Trendtech, Jakarta – Untuk mendukung pengguna mengekspresikan diri dan mempersonalisasi identitas avatar mereka dengan lebih akurat, Meta meluncurkan “Toko Avatar Meta” di seluruh Asia-Pasifik. Dalam toko avatar ini, pengguna tidak hanya dapat menggunakan pakaian dan aksesoris gratis yang ada, tetapi juga dapat menggunakan pakaian dan aksesoris premium.
Menurut laporan tren Gen Z yang baru dirilis Instagram di Indonesia beberapa pekan lalu, Avatar menjadi salah satu fitur yang diminati Gen Z di Instagram. Dengan hadirnya toko avatar, pengguna sosial media di Indonesia terutama Gen Z kini bisa lebih ekspresif dalam menggunakan sosial media yang mereka miliki. Adanya berbagai pilihan item di toko avatar juga diharapkan dapat merepresentasikan keunikan setiap individu yang beragam.
Baca juga: Melon Indonesia kini Menjadi Nuon Digital Indonesia
Meta juga bekerja sama dengan beberapa brand mewah, klub bola, dan tayangan populer dari Netflix untuk menghadirkan pilihan-pilihan outfit yang menarik dan menjadikan pengalaman pengguna lebih menyenangkan. Dalam toko avatar tersebut, para penggemar fashion bisa membeli outfit premium seperti Prada, Thom Browne, dan streetwear lain seperti Madhappy dan Dress X. Selain itu, para penggemar klub bola Eropa seperti Liverpool F.C. juga dapat mendukung tim favorit mereka dengan menggunakan beberapa football kits yang ada. Para penggemar dan penonton setia Netflix juga dimanjakan dengan adanya toko avatar yang menyediakan outfit dari acara Netflix ternama seperti Squid Game dan Stranger Things.
Amanda Jefson, Director of Product Management, Avatars, and Identity Meta mengatakan, para pengguna kini sudah memiliki berbagai macam akses ke kombinasi avatar. Dengan adanya ekspansi toko avatar di seluruh Asia Pasifik, saat ini akan lebih banyak cara agar pengguna bisa merubah avatar mereka dengan menunjukkan hal-hal yang mereka sukai dalam sepak bola, musik, makanan, fashion, tarian, dan film.
“Harapan kami, dengan banyaknya variasi busana yang berbeda untuk bisa dieksplor oleh pengguna, akan ada banyak orang yang semakin terinspirasi dan mempercayakan dirinya untuk tampil secara kreatif melalui platform kami,” ujar Amanda.
Ia juga menambahkan, di Metaverse, representasi avatar harus menggambarkan dan mencerminkan keberagaman yang ada di dunia nyata.
“Kami ingin membangun sebuah metaverse yang inklusif dan beragam dimana seseorang bisa memilih fitur wajah, postur badan, dan cara berpakaian yang bisa mencerminkan mereka diri mereka dengan baik, dan salah satunya adalah melalui avatar,” jelasnya.
Ada beberapa cara agar pengguna bisa mengakses melalui platform Instagram, Facebook, Messenger dan VR. Berikut cara yang dapat Anda gunakan untuk mengakses toko avatar:
1.Melalui Facebook
Anda bisa mengakses toko avatar melalui Facebook dengan cara tekan tombol menu yang ada di pojok kanan bawah, kemudian scroll ke bawah dan pilih jalan pintas. Setelah itu, Anda bisa klik bagian avatars dan edit avatar. Jika Anda tidak bisa menemukan tombol avatars, anda bisa menekan tombol ‘Lihat yang Lain’.
2.Melalui Instagram
Selain melalui Facebook, Anda juga bisa mengubah avatar melalui Instagram. Caranya, Anda bisa klik tab profil di pojok kanan bawah kemudian pilih menu di pojok kanan atas. Setelah itu, Anda bisa pilih pengaturan, pilih akun, dan avatar.
Baca juga: JULO Lengkapi Fitur dari Isi Pulsa Sampai Scan QRIS
3.Melalui Messenger
Terakhir, Anda bisa mengakses toko avatar melalui Facebook Messenger. Anda bisa Klik foto profil Anda di pojok kanan atas, scroll kebawah dan tekan avatar, dan setelah itu Anda bisa edit avatar sesuai dengan keinginan.
Sebagai tambahan, Jika Anda menggunakan iOS, maka Anda akan dialihkan ke aplikasi Facebook. Namun. jika Anda belum pernah membuat Avatar, harap ikuti petunjuk membuat Avatar untuk melakukannya. Setelah anda membuat avatar, pilih Edit Avatar dari layar awal untuk mengakses toko.