Trendtech, Jakarta – Untuk pertama kalinya di Indonesia, Alibaba Cloud Indonesia menyelenggarakan Create @ Alibaba Cloud Start-up Pitching Contest, sebagai rangkaian dari kompetisi global tahunan bidang teknologi terbesar yang digelar Alibaba Group.
Acara ini bertujuan mendukung pemberdayaan teknologi dan sumber daya bisnis para start-up lokal, kesempatan menjalin networking dengan investor dan tokoh ternama di bidang bisnis, serta pelatihan profesional dari Alibaba Cloud.
Baca juga : Alibaba Luncurkan AI Inference Chip Untuk E-Commerce
Dari 12 start-up terpilih yang turut berpartisipasi dalam kompetisi pitching ini, Datanest dan ADX Asia berhasil memenangkan titel juara untuk kategori new retail dan AIOT, masing-masingnya.
Atas kemenangan ini, kedua tim tersebut menerima sejumlah hadiah sebagai fasilitas yang mendukung pertumbuhan bisnisnya, termasuk sejumlah produk cloud dan kesempatan untuk turut berkompeitisi pada acara final global di Hangzhou, lokasi kantor pusat Alibaba.
President of International Business, Alibaba Cloud Intelligence, Selina Yuan mengatakan, Indonesia adalah Negara yang sangat penting dalam pengembangan strategis kami. Perkembangan start-up yang signifikan merupakan salah satu faktor pendorong utama dalam pertumbuhan ekonomi berbasis internet Indonesia.
Kami terus mendukung melalui teknologi kami yang telah terbukti unggul serta aktivitas-aktivitas lokal seperti kompetisi pitching, pelatihan, dan lokakarya. Upaya ini menegaskan kembali komitmen kami dalam terus mendukung transformasi digital Indonesia,” kata Selina Yuan.
Selain menggelar kompetisi, dalam rangka mengedepankan dampak positif start-up terhadap sektor ekonomi berbasis internet di Indonesia, Alibaba Cloud Indonesia, bersama para venture capitalists dan pemimpin industri, mengadakan sesi sharing yang mendiskusikan potensi pertumbuhan start-up, serta praktik terbaik dalam peningkatan utilisasi cloud dan AI untuk meningkatan kesuksesan bisnis.
Dewan juri pada kompetisi ini terdiri dari sejumlah pemimpin industri termasuk Gary Khoeng, Executive Director Vertex Ventures Asia Tenggara dan India; Jonathan Zhong Wei, Founding Partner ATM Capital; Kelvin Yim, Executive Director Alpha Momentum; Melvin Hade, Partner Global Founders Capital; Mulyono Xu, Managing Capital BAce Capital dan Andy Darmawan, Solutions Architect Alibaba Cloud.
Datanest, pemenang kategori new retail, adalah start-up Data Science as a Service, yang menghadirkan solusi-solusi AI dan Machine learning dengan kemampuan automisasi yang dapat meningkatkan performa dan profit bisnis.
ADX Asia, pemenang kategori AIOT, adalah platform marketplace yang menawarkan spot beriklan. Dengan slogan, beriklan untuk semuanya, ADX Asia telah beroperasi di empat kota besar di Indonesia, dan di tahun keduanya, telah memiliki target untuk pengadaan 1.000 layar di Indonesia.
“Kami senang sekali bisa memenangkan kompetisi CREATE, karena ini merupakan kesempatan yang sangat baik bagi kami untuk melihat bagaimana produk kami dapat diterima oleh pasar. Melalui partisipasi kami di kompetisi ini, kami juga melihat potensi yang besar untuk bisa bekerja sama Alibaba Cloud,” ujar Manggala D. Ratulangie, CEO dan Co-founder Datanest.
Baca juga : 7 Perkembangan dan Terobosan Baru dari Alibaba Group
Banyak klien kami yang memiliki kekhawatiran atas keamanan data, dan mengingat Alibaba Cloud telah memiliki dua data center di Indonesia, kami yakin dapat mengurangi kekhawatiran tersebut. “Selain itu, kami juga tidak sabar untuk mendapatkan lebih banyak lagi ilmu dari pelatihan intensif yang akan kami terima untuk persiapan babak final di Hangzhou,” tambah Manggala.
Memasuki tahun ke-4 penyelenggaraannya, Create @ Alibaba Cloud Startup Contest tahun ini terdiri dari serangkaian kompetisi di tingkat kota yang diselenggarakan di beberapa negara, termasuk Indonesia. Dua pemenang terpilih dari masing-masing kota akan berkumpul di Hangzhou pada bulan November untuk memperebutkan gelar juara utama.