Home GadgetSmartphone OPPO Reno6 Pro vs Vivo X60 Pro: Perbandingan Spesifikasi
OPPO Reno6 Pro

OPPO Reno6 Pro vs Vivo X60 Pro: Perbandingan Spesifikasi

by Trendtech Indonesia

Trendtech, Jakarta OPPO Reno6 Pro 5G akhirnya menggebrak pasar global dengan spesifikasi high-end yang ditawarkan dengan harga yang cukup terjangkau. Namun tahun ini ada satu lagi perangkat China yang bisa menyaingi seri Reno di pasar global yaitu Vivo X60 Pro . Ini adalah flagship pertama  Vivo yang memasuki pasar Eropa dan akan segera bergabung dengan OPPO Reno6 Pro 5G di Eropa. Manakah dari perangkat ini yang harus Anda beli dan mana yang menawarkan fitur terbaik? Perbandingan antara spesifikasi mereka ini diharapkan akan memperjelas Anda.

Baca juga: Redmi Note 10 vs realme 8 vs Samsung Galaxy M32: Perbandingan Spesifikasi

OPPO Reno6 Pro

Desain

Hasil akhir Reno Glow yang membedakan OPPO Reno6 Pro 5G dari ponsel lain sungguh menakjubkan. Handset ini memiliki bagian belakang yang buram namun tetap bersinar berkat finishing khusus yang membutuhkan proses yang sangat lama untuk produksinya. Di sisi lain, Vivo X60 Pro lebih ringkas meski memiliki ukuran layar yang sama. Kedua ponsel ini dibangun dengan bahan premium termasuk kaca belakang dan keduanya memiliki layar melengkung yang elegan di samping, tetapi Vivo X60 Pro tampaknya memiliki bodi yang lebih premium dengan bingkai aluminium dan perlindungan Gorilla Glass 6 dari Corning. Keduanya adalah ponsel yang luar biasa dalam hal estetika dan keduanya sangat tipis dan ringan, jadi apa pun yang Anda pilih, Anda akan membuat pilihan yang bagus.

Layar

OPPO Reno 6 Pro 5G dan Vivo X60 Pro sangat dekat dalam hal tampilan. Keduanya menampilkan panel AMOLED dengan sertifikasi HDR10+, pembaca sidik jari dalam layar, resolusi Full HD+, kecerahan tinggi, dan kualitas gambar kelas atas. Bahkan ukurannya hampir sama, masing-masing 6,55 inci dan 6,56 inci. Perbedaan penting adalah kecepatan refresh, OPPO Reno6 Pro 5G memiliki 90 Hz, sedangkan Vivo X60 Pro hadir dengan kecepatan refresh 120 Hz yang lebih tinggi.

Spesifikasi & Perangkat Lunak

Vivo X60 Pro memenangkan perbandingan perangkat keras karena ditenagai oleh chipset yang lebih kuat dengan Snapdragon 870. Meskipun Dimensity 1200 oleh MediaTek dibangun dengan proses produksi yang lebih baik (6 nm), Snapdragon 870 sebenarnya lebih kuat dan merupakan chipset dengan frekuensi clock tertinggi di dunia Android. SoC tersebut dipasangkan dengan RAM 12GB dan penyimpanan internal UFS 3.1 256GB dan ini adalah satu-satunya konfigurasi memori dari Vivo X60 Pro. 

Kamera

Selain memiliki chipset yang unggul, Vivo X60 Pro juga hadir dengan kamera yang lebih baik. Ponsel ini mengemas tiga kamera termasuk sensor utama 48 MP dengan stabilisasi gimbal, lensa telefoto 13 MP dengan zoom optik 2x, sensor ultrawide 13 MP, dan optik Carl Zeiss. Sayangnya, OPPO Reno6 Pro 5G tidak memiliki sensor telefoto dan memiliki stabilisasi yang lebih rendah. Kedua handset sama-sama dilengkapi dengan kamera selfie 32 MP, jadi Anda tidak akan melihat perbedaan besar dalam hal kualitas selfie.

Baterai

Keunggulan penting dari OPPO Reno6 Pro 5G adalah hadirnya baterai yang lebih besar yakni 4500 mAh vs 4200 mAh. Bersamaan dengan proses produksi chipset 6 nm, kapasitas yang lebih besar memungkinkan handset memberikan masa pakai baterai yang lebih lama. Lebih lanjut, OPPO Reno6 Pro 5G memiliki teknologi pengisian daya yang lebih cepat dengan daya 65W dan dikirimkan bersama dengan pengisi daya 65W yang ringkas.

Baca juga: realme C20 vs realme C21 vs realme C25: Apa Perbedaannya

Harga

OPPO Reno6 Pro 5G dibanderol dengan harga kisaran Rp 7,7 juta dalam konfigurasi dasar dengan RAM 8GB dan 128 GB penyimpanan, sementara Vivo X60 Pro berharga kisaran Rp 9 jutaan dalam konfigurasi dengan RAM 12GB dan 256 GB penyimpanan. Vivo X60 Pro adalah ponsel yang unggul karena mengemas kamera yang lebih baik dan chipset Snapdragon 870 yang luar biasa, tetapi dengan OPPO Reno6 Pro 5G, Anda dapat menghemat uang sambil mendapatkan baterai yang lebih besar dan pengisian yang lebih cepat. Jika Anda tidak membutuhkan kamera luar biasa yang dapat Anda temukan di Vivo X60 Pro, maka OPPO Reno6 Pro 5G adalah pilihan yang lebih cerdas untuk kebutuhan Anda dan Anda harus memilihnya.

Berita Lainnya

Leave a Comment