Home Fintech Kredivo Gandeng Ramayana Perdalam Penetrasi Paylater di Kota Tier 2 & 3
Kredivo

Kredivo Gandeng Ramayana Perdalam Penetrasi Paylater di Kota Tier 2 & 3

by Trendtech Indonesia

Trendtech, JakartaKredivo resmi bekerja sama dengan Ramayana sebagai pemain ritel yang memiliki jaringan pengguna kuat di berbagai kota tier 2 dan 3 untuk menyediakan produk pembayaran Paylater di seluruh gerai Ramayana. Dengan adanya kerjasama ini, seluruh pengguna Kredivo dapat menggunakan pembayaran Paylater di 101 gerai Ramayana yang tersebar di seluruh Indonesia.

Indina Andamari, VP Marketing & Communications Kredivo memaparkan, optimisme Kredivo terhadap kolaborasi tersebut dalam mengoptimalkan momentum pertumbuhan sektor ritel di kota non-metropolitan melalui penggunaan Paylater. Berkaca dari pengalaman kami melayani kebutuhan lebih dari 6 juta pengguna yang berada di berbagai belahan wilayah di Indonesia, kami percaya akan dampak besar yang bisa kita ciptakan melalui kolaborasi bersama Ramayana.

Baca juga: Telkomsel dan Kredivo Inisiasi Layanan BNPL Telco ‘Telkomsel PayLater’

“Melalui jaringan kuat Ramayana di seluruh pulau di Indonesia, kami berharap upaya perluasan layanan kredit digital ini dapat mengakselerasi ekonomi daerah, khususnya geliat industri ritel fesyen di kota tier 2 dan 3,” ujar Indina.

Temuan dari “Unlocking The Next Wave of Digital Growth: Beyond Metropolitan Indonesia” Alpha JWC memprediksi bahwa kota tier 2 dan 3 akan menjadi penyumbang terbesar pendapatan per kapita di tahun 2030 dengan kontribusi sebesar 49% hingga 51%. Hal ini didukung oleh Paylater yang telah memperlihatkan potensi sebagai produk pembayaraan digital yang dapat mendorong peningkatan inklusi keuangan di kota-kota tier 2 dan 3.

Berdasarkan data internal dari Kredivo menyatakan bahwa pengguna Paylater di area tier 2 dan 3 naik sebesar 52% pada semester 1 tahun 2022 dibanding periode yang sama tahun lalu. Dari pengguna Paylater, pembelanjaan produk kategori fesyen menempati posisi pertama sebagai kategori produk dengan transaksi terbanyak di kalangan masyarakat kota tier 2 dan 3 dengan proporsi 20,1 %, disusul produk makanan (18,3%) dan produk kesehatan (18,6%).

Ramayana pun melihat bahwa di tengah pertumbuhan ekonomi kota tier 2 dan 3, integrasi layanan keuangan digital dengan gerai fisik yang seamless jadi kunci menjawab kebutuhan konsumen era digital.

Alexander A. Tumbel, Head of Loyalty Program & Merchant Acquisition Division Ramayana mengungkapkan, Ramayana terus memperkuat komitmen untuk menyediakan produk fesyen berkualitas dan selalu berinovasi sesuai dengan kebutuhan konsumen dan perubahan era. Walau dunia sudah makin online, pengalaman berbelanja offline harus terus memberikan pengalaman baru bagi konsumen.

Baca juga: Aset Kripto VCGamers Resmi Terdaftar di Bappebti

“Kami optimis dengan kerja sama kami dengan Kredivo dapat menjadi pendorong tumbuhnya industri ritel di Indonesia,” ucap Alexander.

Setyadi Surya, Direktur Eksekutif Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO) menyuarakan pendapatnya tentang potensi kolaborasi antara layanan keuangan digital dan ritel.

“Saya harap dengan kemitraan antara Kredivo dan Ramayana dapat menjadi bukti nyata bahwa kedua industri ini dapat saling mendukung terhadap potensi industri masing-masing, sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi nasional,” pungkas Setyadi.

Berita Lainnya

Leave a Comment