UFC dan IBM Hadirkan ‘In-Fight Insights’, AI yang Tampilkan Data Pertarungan UFC Secara Real-Time

News|November 19, 2025|
UFC dan IBM Hadirkan ‘In-Fight Insights’, AI yang Tampilkan Data Pertarungan UFC Secara Real-Time

Trendtech, Jakarta – Dunia bela diri campuran kembali memasuki era baru. UFC bersama IBM resmi meluncurkan In-Fight Insights, sebuah platform AI canggih berbasis IBM watsonx yang mampu menghadirkan data pertarungan secara real-time langsung ke siaran UFC. Teknologi ini pertama kali hadir dalam gelaran UFC® 322: DELLA MADDALENA vs. MAKHACHEV yang berlangsung di Madison Square Garden, New York, pada Sabtu, 15 November 2025.Dengan kemampuan membaca milestones, streaks, hingga rekor-rekor penting yang terjadi saat pertarungan berlangsung, In-Fight Insights menjadi inovasi terbesar sejak kerja sama antara UFC dan IBM diumumkan tahun lalu.

Sebagai Mitra AI Resmi UFC, IBM memanfaatkan lebih dari 13,2 juta titik data yang dikumpulkan dari 20 tahun sejarah UFC dan lebih dari 2.400 atlet. Data masif ini diolah untuk memberikan insight cepat dan mendalam—baik untuk penggemar hardcore maupun penonton kasual.Platform ini juga merupakan pengembangan terbaru dari UFC Insights Engine, sebuah sistem data internal UFC yang kini semakin diperkaya dengan kapabilitas AI generatif watsonx.

Baca juga: Qualcomm Hadirkan Jantung Kecerdasan Baru untuk Pabrik Modern dengan Dragonwing IQ-X Series

Menurut Alon Cohen, Executive Vice President of Innovation for TKO, kemampuan AI ini menjadi pembeda besar dalam industri:

“UFC Insights Engine yang dibangun dengan IBM watsonx adalah paket AI kompleks yang mampu memberikan wawasan real-time dalam hitungan detik. Dengan kolaborasi bersama IBM, kami bisa mendapatkan jawaban yang cepat sekaligus mendalam, sebuah game-changer bagi statistik pertarungan.”

Teknologi ini mampu memicu momen-momen penting secara otomatis, seperti total serangan yang memecahkan rekor, rentetan pukulan berturut-turut, hingga pencapaian istimewa lainnya langsung saat pertarungan berlangsung.

Jika sebelumnya Pre-Fight Insights berfokus pada analisis sebelum pertarungan, kini In-Fight Insights memperkaya siaran dengan konteks mendalam yang bisa langsung dibagikan oleh komentator.Hasilnya adalah pengalaman menonton yang jauh lebih humanis, informatif, dan interaktif. Semua data yang diproduksi juga akan tersimpan di UFC Insights Engine untuk analisis lebih lanjut dan pengarsipan jangka panjang.

Jonathan Adashek, Senior Vice President Marketing & Communications IBM, menegaskan bahwa teknologi ini bukan sekadar fitur baru—melainkan babak baru dalam dunia sport entertainment

“Peluncuran In-Fight Insights adalah bukti bagaimana AI benar-benar mengubah pengalaman menonton olahraga bagi penggemar di seluruh dunia. Ini menunjukkan komitmen UFC dalam berinovasi, bukan hanya pada aksi di dalam oktagon, tetapi juga dalam storytelling dan pengalaman penggemar.”

Baca juga: MediaTek dan TSMC Garap Chipset 2nm, Janji Revolusi Performa dan Efisiensi di 2026

Setelah kemitraan mereka dimulai pada November 2024, UFC dan IBM terus memperkuat pondasi Insights Engine. In-Fight Insights kini menjadi bagian dari upaya yang lebih luas untuk menghadirkan data AI ke berbagai kanal UFC, mulai dari:

  • siaran langsung,
  • program pra-acara,
  • media sosial,
  • hingga aktivasi di venue pertarungan.

Dengan pertumbuhan popularitas MMA di seluruh dunia, kedua perusahaan berkomitmen menghadirkan teknologi yang mampu membawa penggemar lebih dekat dengan aksi dan para atletnya—seperti belum pernah terjadi sebelumnya.

 

By Published On: November 19, 2025Categories: NewsTags: , , ,