Home GadgetSmartphone OPPO Reno6 vs Reno6 Pro (Global): Perbandingan Spesifikasi
OPPO Reno6

OPPO Reno6 vs Reno6 Pro (Global): Perbandingan Spesifikasi

by Trendtech Indonesia

Trendtech, Jakarta – Setelah peluncuran awal di China dan India, OPPO juga meluncurkan seri Reno6 di Eropa. Pasar Eropa mendapat dua varian lineup: OPPO Reno6 5G dan Reno6 Pro 5G . Yang terakhir bukan Reno6 Pro yang sama yang kita lihat di Cina, tetapi ini adalah rebrand dari Reno6 Pro+ 5G kelas atas karena memiliki spesifikasi yang sama. Apakah layak menghabiskan lebih banyak untuk OPPO Reno6 Pro 5G atau versi standart sudah cukup untuk kebutuhan Anda? Perbandingan antara spesifikasi kedua perangkat ini akan membantu Anda mengetahuinya.

Baca juga: Samsung Galaxy A52 5G vs Galaxy S20 FE: Apa bedanya?

OPPO Reno6

 

Desain

Reno6 5G memiliki desain yang sangat orisinal, sama seperti dua generasi iPhone terakhir, perangkat ini memiliki desain seperti batu bata dengan batas datar, dan saat ini, tidak ada ponsel dari merek mainstream di dunia Android yang memiliki fitur seperti itu. Desain ini juga lebih ringkas daripada saudara kandungnya Pro, berkat kehadiran layar yang lebih kecil. Di sisi lain, OPPO Reno6 Pro 5G juga memiliki desain yang luar biasa: dengan ketebalan hanya 6,99 mm, ini adalah salah satu ponsel tertipis di seluruh pasar. Lebih lanjut, ini ringan dan memiliki layar melengkung yang elegan di samping. Kedua perangkat dibuat dengan sentuhan akhir OPPO Glow yang memberi kesan buram namun penutup belakang bersinar yang terinspirasi dari kristalisasi.

Layar

Perbedaan Layar keduanya handset ini tidak besar. Kedua ponsel dilengkapi dengan panel AMOLED dengan resolusi Full HD+ 1080 x 2400 piksel dan kecepatan refresh 90 Hz. OPPO Reno6 Pro 5G memiliki panel yang sedikit lebih besar dengan diagonal 6,55 inci dan sertifikasi HDR10+, kualitas gambar yang disediakan oleh varian Pro sedikit lebih tinggi jika dibandingkan dengan versi standart. Ponsel ini memiliki pembaca sidik jari dalam layar untuk otentikasi dan perlindungan Gorilla Glass 5 untuk layar, serta lubang punch tunggal yang ditempatkan di sudut kiri atas layar.

Spesifikasi & Perangkat Lunak

OPPO Reno6 5G adalah mid-ranger yang baik yang dapat menahan sebagian besar pola penggunaan dari rata-rata pengguna. Ditenagai oleh chipset Dimensity 900 yang dipasangkan dengan RAM 8GB dan penyimpanan internal 128GB. Dalam hal perangkat keras, OPPO Reno6 Pro 5G adalah unggulan ditenagai oleh platform seluler Snapdragon 870 yang didukung oleh RAM 12GB dan 256GB penyimpanan asli UFS 3.1. Reno6 Pro 5G sangat cocok untuk semua pengguna listrik, meskipun Find X3 Pro menyediakan perangkat keras yang lebih baik. Ponsel dikirimkan dengan Android 11, disesuaikan dengan ColorOS 11.3, tetapi mereka akan menjadi yang pertama mendapatkan pembaruan ColorOS 12.

Kamera

OPPO Reno6 5G adalah ponsel kamera yang bagus, tetapi departemen kameranya tidak terlalu istimewa. Memiliki kamera triple 64 MP di sisi belakang yang mencakup sensor ultrawide 8 MP dan kamera makro 2 MP. OPPO Reno6 Pro 5G adalah ponsel kamera kelas atas dengan kamera utama yang sama dengan Find X3 Pro: Sony IMX766 dengan resolusi 50 MP dan OIS. Ini juga dilengkapi sensor telefoto 13 MP dengan zoom optik 2x, kamera ultrawide 16 MP, dan sensor makro 2 MP. Ini bukan salah satu ponsel kamera terbaik yang pernah ada karena bisa memiliki sensor sekunder yang lebih baik, tetapi sangat bagus dalam setiap skenario.

Baca juga: Review Samsung Galaxy A52: Punya Sertifikasi IP67

Baterai

OPPO Reno6 Pro 5G memiliki baterai yang sedikit lebih besar daripada OPPO Reno6 5G: kapasitasnya 4500 mAh, sedangkan versi standart hanya 4300 mAh. Ini mengatakan, kedua perangkat selalu dapat memberikan masa pakai baterai yang lebih memadai, tetapi Reno6 Pro 5G bertahan lebih lama dengan sekali pengisian daya. Kedua ponsel mendukung pengisian cepat 65W.

Harga

Di pasar Eropa, OPPO Reno6 5G dibanderol dengan harga Rp 8 jutaan dan hanya tersedia dalam konfigurasi memori 8/128 GB. OPPO Reno6 Pro 5G membawa label harga Rp 11 jutaan dan hanya hadir dalam konfigurasi RAM 12GB dan 256GB penyimpanan internal. Untuk periode awal, ada promosi peluncuran yang menawarkan perangkat ini dalam satu bundel dengan beberapa gadget resmi di beberapa negara. OPPO Reno6 Pro 5G lebih baik dalam setiap aspek, tetapi saat ini sangat mahal, jadi tidak cocok untuk semua orang.

 

Berita Lainnya

Leave a Comment