Home Smartphone Apa itu Flex Hinge di Samsung Foldables, Bagaimana Cara Kerjanya?
Flex Hinge

Apa itu Flex Hinge di Samsung Foldables, Bagaimana Cara Kerjanya?

by Trendtech Indonesia

Trendtech, JakartaSamsung baru-baru ini meluncurkan smartphone lipat terbarunya , Galaxy Z Fold5 dan Galaxy Z Flip5. Meskipun perangkat ini tidak menampilkan peningkatan besar dalam spesifikasi, mereka berhasil menarik perhatian yang signifikan karena fitur yang menarik, yaitu Waterdrop Hinge, atau seperti yang disebut Samsung, “Flex Hinge”.

Apa sebenarnya yang ditemukan Waterdrop Hinge pada ponsel lipat Samsung terbaru?

Waterdrop Hinge (Flex Hinge) merupakan pengembangan yang cukup inovatif di ranah desain smartphone lipat. Ini mendapatkan popularitas melalui seri OPPO Find N. Saat Anda melipat ponsel, engselnya membentuk rongga yang ramping, tetesan air atau seperti tetesan air mata, sehingga mengatasi celah yang agak mengganggu yang biasanya diasosiasikan dengan engsel tradisional.

Baca juga: Samsung Menonaktifkan Perekaman Video 8K di Galaxy S23 Ultra

Flex Hinge

Engsel ini tidak hanya meningkatkan daya tarik estetika ponsel tetapi juga meningkatkan daya tahannya, melindungi komponen internal dan layar lipat dari penggunaan sehari-hari. Tidak seperti engsel sumbu tunggal pada umumnya, Engsel Tetesan Air melentur ke berbagai dimensi, memberikan tampilan ramping pada ponsel.

Apa yang membuat Samsung Flex Engsel Revolusioner?

Pertama, keuntungan terbesar dari Flex Engsel adalah engselnya yang “tanpa celah”.

Engsel Flex berhasil mengatasi masalah celah yang umum terjadi pada engsel berbentuk ‘U’, yang memungkinkan debu dan serpihan menyusup dan merusak tampilan internal. Namun, engsel baru menawarkan desain mulus yang memberikan perlindungan yang lebih baik untuk perangkat.

Flex HingeSelain itu, ini mengatasi masalah kusut yang mereka hadapi dengan perangkat lipat sebelumnya. Ini mengurangi tekanan pada tampilan, menghasilkan pengalaman yang lebih halus dan bebas kusut.

Galaxy Z Flip5 dan Z Fold5 lebih ramping dari pendahulunya sehingga membuatnya lebih ringkas dan portabel. Desain engsel juga memungkinkan perangkat untuk berbaring rata dan menawarkan pegangan yang aman dalam kisaran 75 hingga 115 derajat. Saat dibuka penuh, ponsel memberikan sudut standar mulai dari sekitar 178,5 hingga 181,5 derajat. Meskipun aksesori pihak ketiga dapat memengaruhi jangkauan gerak, penanganan yang hati-hati dapat mencegah masalah apa pun.

Flex Hinge juga memungkinkan perangkat lipat Samsung untuk disesuaikan pada sudut yang berbeda, membuka kunci aplikasi dan fitur perangkat lunak baru untuk dijelajahi pengguna.

Flex Hinge

Menurut Samsung, pengguna mungkin merasakan sedikit kelonggaran saat membuka dan menutup perangkat dan terkadang mendengar atau merasakan kebisingan selama pengoperasian. Karakteristik ini bukanlah cacat melainkan fitur bawaan dari gerakan yang lebih baik dan lebih halus yang difasilitasi oleh engsel baru.

Bagaimana cara kerja Samsung Flex Hinge yang baru?

Ini menampilkan mekanisme engsel sumbu ganda baru yang terdiri dari tiga bagian:

  • Panel Fleksibel
  • Engsel Mekanik
  • Permukaan Tampilan

Sementara panel OLED fleksibel dan mekanisme lipat telah diadopsi secara luas dan digunakan secara luas di industri, permukaan layar menghadirkan tantangan karena sensitivitasnya terhadap kontaminasi, yang memengaruhi biaya dan keandalan perangkat lipat.

Flex HingeDesain Waterdrop Hinge memiliki titik lipat di kedua sisi bentuk waterdrop. Ini mengurangi ketegangan pada layar. Ini menciptakan tekanan tekan saat panel dilipat, yang menjaga panel display agar tidak rusak.

Flex Hinge

Baca juga: 3 Alasan Kamu Harus Jadi yang Pertama Punya Galaxy Z Flip5 dan Galaxy Z Fold5!

