Trendtech, Jakarta – Semua yang terjadi di dunia, akan dibicarakan di Twitter. Twitter merupakan tempat di mana pengguna dapat terhubung dengan berbagai komunitas dan berbagi informasi dengan jutaan orang lainnya. Menggunakan tagar (#) adalah salah satu caranya. Untuk merayakan hari kelahiran tagar, Twitter juga meluncurkan emoji spesial. Untuk Indonesia, emoji dapat diaktifkan dengan menggunakan #HariTagar di cuitan.
Adalah Chris Messina (@chrismessina) yang memperkenalkan penggunaan tagar 12 tahun lalu di Twitter. Dengan menggunakan simbol #, pengguna dimudahkan dalam mengelompokkan setiap percakapan di Twitter. Sebelum era emoji, tagar atau ‘hashtag’ adalah sesuatu yang sudah lebih dulu populer di Twitter.
Embeddable Tweet: https://twitter.com/chrismessina/status/223115412
Tagar juga telah membantu mempopulerkan berbagai percakapan terkait momen penting. Dengan menggunakan tagar, pengguna di seluruh dunia telah menjadikan Twitter sebagai platform utama untuk berdiskusi dan mengubah dunia.
Tagar populer
Pengguna Twitter di Indonesia menggunakan tagar untuk memancing percakapan dan berbagi keseruan terkait sebuah momen tertentu. Contohnya, sempat muncul tagar-tagar yang memberikan edukasi seputar gerakan sosial dan kesadaran lingkungan seperti #StopKemasanPlastik dan #StopSampahPlastik. Ada juga beberapa tagar yang mempromosikan produk/teknologi baru, ataupun berita hiburan terkini seperti #PastiAdaJalan dan #Gundala.
Berikut ini adalah beberapa tagar yang pernah populer di linimasa Twitter di Indonesia (Januari – Juli 2019):
Pada 17 April 2019, masyarakat Indonesia memberikan hak pilih mereka untuk memilih presiden, wakil presiden dan anggota legislatif. Tagar #Pemilu2019 pun banyak digunakan untuk berbagi dan mencari informasi seputar Pemilu 2019.
Pada awal tahun 2019, Greenpeace dan AirVisual IQ mengeluarkan sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa tingkat polusi di Jakarta adalah empat kali lebih tinggi dari standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Dimulai dari gerakan masyarakat, kemudian muncul tagar #SetorFotoPolusi yang berisi kumpulan foto yang menggambarkan kualitas udara di berbagai kota di Indonesia.
Pada bulan Mei 2019, setelah 11 tahun dan 22 film Marvel, penonton di seluruh dunia dengan enggan menerima akhir suatu era. Selain memecahkan rekor box office, Avengers: Endgame juga menjadi film yang paling banyak dibicarakan di Twitter, dengan lebih dari 50 cuitan sejak awal tahun 2019. Para penonton di Indonesia bergabung di Twitter untuk membagikan momen-momen favorit dan emosional dari film tersebut.
Diciptakan oleh pengusaha dan animator Wahyu Aditya (@maswaditya) tagar #HiduplahImajinasiRaya memancing imajinasi dan kreativitas seseorang. Melalui tagar tersebut, Wahyu membagikan karya seni dan cintanya kepada sepatu olahraga dengan pengguna Twitter di Indonesia serta kebanggaannya dengan budaya Indonesia dengan seringnya menampilkan brand-brand lokal dalam karyanya.
Tagar #BiroJomblo pertama kali dibuat oleh Alitt Susanto (@shitlicious), sebagai cara mempertemukan mereka yang berstatus single alias “jomblo.” Alitt sering berbagi cuitan menggunakan tagar tersebut dan mengajak pengguna yang berstatus jomblo untuk berbagi cerita lucu dengan membalas cuitannya.
Banyak cuitan di Twitter yang dapat menciptakan kegembiraan dan membuat orang tertawa. Mulai dari permasalahan percintaan, pekerjaan dan kejadian sehari-hari; semua dapat diubah menjadi lelucon menggunakan tagar #RecehkanTwitter. Terkadang cerita-cerita receh dan ide-ide lucu dapat menjadi penghibur di kala pikiran sedang penat.
Cukup baru di Twitter, akun Dari Halte Ke Halte (@drhaltekehalte) semakin populer karena digunakan untuk berbagi lokasi restoran dan kafe baru, serta tempat-tempat menarik untuk dikunjungi di Jakarta; khususnya yang berlokasi di dekat halte bus Trans Jakarta, dan stasiun MRT, LRT dan kereta api. Tagar #DariHalteKeHalte mendukung perkembangan bisnis lokal, seringkali menyoroti kisah mengesankan pemilik toko tersebut dan mendorong masyarakat untuk menggunakan transportasi umum.
Pada hari pertama bulan suci Ramadan, masyarakat Indonesia meramaikan Twitter dengan tagar #JokePuasaLawas. Tagar ini berfungsi sebagai wadah untuk berbagi lelucon selama bulan puasa. Lelucon yang dibagikan pun bervariasi: mulai dari efek menahan lapar yang menimbulkan “halusinasi” melihat benda mati sebagai makanan, pendapat-pendapat lucu mengenai puasa, dan kejadian lucu lainnya.
Film merupakan topik favorit yang sering dibicarakan di Twitter. Melalui tagar #WanPerfekSyot, pengguna Twitter di Indonesia dapat mengkorelasikan kejadian sehari-hari dengan referensi di film atau merangkai judul film sendiri yang menggambarkan foto/video tersebut. Selanjutnya, pengguna juga menyebutkan nama sutradara, sinematografer atau pemain dalam cuitan tersebut.
Menjelang awal semester baru, anak-anak sekolah dan mahasiswa menanti hari pertama mereka kembali ke sekolah. Memanfaatkan momentum yang penuh antisipasi ini, banyak pengguna Indonesia dan bahkan brands memenuhi linimasa Twitter dengan mengekspresikan semangat tersebut.
Embeddable Tweet: https://twitter.com/NetflixID/status/1150676920637349888
Tips menggunakan tagar
Pengguna dapat menggunakan simbol tagar ‘#’ sebelum kata kunci atau kalimat dalam cuitan (tanpa menggunakan spasi) untuk mengklasifikasi cuitan tersebut dan membuatnya lebih mudah untuk ditemukan di Twitter. Misalnya, jika pengguna mengetik #Mudik atau #tipsmudik dalam kotak pencarian Twitter di bagian atas halaman Twitter mana pun dan menekan enter, pengguna akan mendapatkan daftar cuitan terkait dengan momen mudik Lebaran di Indonesia tiap tahunnya. Menggunakan tagar juga memungkinkan pengguna menjelajahi dunia (#jalanjalan), mendukung tim favorit olahraga populer di Indonesia (#bola, #TimnasDay, #GarudaMuda) atau ingin menikmati makanan lezat dan mencari tahu tempat terbaik untuk makan (#DariHalteKeHalte).
Menciptakan tagar yang sempurna membutuhkan perpaduan kreativitas seni dan perhitungan tepat. Berikut adalah beberapa hal yang sebaiknya dilakukan dan tidak dilakukan untuk membantu Anda mulai menggunakan tagar: