Home GadgetSmartphone OPPO A52 vs OPPO A72 vs OPPO A91: Perbandingan Spesifikasi
OPPO A52

OPPO A52 vs OPPO A72 vs OPPO A91: Perbandingan Spesifikasi

by Trendtech Indonesia

Trendtech, Jakarta – OPPO baru saja meluncurkan perangkat terbarunya di pasar global yang terdiri dari OPPO A52, OPPO A72 , dan OPPO A91 . Untuk OPPO A52 akan dibandrol dengan harga Rp 3 jutaan.  Sedangkan untuk OPPO A72 rencannya akan dibandrol dengan harga pasaran Rp 4 jutaan, sedangkan untuk yang ketiga akan djual dengan harga Rp 4,2 jutaan

Mana yang harus Anda pilih untuk mendapatkan smartphone terbaik dengan harga yang ditawarkan? Apakah layak menghabiskan uang lebih untuk membeli perangkat seperti OPPO A91, atau Anda dapat menghemat uang sebanyak mungkin dengan membeli OPPO A52 atau haruskah Anda membeli produk yang berada ditengah seperti A72?

Baca juga: OPPO A92 Resmi Meluncur, Hadirkan Layar Neo-Display

Berikut perbandingan spesifikasi ketiga smartphone ini.

Desain

Jangan mengharapkan bahan premium dari ketiga perangkat ini karena terbuat dari polikarbonat, tetapi Anda masih mendapatkan desain yang cukup bagus dari ketiganya. Meskipun tidak memiliki tampilan punch-hole (tidak seperti OPPO A52 dan A72) dan ia hadir dengan tampilan notch tradisional, yang kami sukai adalah OPPO A91 karena perangkat ini menawarkan rasio body-to-screen lebih tinggi, Tampilan belakang lebih minimalis, bodi yang lebih tipis (dan lebih ringan), dan sensor sidik jari dalam layar. OPPO A52 dan A72 hadir dengan desain yang sama, dengan perbedaan warna. tentunya secara desain tampilan dengan punch-hole menjadi bagian yang paling kuat membuat mereka lebih futuristik, tetapi sayangnya kedua perangkat ini kurang kompak dan mereka memiliki modul kamera yang lebih besar di bagian belakang.

Layar

Salah satu fitur utama dari OPPO A91 adalah kehadiran layar AMOLED yang menawarkan warna lebih cemerlang dan warna hitam pekat, serta pemindai sidik jari dalam layar. Perangkat ini memiliki layar yang lebih kecil dibandingkan dengan OPPO A52 dan A72, tetapi memiliki kualitas gambar yang lebih menakjubkan. OPPO A52 dan A72 yang dapat dianggap sebagai penerus OPPO A5 dan A9 2020 keduanya datang dengan panel IPS yang sama, tetapi tidak seperti pendahulunya, mereka membanggakan resolusi Full HD + yang memuaskan seperti OPPO A91. Perhatikan bahwa OPPO A52 dan A72 memiliki speaker stereo, sedangkan OPPO A91 mono.

Spesifikasi & Perangkat Lunak

Meskipun OPPO A52 dan A72 adalah ponsel yang lebih terjangkau daripada OPPO A91, akan tetapi keduanya menggunakan chipset Snapdragon 665 yang mampu menawarkan tingkat daya dan kinerja yang kurang lebih sama dengan Helio P70 yang ditemukan di A91. Yang benar-benar membuat perbedaan ada di besaran RAM. 4GB pada OPPO A52 dan A72, sementara OPPO A91 menggunakan RAM 8GB. OPPO A52 dan A72 berbeda untuk penyimpanan internal: yang pertama menawarkan 64 GB, sedangkan yang kedua memiliki 128 GB (sama seperti A91). Sistem operasi yang diinstal adalah Android 10, dikustomisasi oleh ColorOS.

Kamera

OPPO A72 dan A91 hadir dengan departemen kamera yang sama yang terdiri dari sensor utama 48 MP, lensa ultrawide 8 MP, dan dua sensor tambahan dengan resolusi 2 MP. Keduanya memang bukan smartphone kamera kelas atas, akan tetapi dengan beberapa fitur menyenangkan di dalamnya. Sedangkan OPPO A52 lebih rendah karena sensor utama hanya 12 MP dan kamera depan 8 MP.

Baterai

OPPO A52 dan A72 memenangkan perbandingan masa pakai baterai berkat kapasitas baterai 5000 mAh. Untuk  OPPO A91 tetap merupakan ponsel baterai yang cukup bagus dengan baterai 4025 mAh-nya.

Baca juga : Xiaomi Mi Note 10 Lite vs Xiaomi Mi 10 Lite vs Oppo Find X2 Lite: Perbandingan Spesifikasi

Kesimpulan

Meskipun OPPO A91 merupakan ponsel terbaik dari perbandingan ini, kami berpikir harga yang ditawarkan sedikit mahal mendapatkannya. Untuk OPPO A52 dan A72 ini memiliki tampilan yang lebih baik dan kinerja yang cukup, tetapi tidak memiliki speaker stereo dan memiliki baterai lebih kecil. Kecuali Anda membutuhkan pengaturan kamera di atas rata-rata dan penyimpanan internal 128 GB, OPPO A52 seharusnya sudah cukup. Tetapi jika Anda menginginkan lebih dari sekadar kamera yang layak dan penyimpanan yang lebih banyak, maka gunakan OPPO A72. Apa Anda setuju?

Berita Lainnya

Leave a Comment