Trendtech, Jakarta – Festiva
Festival belanja 7.7 menjadi festival belanja terdekat di eCommerce seperti Lazada Indonesia (Lazada). Para penjual di Lazada telah diberikan pembekalan agar bisa memanfaatkan momentum festival belanja 7.7 untuk meraup cuan. “Jelang festival belanja, penjual biasanya memang melakukan persiapan yang lebih ekstra, termasuk dari sisi penyediaan stok produk dan jumlah karyawan, untuk mengantisipasi banjirnya pesanan. Meski demikian, sebenarnya persiapan penjual untuk menghadapi setiap festival belanja menjadi persiapan jangka panjang dan selalu ada yang bisa menjadi pembelajaran untuk keberhasilan festival belanja berikutnya,” tutur Haikal Bekti Anggoro, SVP – Seller Operations, Lazada Indonesia.
Baca juga: 5 Cara Online Dating yang Aman Ala Gen Z
Nah, bagi Anda yang punya toko online di eCommerce, khususnya di Lazada, yuk kita simak tips dari Haikal untuk persiapan toko agar bisa cuan saat festival belanja nanti!
1.Tampilkan produk Anda secara menarik
Kiat paling dasar adalah pastikan produk Anda nampak menonjol dengan menampilkan produk secara jelas dan rinci, baik dalam bentuk foto maupun deskripsi produk. Gunakan latar foto yang tidak terlalu ramai dan jarak foto yang tidak terlalu jauh agar detail foto terlihat jelas. Usahakan mengambil foto dari beragam sudut pengambilan gambar, dan juga foto ketika produk tersebut dipergunakan oleh orang. Pastikan deskripsi dan foto produk tidak hanya tampak menarik, namun juga bisa ‘menceritakan’ fungsi, keunggulan, serta kualitas produk.
2.Bangun value untuk produk dan toko Anda, dan jadikan sebagai daya jual
Konsumen sering kali memilih produk berdasarkan harga produk. Oleh sebab itu, penting untuk membangun value dari produk yang Anda jual agar Anda bisa “bercerita” bahwa harga yang tertera memberikan banyak value bagi pembeli. Perwujudan dari value bisa berbentuk gambar produk yang lebih serius, deskripsi produk yang “bercerita” dan menjelaskan beragam fungsi dari produk. Tak hanya itu, Anda juga harus memberikan layanan optimal seperti menjawab chat dengan cepat maupun jaminan pengembalian yang mudah. Hal ini dilakukan agar pelanggan tidak sekadar menilai dari adu harga saja.
3.Pahami algoritma eCommerce tempat Anda berjualan untuk mendorong trafik ke toko
Saat ini eCommerce menggunakan algoritma dan personalisasi untuk menyesuaikan antara produk dengan pencarian calon pembeli. Untuk mendorong trafik ke toko, pastikan judul produk mewakili produk dengan baik dan mengandung kata kunci (keywords) yang sering dipakai calon pembeli saat mencari produk terkait. Lengkapi juga detail produk termasuk wa
4.Manfaatkan media sosial untuk menarik trafik ke toko Anda
Biasanya sebuah toko atau brand juga memiliki akun media sosial untuk mempromosikan produk dengan basis follower yang sudah terbentuk. Memanfaatkan media sosial toko atau brand Anda, atau bahkan media sosial pribadi Anda, bisa menjadi salah menarik pengunjung ke toko Anda. Sampaikan berbagai promo yang ditawarkan di toko melalui akun media sosial dan jangan lupa sertakan tautan untuk memudahkan pengikut untuk dapat mengakses toko dan produk. Cobalah untuk mengarah
5.Bangun penilaian dan ulasan baik untuk toko dan produk Anda
Penilaian dan ulasan toko yang baik akan meningkatkan kepercayaan dan ketertarikan calon pembeli terhadap toko Anda. Oleh karena itu, pemilik toko harus berupaya mendapatkan ulasan baik dari pembeli dengan cara memberikan layanan terbaik. Dorong pembeli agar memberikan ulasan dari setiap transaksi yang dilakukan. Selain menyapa dan mengingatkan pembeli, memberikan voucher diskon untuk pembelian berikutnya bisa menjadi salah satu cara mendorong pembeli memberikan penilaian atas produk dan layanan toko Anda. Voucher juga bisa mendorong pembeli untuk melakukan pembelian selanjutnya.
6.Manfaatkan fitur dan program yang ditawarkan platform eCommerce, termasuk livestreaming
Setiap platform eCommerce memiliki berbagai fitur dan program yang bisa dimanfaatkan oleh para penjual untuk meningkatkan penjualan tokonya, seperti voucher dan gratis ongkir. Fitur livestreamingseperti La
7.Miliki mental untuk terusbelajar dan berusaha
Berjualan online bukan hal yang mudah, dan kegagalan menjadi hal yang lumrah terjadi. Pengalaman selalu men
Baca juga: 5 Game NFT Gratis yang Dapat Memberi Keuntungan
“Semua fitur dan program untuk penjual di Lazada memang dirancang untuk membantu penjual yang ingin mengembangkan usahanya di ranah eCommerce. Fitur-fitur ini bagaikan buku menu yang bisa dipilih pelaku bisnis sesuai dengan kebutuhan bisnisnya. Yang penting, mulai saja dulu mendaftar menjadi penjual di platform eCommerce, terus belajar melalui program pengembangan penjual yang pasti tersedia di platform eCommerce mana pun, jelajahi seluruh data dan insight yang ada, dan terus mencoba segala strategi untuk meningkatkan performa penjualan yang sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Tidak mudah memang, tapi kesuksesan juga bukan hal yang mustahil diraih bila mau berusaha. Selamat mengikuti festival belanja, para penjual lokal pahlawan ekonomi digital Indonesia,” tutup Haikal.