Trendtech, Jakarta – Alodokter meluncurkan inovasi terbaru dengan meluncurkan Alni, sebuah asisten virtual berbasis Artificial Intelligence (AI) yang mengubah data menjadi informasi. Alni sebagai asisten virtual bagi dokter dikembangkan untuk mendukung serta membantu dokter dalam memberikan analisa dan diagnosa terhadap keluhan penyakit pasien, dimana Alni memiliki kemampuan untuk memahami konteks pertanyaan pasien, sehingga konsultasi dengan dokter melalui aplikasi Alodokter menjadi lebih mudah, efisien dan tepat.
Hadirnya Alni, mirip dengan hadirnya ChatGPT, sebuah chatbot berbasis AI yang mampu melakukan percakapan dan memberikan jawaban terhadap kebutuhan pertanyaan penggunanya, hanya saja Alni khusus untuk telemedisin.
Baca juga: DMS+, Aplikasi Misteri Pertama di Indonesia
Alni diharapkan dapat mendukung layanan telemedisin masyarakat Indonesia sehari-hari menggunakan teknologi natural language processing (NLP) yang membuat Alni dapat memahami bahasa sehari-hari dan dapat membedakan dari puluhan ribu kondisi medis didukung dan dioptimalkan oleh algoritma serta kumpulan data raksasa interaksi percakapan pasien dengan dokter di ekosistem Alodokter.
Dengan kecanggihan ini, Alni mampu berdialog dan mengajukan pertanyaan-pertanyan kritikal mengenai kesehatan pasien baik gejala dan kondisi untuk memahami dan melakukan penilaian medis yang mendalam.
Lebih dari sekedar berdialog, Alni memiliki keterampilan kognitif menentukan tingkat risiko pasien dari minor hingga mendesak, ini adalah hasil aspek pemrograman Alni berfokus pada pemilihan algoritma yang tepat untuk mencapai hasil yang akurat yang lebih lanjut diverifikasi oleh dokter.
Louise Hewitt, Chief Medical Officer dari Alodokter mengatakan, Alodokter memahami pentingnya inovasi baru guna meningkatkan pengalaman pelanggan dan membawa interaksi pada platform Alodokter ke level selanjutnya. Karena itu Alodokter mengembangkan Alni sebagai clinical decision tool, dengan kemampuan berinteraksi dengan pasien terkait kondisi kesehatan.
Alni adalah asisten virtual yang kuat, termodulasi, dan ramah pengguna yang bertujuan untuk meningkatkan interaksi pasien dengan sistem perawatan kesehatan. Alni memastikan data sensitif pasien disimpan dan dianalisis dengan aman, pasien berinteraksi dengan sistem perawatan kesehatan untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan medisnya, memastikan pasien dapat mengambil diagnosisnya berdasarkan gejala yang diberikan menggunakan antarmuka yang kompatibel dengan bahasa manusia, serta mendukung pasien membuat janji temu dengan dokter atau klinik pilihan, semua diverifikasi oleh dokter.
Baca juga: Niantic Inc. Meriahkan Hari Komunitas Pokémon GO
“Sejauh ini Alni memiliki rekam jejak yang sangat baik dalam beberapa tahun terakhir, di mana kami berhasil meningkatkan akurasi prosedur medis secara signifikan. Tingkat kepuasan pasien meningkat 15% saat menggunakan Alni dibandingkan dengan konsultasi tanpa asisten ini, dan 100% dokter bekerja lebih efisien dalam memberikan perawatan medis kepada pasien,” tambah Louise Hewitt.
Kehadiran fitur Alni dalam layanan Alodokter, memberikan nilai tambah kepada 5 (lima) fitur utama dari Alodokter dengan kemudahan, kecepatan dan kualitas akses kesehatan, yang dapat dinikmati pengguna. Kelima fitur utama Alodokter yang dapat dinikmati pengguna dalam membuat keputusan terbaik terkait kesehatan, antara lain pengguna diberikan kemudahan dalam telekonsultasi dengan dokter, buat janji dokter bersama dokter atau mencari rumah sakit pilihan, akses untuk artikel-artikel kesehatan terlengkap dan proteksi kesehatan bersama Aloproteksi.