar kendaraan roda 2 dan merupakan salah satu yang terbesar di dunia. Hingga tahun 2020, terdapat sekitar 136 juta kendaraan bermotor di jalan, di mana sepeda motor menyumbang 84,5% atau 115 juta unit, dan sisanya adalah mobil penumpang, bus, dan truk.
Perincian pasar kendaraan (as of 2020)
Sumber: CEIC
Penjualan tahunan sepeda motor telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir dari titik terendahnya pada tahun 2015. Produsen mobil Jepang Honda, Yamaha, dan Suzuki menyumbang lebih dari 80% dari penjualan tahunan di pasar sepeda motor Indonesia.
Penjualan sepeda motor tahunan
Adopsi strategi elektrifikasi kendaraan
Mengingat pasar sepeda motornya yang besar, pemerintah Indonesia berencana untuk mengubah negara ini menjadi pemain utama di pasar EV global melalui Inisiatif Investasi Positif baru-baru ini. Pemerintah menargetkan penjualan 2,1 juta sepeda motor listrik dan 0,4 juta mobil listrik pada 2025. Sekitar 20% di antaranya akan diproduksi di dalam negeri. Pada tahun 2030, produksi diharapkan mencapai 2,5 juta sepeda motor listrik dan 0,6 juta mobil listrik. Mulai tahun 2040 dan seterusnya, hanya sepeda motor listrik yang dapat dijual, sembari semua kendaraan termasuk mobil yang dijual akan dialiri listrik pada tahun 2050. Target ini akan mendukung integrasi vertikal rantai pasokan EV, dari penambangan bijih hingga manufaktur EV.
Langkah-langkah ini konsisten dengan komitmen pemerintah untuk mengurangi emisi gas rumah kaca sebesar 29% pada tahun 2030, setara dengan 826 juta ton CO2.
Investasi ke pasar Indo EV
Sumber: Asean Briefing, Autoindustriya, Cekindo, Gojek, Jakarta Globe, LMC Auto, Nikkei Asia, The Jakarta Post, The Strait Times
Target penjualan sepeda motor listrik dan mobil penumpang
Sumber: Kementerian Perindustrian (Indonesia), Pemerintah Indonesia
Insentif untuk mendukung pengembangan EV
-
Insentif EV utama: Untuk menarik perusahaan otomotif untuk berinvestasi di industri EV dalam negeri, pemerintah Indonesia menawarkan mereka insentif, seperti kepemilikan asing 100%, bisnis EV dengan investasi modal lebih dari Rp 500 Miliar akan mendapatkan potongan 100% pada Pendapatan Perusahaan Pajak, sedangkan investasi senilai Rp 100-500 Miliar akan mendapat potongan 50% PPh Badan. Selain itu, perusahaan manufaktur terkait EV akan menikmati pengurangan tarif impor untuk mesin dan bahan yang digunakan untuk produksi EV.
-
Fokus Baterai EV: Indonesia berencana untuk memproduksi baterai EV sendiri. Negara ini memiliki salah satu cadangan nikel dan tembaga terbesar di dunia, bahan utama untuk produksi baterai EV Lithium-ion.
-
Sekitar 30% produksi nikel dunia berasal dari Indonesia. Sejak 2020, negara melarang ekspor nikel untuk mengamankan perkembangan industri hilir di Indonesia. Perusahaan nikel di luar negeri hanya bisa membangun smelter dan refire ore di Indonesia. Larangan ekspor konsentrat tembaga dan bauksit yang belum diproses lainnya akan diterapkan pada tahun 2023. Indonesia diperkirakan akan mendominasi pasar baterai EV dengan memegang sumber daya yang melimpah di dalam negeri.
Pemerintah akan membentuk holding BUMN baru (dijuluki Indonesia Battery Corporation, IBC) untuk mengawal perkembangan industri ini. IBC akan mengelola ekosistem industri baterai kendaraan listrik dan mengembangkan kemitraan dengan pihak ketiga, pemain utama dalam industri teknologi dan pasar global.
Sejauh ini, beberapa perusahaan otomotif telah menyatakan minatnya untuk berinvestasi di ekosistem baterai EV Indonesia, termasuk China’s Contemporary Amperex Technology, lebih dikenal sebagai CATL, dan LG Chem Korea Selatan, masing-masing bernilai $5,2 miliar dan $9,8 miliar. Pabrikan EV Tesla telah menyatakan minatnya untuk ambil bagian, sementara BASF Jerman, produsen bahan kimia terkemuka, juga akan bergabung dalam pembicaraan.
IBC menargetkan untuk memulai produksi pada 2023, menyelesaikan pengembangan sektor hulu pada 2024, dan memproduksi sel baterai pada 2025. Idealnya, industri baterai full EV Indonesia akan siap pada 2026. Ada rencana pabrik baterai senilai $1,2 miliar di Bekasi dengan kapasitas 10 GWh.
Indonesia bertujuan untuk meningkatkan kapasitas baterai menjadi 140 GWh pada tahun 2030, di mana akan mengekspor 50 GWh. Indonesia juga berharap dapat meningkatkan investasi di sektor baterai EV menjadi US$33 miliar pada tahun 2033.
-
Potensi investasi EV dari perusahaan otomotif domestik dan global: Tabel di atas merangkum rencana investasi pembuat mobil global dan perusahaan transportasi yang ingin memanfaatkan potensi pertumbuhan pasar EV yang besar di Indonesia.
-
Partisipasi pelaku domestik dalam pengurangan CO2: Perusahaan transportasi domestik, ride-hailing dan logistik tertarik untuk berinvestasi dalam elektrifikasi kendaraan karena strategi mereka akan berdampak langsung pada pengurangan CO2 juga. Misalnya, perusahaan transportasi dan logistik Gojek, baru-baru ini berkomitmen untuk nol janji – nol emisi, nol limbah, nol hambatan. Gojek sendiri telah bermitra dengan lebih dari 1 juta pengemudi dan 125.000 pedagang, dan menargetkan hanya memiliki kendaraan listrik di platformnya pada tahun 2030.
Hal ini akan sejalan dengan rencananya untuk bekerja dengan pemerintah dan pembuat mobil EV lainnya untuk mengurangi biaya EV hingga 30% lebih rendah dari kendaraan mesin pembakaran internal.
Baca juga: Honda Meluncurkan Skuter Listrik Harga Terjangkau U-BE
Operator transportasi umum Transjakarta berencana untuk memiliki armada bus bertenaga listrik sepenuhnya, yang dapat mendukung 14.000 bus listrik, pada tahun 2028. Menurut perusahaan, mereka akan menambah 100 bus listrik baru pada tahun 2021 dan memiliki 50% bus listrik dalam armadanya pada tahun 2025 dan 83% pada tahun 2030.
Tantangan dan rintangan implementasi EV
-
Jaringan infrastruktur yang tidak memadai. Kekurangan jaringan pengisian EV dapat menjadi hambatan dalam adopsi mobil listrik dan sepeda motor listrik, karena investasi ke infrastruktur pengisian EV bisa sangat besar untuk menyediakan cakupan yang cukup bagi pengguna. Bahkan, pemerintah mungkin harus mengambil alih pimpinan untuk membangun infrastruktur pengisian EV daripada mengandalkan investor swasta.
-
Insentif finansial kepada pemilik kendaraan untuk beralih ke kendaraan listrik. Membandingkan pasar mobil Asia lainnya seperti Tiongkok, pemerintah Indonesia harus mempertimbangkan paket dukungan keuangan jangka panjang untuk merangsang adopsi EV, baik untuk pembuat mobil maupun konsumen.