Home GadgetSmartphone OPPO Reno7 vs OPPO Reno8 Lite 5G: Perbandingan Spesifikasi
OPPO Reno7

OPPO Reno7 vs OPPO Reno8 Lite 5G: Perbandingan Spesifikasi

by Trendtech Indonesia

Trendtech, Jakarta – Tahun ini, OPPO meluncurkan dua mid-ranger dari seri Reno di pasar global, dua perangkat yang tidak diharapkan oleh siapa pun. Kita berbicara tentang OPPO Reno7 dalam versi 4G dan OPPO Reno8 Lite 5G. Kedua perangkat ini tidak dikenal dengan nama yang sama di pasar Asia dan merupakan rebrand dari perangkat yang dikenal dengan nama berbeda di India dan China. Konektivitas 5G bukan satu-satunya perbedaan antara kedua perangkat ini, meskipun keduanya kelas menengah dan memiliki kisaran harga yang sama. Ini adalah perbandingan spesifikasi OPPO Reno7 dan OPPO Reno8 Lite 5G yang akan memberi tahu kamu perbedaan di antara keduanya.

Baca juga: POCO F4 vs realme GT Neo 3T: Perbandingan Spesifikasi

OPPO Reno7

Desain

Baik OPPO Reno7 dan OPPO Reno8 Lite 5G hadir dengan desain yang memukau dan mereka adalah salah satu kelas menengah yang paling menakjubkan dalam hal estetika. Mana yang harus kamu pilih? Itu sebagian besar tergantung pada selera pribadi kamu. OPPO Reno7 hadir dengan bagian belakang kulit yang bagus tetapi juga menjamin daya tahan yang luar biasa berkat tes laboratorium yang ketat. Ini tahan air berkat IPX4 dan, di sekitar salah satu kamera belakang, ada lampu cincin RGB yang dapat digunakan sebagai LED notifikasi dan disesuaikan melalui ColorOS. OPPO Reno8 Lite 5G menggantikan bagian belakang kulit dengan kaca belakang dan menambahkan lampu cincin RGB lain di sisi belakang, sehingga kamu mendapatkan dua lampu yang dapat disesuaikan yang berguna sebagai LED notifikasi atau untuk menunjukkan kemajuan pengisian baterai. Sama seperti saudaranya, OPPO Reno8 Lite 5G tahan air dengan sertifikasi IPX4. Kedua perangkat sangat tipis dan ringan, dengan tepi datar dan bingkai yang terbuat dari polikarbonat. Perbedaan penting lainnya adalah modul kamera, kamu mendapatkan pulau kamera di Reno7, sedangkan di Reno8 Lite 5G sensor ditempatkan langsung di sampul belakang. Kamu lebih suka yang mana?

Layar

Salah satu poin terkuat dari kedua perangkat ini adalah fakta bahwa mereka datang dengan panel AMOLED yang memberikan warna hitam pekat dan warna cemerlang, serta resolusi Full HD+ 1080 x 2400 piksel dan tingkat kecerahan yang cukup baik. Mereka juga dilengkapi dengan pembaca sidik jari dalam layar yang bagus, kami mencoba kedua ponsel ini dan keduanya cepat dan reaktif. Bahkan diagonalnya sama: 6,43 inci untuk kedua ponsel. Hanya ada satu perbedaan: kecepatan refresh: OPPO Reno7 memenangkan perbandingan tampilan karena menawarkan kecepatan refresh 90 Hz yang lebih tinggi, sedangkan OPPO Reno8 Lite 5G memiliki kecepatan refresh standar 60 Hz. Kedua handset memiliki speaker mono, tetapi mereka datang dengan jack audio 3,5 mm.

Spesifikasi & Perangkat Lunak

Perangkat keras paling canggih dimiliki oleh OPPO Reno8 Lite 5G. Pertama-tama, ia memiliki chipset yang lebih baik: Snapdragon 695 5G dari Qualcomm yang dibangun pada 6 nm dan berjalan pada frekuensi maksimum 2,2 GHz. Chip ini mendukung konektivitas 5G dan terdiri dari dua CPU Kryo 660 Gold yang berjalan pada frekuensi 2,2 GHz, enam CPU Kryo 660 Silver yang berjalan pada 1,7 GHz, dan CPU Adreno 619. SoC dipasangkan dengan RAM hingga 12GB dan penyimpanan internal UFS 2.2 hingga 128GB yang dapat kamu kembangkan lebih lanjut dengan slot microSD. OPPO Reno7 menggunakan Qualcomm Snapdragon 680 yang lebih rendah yang dibangun pada 6 nm dan berjalan pada frekuensi maksimum 2,4 GHz, dengan GPU Adreno 610 yang lebih rendah dan tanpa konektivitas 5G. Di sisi lain, OPPO Reno7 menjalankan versi perangkat lunak yang lebih baru Android 12, disesuaikan dengan ColorOS 12.1.

Kamera

Kamera utama kedua ponsel ini sama persis: sensor 64 MP dengan aperture fokus f/1.7. Ada juga sensor kedalaman yang sama, tetapi OPPO Reno7 menggantikan kamera makro yang tidak berguna dari Reno8 Lite 5G dengan kamera mikroskop 2 MP yang lebih berguna yang mendukung perbesaran yang lebih baik. Last but not least, Reno7 memiliki kamera depan yang unggul dengan resolusi 32 MP, sedangkan OPPO Reno8 Lite 5G berhenti di 16 MP.

Baca jugarealme GT 2 vs GT Neo 3 vs GT Neo 3T: Perbandingan Spesifikasi

Baterai

Smartphone ini dilengkapi dengan baterai yang sama persis, memiliki teknologi pengisian cepat yang sama dengan daya 33W, dan mendukung pengisian daya terbalik melalui kabel. Daya tahan baterai sangat mirip.

Harga

Kamu membutuhkan sekitar Rp 6 jutaan untuk membeli OPPO Reno8 Lite 5G dan sekitar Rp 5 jutaan untuk OPPO Reno7, jika kamu membeli bekas maka harganya lebih murah lagi. Secara keseluruhan, jika kami mengecualikan konektivitas 5G dan chipset, Reno7 adalah ponsel yang unggul. Tetapi jika kamu lebih suka memiliki kinerja dan 5G yang lebih tinggi, maka Reno8 Lite 5G adalah pilihan yang lebih baik.

 

Berita Lainnya

Leave a Comment