Home GadgetSmartphone OPPO Reno8 5G vs Vivo V25 Pro: Perbandingan Spesifikasi
Vivo V25 Pro

OPPO Reno8 5G vs Vivo V25 Pro: Perbandingan Spesifikasi

by Trendtech Indonesia

Trendtech, JakartaVivo baru saja memperkenalakan seri V terbarunya: Vivo V25 dan Vivo V25 Pro. Yang terakhir adalah ponsel kelas menengah atas yang luar biasa yang dilengkapi dengan kamera resolusi tinggi, layar yang sangat bagus, chipset kelas atas, dan bahkan kecepatan pengisian daya yang cepat. Ini jelas merupakan salah satu ponsel dengan nilai terbaik untuk uang, tetapi juga merupakan saingan berat untuk OPPO Reno8 5G. Kedua ponsel ini memiliki prosesor yang sama dan spesifikasinya berada dalam kisaran yang sama; bahkan harganya pun tidak jauh berbeda. Itulah alasan mengapa kami pikir perlu membandingkan keduanya. Nah, berikut ini adalah perbandingan spesifikasi utama OPPO Reno8 5G dengan Vivo V25 Pro.

Baca juga: Asus Zenfone 9 vs Xiaomi 12S: Perbandingan Spesifikasi

Desain

Jika kamu melihat sisi belakang ponsel ini, maka OPPO Reno8 5G jauh lebih menarik. Ini memiliki desain belakang yang sangat orisinal, dengan modul kamera yang menonjol keluar secara bertahap dari sampul dan pilihan warna gradien yang sangat mengesankan. Bahkan jika kamu melihat profilnya, kamu akan menemukan tampilan yang lebih baik: OPPO Reno8 5G adalah ponsel yang lebih tipis dan lebih ringan dibandingkan dengan Vivo V25 Pro. Namun mid-ranger Vivo lebih unggul dalam hal desain sisi depan: ia memiliki rasio layar terhadap bodi yang lebih tinggi, dengan bezel yang lebih sempit di sekitar layar. Reno memiliki dagu yang cukup tebal di bagian bawah yang membuat kaca depan lebih jelek, tetapi itu  satu-satunya yang dilindungi oleh Gorilla Glass 5.

Layar

Di atas kertas, Vivo V25 Pro terlihat memiliki layar yang superior. Ini adalah panel AMOLED dengan diagonal 6,56 inci, resolusi Full HD+ 1080 x 2376 piksel, sertifikasi HDR10+, kecepatan refresh 120 Hz, dan pembaca sidik jari dalam layar. OPPO Reno8 5G memiliki layar dengan diagonal 6,4 inci, resolusi Full HD+, kecepatan refresh 90 Hz, dan pemindai sidik jari dalam layar. Kedua handset menunjukkan warna-warna cerah dan hitam pekat, tetapi Vivo memiliki kecepatan refresh yang lebih tinggi dan kualitas gambar yang lebih baik berkat sertifikasi HDR, serta dagu yang lebih tipis di bawah panel dan diagonal yang lebih lebar. Sayangnya, Reno hanya memiliki speaker mono, sedangkan V25 Pro memiliki dual speaker, sehingga menghasilkan audio yang lebih baik.

Spesifikasi & Perangkat Lunak

Prosesor dari kedua ponsel ini persis sama: mereka menampilkan platform seluler Dimensity 1300 oleh Mediatek yang dibangun dengan proses produksi 6 nm dengan arsitektur octa-core. SoC ini terdiri dari CPU Cortex A78 yang berjalan pada frekuensi maksimal 3 GHz, tiga CPU Cortex A78 yang berjalan pada frekuensi 2,6 GHz, dan empat CPU Cortex A55 yang berjalan pada 2 GHz, serta GPU Mali G77 MC9. Ini adalah SoC yang sangat bagus untuk pengguna dasar dan gamer, ini bukan chipset terbaik oleh MediaTek tetapi ini adalah salah satu yang paling kuat. Kedua perangkat ini juga memiliki konfigurasi memori yang sama, dengan RAM hingga 12GB dan penyimpanan asli UFS 3.1 hingga 256GB. Keduanya menjalankan Android 12  yang masing-masing disesuaikan oleh ColorOS 12.1 dan Funtouch OS 12.

Kamera

Kamera belakang Vivo V25 Pro tampil lebih meyakinkan. Ini fitur kamera belakang tiga terdiri dari sensor utama 64 MP dengan OIS, lensa ultrawide 12 MP dengan FOV 120 derajat, dan kamera makro 2 MP. Kamera belakang mendukung perekaman video 4K pada 30 fps, sedangkan kamera depan memiliki resolusi 32 MP dan juga mendukung perekaman video 4K pada 30 fps. OPPO Reno8 5G memiliki tiga kamera belakang yang terdiri dari sensor utama 50 MP, lensa ultrawide 8 MP, dan kamera makro 2 MP. Kamera depan 32 MP dengan perekaman video 1080p.

Baca juga: Xiaomi Mix Fold 2 vs Samsung Galaxy Z Fold4: Perbandingan Spesifikasi

Baterai

Vivo V25 Pro adalah raja masa pakai baterai di sini karena menggunakan baterai 4830 mAh . Di sisi lain, baterai OPPO Reno8 5G yang lebih kecil mendukung pengisian cepat 80W, yang merupakan teknologi pengisian daya yang lebih cepat. Tetapi memiliki kapasitas hanya 4500 mAh dan, mengingat kedua ponsel ini memiliki prosesor yang sama, masa pakai baterai akan lebih pendek di sebagian besar skenario.

Harga

Kamu membutuhkan setidaknya Rp 7 jutaan untuk membeli OPPO Reno8 5G, sedangkan harga awal Vivo V25 Pro secara kasar diterjemahkan menjadi Rp 7 jutaan. Vivo V25 Pro memenangkan perbandingan karena tampilannya yang lebih baik, kamera yang superior, dan baterai yang lebih besar. Namun Reno8 5G memiliki desain yang lebih menarik, pengisian daya yang lebih cepat, dan sistem operasi yang lebih baik.

Berita Lainnya

Leave a Comment