Trendtech, Jakarta – Memperkuat perannya dalam mendorong transformasi digital di sektor korporasi dan industri, Telkomsel bersama Telkom menggelar Solution Day 2024 di Jakarta (22/2/2024), yang merupakan ajang tahunan untuk memperkenalkan ragam solusi bisnis berbasis digital dari Telkomsel Enterprise dan Telkom.
Mengusung tema ‘Lead the Moment, Accelerate Business Growth’, gelaran Solution Day menjadi wadah bagi pelanggan segmen korporasi dan industri untuk mengakselerasi pertumbuhan bisnisnya dengan memanfaatkan ragam solusi digital terkini.
Direktur Enterprise and Business Service Telkom, FM Venusiana R mengatakan, Telkom Group berkomitmen untuk terus memberikan solusi terbaik bagi pelanggan enterprise dalam mendorong pertumbuhan bisnisnya, melalui digitalisasi proses, layanan dan platform sehingga meningkatkan produktifitas dan efisiensi. Diperkuat dengan infrastruktur yang andal, anak perusahaan yang kapabel diantaranya Telkomsel, dan juga puluhan mitra global terpercaya, Telkom Group telah membuktikan mampu membawa transformasi digital baik bagi pelanggan, masyarakat maupun pemerintahan.
Baca juga: Trafik Broadband Telkomsel Naik 8,4% Selama Momen Pemilu Serentak 2024
“Melalui Telkomsel Solution Day 2024, kami ingin memberikan wawasan kepada para pelanggan dalam beragam use case, khususnya mobile solution dari Telkomsel, yang diharapkan dapat mempercepat transformasi digital di seluruh industri dan mengoptimalkan potensi bisnis dalam mendorong perekonomian Indonesia,” ucap Venus (sapaan akrab)
lebih lanjut, Direktur Utama Telkomsel, Nugroho, menyampaikan, sejalan dengan semangat #PastiAdaSolusi, Telkomsel Enterprise sebagai salah satu product factory bisnis Telkom Group berkomitmen menghadirkan ragam solusi inovatif, baik horizontal maupun vertical yang dikembangkan berdasarkan tren industri dan kebutuhan para pelaku bisnis.
“Hadirnya gelaran Solution Day 2024 akan menjadi wadah inspiratif yang berfokus pada penerapan inovasi solusi digital komprehensif dan esensial dalam mengakselerasi bisnis sekaligus menciptakan nilai tambah yang berdampak positif bagi para pelanggan Telkom Group di segmen korporasi,” ungkap Nugroho.
Gelaran Solution Day 2024 menghadirkan rangkaian acara yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman akan solusi digital terkini melalui kegiatan Industry Insight, Solution Updates, Booth Solution Experience, B2B Product Launches, dan Networking.
Terdapat lebih dari 40 showcase solusi digital unggulan yang dihadirkan bagi segmen korporasi pada Solution Day 2024, di mana solusi-solusi tersebut terbagi ke dalam 12 kategori vertikal dan horizontal. Lima showcase vertikal bisnis yang dijadikan fokus pada gelaran Solution Day 2024 antara lain Pertambangan, Manufaktur, Layanan Keuangan, Transportasi & Logistic, dan Agrikultur.
Untuk tujuh showcase kategori horizontal bisnis, Telkomsel dan Telkom menghadirkan beberapa solusi digital yakni Connectivity, IoT, Advance Connectivity, Customer Engagement, Emerging Solution, Innovation dan Data Center, Cloud and Security Solution.
Kemudian, setelah terjalinnya kolaborasi bersama google beberapa waktu lalu dalam pemanfaatan layanan Rich Communication Services (RCS), kini Telkomsel Enterprise mempersembahkan sebuah platform komunikasi canggih sebagai the Next Generation of Messaging Services yang memungkinkan pelanggan untuk meningkatkan layanan Short Messaging Service (SMS) dengan tingkat interaktivitas yang lebih tinggi, berbagi konten multimedia berkualitas tinggi, berpartisipasi dalam obrolan grup yang lebih dinamis, serta mencakup dukungan penuh untuk tanda terima telah dibaca dan indikator pengetikan.
Tak hanya itu, Telkomsel juga memperkenalkan dua solusi baru, yakni Ted dan Digihub. Ted merupakan solusi virtual account manager B2B Telkom Group dengan memanfaatkan teknologi Generative AI guna meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan. Kemudian Digihub, sebuah platfrom yang menyediakan akses pada API (Application Programming Interface) telekomunikasi yang sudah ditawarkan Telkomsel seperti API Insight (API Location Verification), API layanan telekomunikasi (API SMS), API Dynamic Profile (API SIM Swap), dan API Autentikasi (API Mobile Network Verification).
Baca juga: Dukung Minat Gaming Pelanggan, Indosat Ooredoo Hutchison dan Ragnarok X Luncurkan“Poring Challenge”
Solusi Digihub ini dapat memfasilitasi pelaku bisnis, korporasi maupun developer dalam mengintegrasikan berbagai layanan dan fungsi bisnisnya melalui API Telkomsel yang mudah diakses dan efisien, sehingga dapat membuka berbagai peluang pengembangan dan pertumbuhan solusi inovasi layanan digital.
“Kami berharap melalui gelaran Solution Day 2024, para pelanggan segmen koporasi dan industri dapat membuat langkah berani mengambil aksi dalam mengakselerasikan transformasi digital perusahannya melalui pemanfaan solusi digital terkini dari ekosistem layanan bisnis Telkomsel Enterprise dan Telkom dalam mendukung pertumbuhan bisnisnya secara berkelanjutan. Telkomsel dan Telkom berkomitmen untuk senantiasa menjadi mitra terdepan yang memberikan dukungan kepada pelanggan segmen korporasi melalui insight bisnis, data terkini, strategi esensial, hingga solusi inovatif yang dapat membantu pelaku bisnis memanfaatkan setiap peluang dalam menghadapi tantangan lanskap bisnis yang terus berubah,” tutup Nugroho.