Home Apps Pancake Platform Omnichannel dan CRM Khusus UMKM
Pancake

Pancake Platform Omnichannel dan CRM Khusus UMKM

by Trendtech Indonesia

Trendtech, Jakarta – Pancake, sebuah platform teknologi all-in-one untuk segala kebutuhan bisnis, pemasaran, penjualan logistik dan retargeting, menemukan bahwa walau tingkat digitalisasi UMKM masih rendah, ternyata sebagian pelaku bisnis di Indonesia sudah bertransformasi ke strategi omnichannel.

Aditya Gupta, Director and Co-Founder Pancake mengatakan, digitalisasi UMKM di Indonesia sangat penting, tetapi pada saat yang sama, kita tidak bisa memaksakan satu definisi digitalisasi untuk semua bisnis, karena setiap bisnis tidak dibangun sama. Bagi UMKM Indonesia, WhatsApp telah menjadi platform yang paling akrab bagi bisnis dan pelanggan mereka, jadi dari situlah titik sentuh digitalisasi dimulai.

Baca juga: Telkomsel Luncurkan Platform Kesehatan Fita

“Pancake menyediakan platform bagi UMKM untuk dapat dengan mudah mengimplementasikan omnichannel dan CRM, tanpa perlu memahami terlebih dahulu apa itu omnichannel dan CRM. Kami ingin membuat hal ini mudah bagi mereka,” kata Gupta.

WhatsApp dapat digunakan tanpa biaya apa pun, tetapi memiliki beberapa batasan, terutama dalam hal WhatsApp Business. Pertama, pengguna tidak dapat menggunakan nomor WhatsApp dan WhatsApp Business bersamaan. Kedua, WhatsApp Business disediakan gratis untuk UMKM, namun terbatas untuk diakses oleh satu admin atau operator saja. Keterbatasan lain termasuk: penyimpanan riwayat obrolan harus dilakukan secara manual, tidak ada alat bisnis/fungsi CRM dan ketidakmampuan untuk mengirim pesan masal (blast). Jika usaha kecil ingin memiliki jumlah akses admin tanpa batas dan menambahkan CRM, atau bahkan chatbot, mereka harus membayar biaya yang dikenakan per pesan, sehingga tidak dapat dijangkau oleh sebagian besar UMKM, menjadi tantangan omnichannel.

Untuk mengatasi masalah ini, UMKM hanya perlu menggunakan WhatsApp Business gratis dan menghubungkan akun mereka ke platform enabler seperti contohnya Pancake. Ini dapat digunakan hanya dengan menautkan akun WA (di facebook), ke aplikasi Pancake, lalu menambahkan daftar akses/admin dari daftar drop-down yang disediakan. Dengan cara ini, jumlah admin bisa ditingkatkan hingga tidak terbatas.

Baca juga: Lewat Fitur Barunya, Pitchplay Optimalkan Dukungan untuk Musisi di Indonesia

Kemudian pelaku bisnis juga akan bisa menyimpan semua percakapan secara otomatis alih-alih menyimpannya secara manual setiap saat. Dan kotak masuk pesan otomatis dibagikan ke semua admin yang ditambahkan ke aplikasi.

Dari kotak masuk, admin juga dapat menerapkan auto-reply atau autotext yang mudah. Ini adalah bentuk otomatisasi yang sangat sederhana. Namun, jika bisnis ingin melakukan otomatisasi yang lebih kompleks, mereka dapat menggunakan chatbot (seperti BotCake, yang disediakan secara gratis).

 

Berita Lainnya

Leave a Comment