Sederhananya, engsel baru berfungsi seperti melipat selembar kertas di sekitar pensil. Itu memastikan layar terlipat dengan rapi, mempertahankan bentuknya, dan tidak membuat layar tegang. Metode unik ini meningkatkan daya tahan dan keandalan perangkat yang dapat dilipat.

Apa keunggulan dari Samsung Flex Engsel

Desain Lebih Ramping dengan Portabilitas Lebih Besar: Galaxy Z Flip5 dan Z Fold5 menampilkan desain yang lebih ramping dan lebih portabel, berkat teknologi engsel baru. Z Flip5 lebih tipis dari Z Flip4, berukuran 15,1mm saat dilipat (vs. 17,1mm untuk Flip4). Demikian pula, Z Fold5 lebih ramping dari Z Fold4, dengan ketebalan lipatan 13,4mm (vs. 15,8mm untuk Fold4). Engsel yang diperbarui berkontribusi pada faktor bentuk yang lebih ringkas dan nyaman untuk kedua perangkat.

Flex HingeGerakan yang Ditingkatkan: Teknologi engsel Flex memberikan gerakan yang lebih halus dan lebih baik dibandingkan dengan model sebelumnya di seri Z. Hal ini dapat mengakibatkan engsel terasa sedikit lebih longgar saat membuka dan menutup perangkat.

Celah yang Dikurangi saat Ditutup: Teknologi engsel baru memungkinkan layar menutup sepenuhnya, secara virtual menghilangkan celah antara kedua bagian perangkat.

Mode Flex: Mode Flex dirancang untuk berfungsi dalam rentang standar 75 hingga 115 derajat. Mengoperasikan engsel di luar rentang ini dapat memengaruhi kemampuannya menahan sudutnya dengan aman.

Ukuran Lipatan yang Dikurangi: Galaxy Z Flip5 dan Z Fold5 memiliki desain engsel baru yang dapat membuat lipatan pada layarnya tampak sedikit lebih besar dibandingkan model sebelumnya. Namun, kedalaman lipatan berkurang, menghasilkan tampilan yang lebih rata saat layar dibuka.

Sudut Terbuka Penuh: Sudut standar saat Galaxy Z Flip5 dan Fold5 terbuka penuh berkisar antara sekitar 178,5 hingga 181,5 derajat. Namun, penutup dan aksesori pihak ketiga dapat memengaruhi jangkauan gerak, jadi berhati-hatilah saat menggunakannya untuk menghindari tekanan berlebihan saat membuka atau menutup perangkat.

Standar Baru untuk Ponsel Lipat

Menariknya, teknologi di balik Waterdrop Hinge tidak sepenuhnya baru. Ini pertama kali terlihat di Motorola Razr 2019 dan kemudian digunakan oleh sejumlah perusahaan China. Faktanya, OPPO mempopulerkan engsel ini melalui seri Find N yang dapat dilipat dan sekarang kita dapat melihat hampir setiap perusahaan meluncurkan engsel yang dapat dilipat dengan engsel ini.

Meskipun Samsung memegang paten untuk Engsel Tetesan Air sejak 2016, Samsung tidak segera mengintegrasikan engsel ini ke dalam perangkatnya. Perusahaan tampaknya telah meluangkan waktu untuk mengamati dan belajar dari apa yang dilakukan orang lain. Meskipun menghadapi masalah dengan engsel berbentuk U pada awalnya dan akhirnya membuatnya lebih baik, sepertinya profil yang lebih ramping dari Waterdrop Hinge terlalu sulit untuk ditolak.

Sekarang, dengan masuknya Flex Hinge di Galaxy Z Fold5 dan Flip5, Samsung mengikuti tren tersebut. Engsel Tetesan Air menjanjikan tampilan yang lebih halus dan bodi yang lebih tipis, yang merupakan langkah besar menuju pengalaman lipat yang lebih mulus. Saat kami menunggu perangkat lipat Samsung generasi berikutnya, kami dapat mengharapkan lebih banyak peningkatan dan peningkatan dalam hal spesifikasi.

Perkembangan Waterdrop Hinge dengan jelas menggambarkan sifat dinamis pasar smartphone, di mana inovasi dan persaingan secara konsisten mendorong kemajuan. Seiring perkembangan teknologi, smartphone yang dapat dilipat menjadi lebih canggih, tahan lama, dan ramah pengguna.

Ini tentu membuat era yang menarik di dunia teknologi, dan akan sangat menarik untuk melihat apa yang akan terjadi di masa depan untuk perangkat yang dapat dilipat. Lagi pula, kita mungkin melihat lebih dari 100 juta ponsel lipat dikirimkan secara global dalam lima tahun ke depan!

 

Berita Lainnya

Leave a Comment