Trendtech, Jakarta – Great Eastern Life Indonesia dan AdMedika, anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), menghadirkan solusi terintegrasi melalui AdClaim Optimalisasi BPJS.
Berdasarkan data dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), pembayaran klaim asuransi kesehatan pada kuartal III-2024 mencapai Rp20,91 triliun, meningkat 37,2% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp15,24 triliun. Peningkatan ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti inflasi medis yang merujuk pada kenaikan biaya pelayanan kesehatan dan jumlah pasien yang membutuhkan perawatan.
Selain itu, overtreatment atau pemberian layanan medis berlebihan juga turut berkontribusi pada naiknya klaim asuransi dan tekanan finansial bagi perusahaan asuransi. Di sisi lain, BPJS Kesehatan telah mencakup 276,52 juta jiwa atau 98,19% dari total penduduk Indonesia.
Baca juga: Proteksi Privasi Telkomsel x Mastercard: Solusi Anti Pencurian Identitas Digital
Great Eastern Life Indonesia menjadi perusahaan asuransi pertama yang menerapkan skema AdClaim Optimalisasi BPJS bersama AdMedika. Langkah ini menandai inovasi baru dalam industri asuransi kesehatan di Indonesia.
Metode ini menyederhanakan prosedur klaim dan menstandarisasi informasi layanan kesehatan dengan BPJS sebagai first payor, sehingga peserta dapat mengakses layanan kesehatan dengan lebih cepat dan nyaman.
Layanan AdClaim memberikan nilai tambah bagi klien Great Eastern Life Indonesia dengan memanfaatkan BPJS sebagai first payor. Hal ini mengoptimalkan manfaat BPJS peserta, di mana selisih biaya yang tidak ditanggung BPJS, seperti kenaikan kelas kamar, akan dibebankan kepada asuransi swasta.
Kerja sama ini merupakan bagian dari inovasi AdMedika sebagai TPA & B2B Digital Health yang bertujuan meningkatkan efisiensi proses administrasi, sambil tetap menjaga kenyamanan peserta.
Sesuai dengan tagline AdMedika, Total Health Solution, perusahaan ini berkomitmen untuk memberikan layanan kesehatan yang lebih baik, efisien, cepat, dan transparan.
CEO AdMedika, Dian Prambini, menyatakan, “AdMedika siap mendukung dan bekerja sama untuk mewujudkan layanan kesehatan yang lebih baik, efisien, cepat, dan transparan bagi peserta. Kami berharap dapat menjadi pionir dalam mewujudkan himbauan dari OJK dan Kemenkes, karena kerja sama ini tidak hanya bertujuan untuk efisiensi, tetapi juga untuk kenyamanan peserta.”
Sebagai perusahaan asuransi yang mengutamakan kenyamanan nasabah melalui pemanfaatan teknologi digital, Great Eastern Life Indonesia terus menghadirkan solusi perlindungan kesehatan yang mudah diakses dan efisien. Kemitraan dengan AdMedika memberikan nasabah akses ke jaringan fasilitas kesehatan yang luas, termasuk lebih dari 8.400 jaringan fasilitas kesehatan di Indonesia dan luar negeri, seperti Malaysia, Singapura, India, dan China.
Dengan lebih dari 5,3 juta anggota, AdMedika terus mengembangkan inovasi berbasis teknologi untuk memastikan pengelolaan klaim lebih cepat, akurat, dan transparan.
Head of Group Insurance Division Great Eastern Life Indonesia, Daniel Herjun Putranto, menambahkan, “Teknologi memainkan peran penting dalam menghadirkan layanan kesehatan yang lebih baik bagi nasabah. Kemitraan dengan AdMedika memungkinkan kami meningkatkan pengalaman layanan yang lebih seamless, sehingga nasabah dapat mengakses layanan kesehatan dengan lebih mudah dan nyaman.”
Melalui kerja sama ini, Great Eastern Life Indonesia dan AdMedika berkomitmen menghadirkan inovasi layanan kesehatan yang memprioritaskan kemudahan, efisiensi, dan kenyamanan bagi nasabah.
Dengan dukungan teknologi dan jaringan fasilitas kesehatan yang luas, kedua perusahaan ini siap memberikan solusi perlindungan kesehatan yang lebih komprehensif dan terintegrasi.