Home GadgetWearable OPPO Watch vs Apple Watch SE vs Huawei Watch Fit: Perbandingan Spesifikasi
OPPO Watch

OPPO Watch vs Apple Watch SE vs Huawei Watch Fit: Perbandingan Spesifikasi

by Trendtech Indonesia

Trendtech, Jakarta – Apple meluncurkan jajaran jam tangan pintar barunya dan, untuk pertama kalinya, Apple meluncurkan juga varian dengan harga yang terjangkau yakni Apple Watch SE.

Mengingat harganya yang terjangkau, perangkat wearable baru ini akan bersaing dengan beberapa perangkat lain dari produsen lain. Salah satu saingan utamanya adalah OPPO Watch seperti yang ada di pasar global dengan sistem operasi Wear OS berbasis Android.

Perangkat memiliki faktor bentuk berbentuk persegi yang sama dan fitur serupa. Jika Anda membutuhkan sesuatu yang lebih sport-sentris, maka ada juga Huawei Watch Fit. Manakah smartwatch terbaik dengan harga yang sesuai? Mari kita temukan bersama dalam perbandingan antara OPPO Watch, Watch SE, dan Huawei Watch Fit ini.

Baca juga: OPPO Watch vs Xiaomi Mi Watch Revolve: Perbandingan Spesifikasi

OPPO Watch

Desain

Desain favorit kami adalah milik OPPO Watch (terutama dalam versi 41 mm karena lebih kompak): memiliki tampilan melengkung dan sangat elegan. Di sisi lain, Huawei Watch Fit adalah yang paling orisinal dengan tampilan berbentuk persegi panjang. Tetapi medali perak dalam hal desain jatuh ke Apple Watch SE: mirip dengan OPPO Watch, tetapi memiliki layar datar. Seseorang mungkin lebih memilih Watch SE karena tidak memiliki tombol fisik. Yang pasti, menurut kami ini masalah selera. Di setiap casing, Anda mendapatkan desain tahan air dengan ketahanan air hingga 5 ATM.

Layar

Selain mendapatkan desain yang sangat elegan, dengan adanya OPPO Watch ini Anda juga mendapatkan tampilan yang luar biasa. Dalam versi 46 mm-nya, smartwatch hadir dengan panel lebar 1,91 inci dengan cakupan DCI P3 100 persen dan resolusi tinggi 402 x 476 piksel. Bahkan Apple Watch SE memiliki layar yang bagus dengan kecerahan puncak 1000 nits dan teknologi Retina LTPO OLED. Lebih lanjut, ini mendukung 3D Touch dengan sensor yang dapat mengenali tingkat tekanan jari Anda. Huawei Watch Fit memiliki tampilan yang lebih rendah dari OPPO Watch dan Apple Watch SE dalam hal kualitas gambar, tetapi memiliki faktor bentuk persegi panjang yang sangat menarik yang meningkatkan kegunaan.

Spesifikasi & Perangkat Lunak

OPPO Watch memiliki chipset paling kuat dan RAM 1GB, sedangkan Apple Watch SE memiliki jumlah penyimpanan internal tertinggi (32GB). Huawei Watch Fit memiliki departemen perangkat keras terlemah dan tidak membutuhkan perangkat keras yang kuat karena dilengkapi dengan OS sendiri. OPPO Watch menjalankan Wear OS berbasis Android, sedangkan Apple Watch SE memiliki watchOS. Dari segi fitur, OPPO Watch dan Apple Watch SE sebenarnya lebih baik: yang pertama lebih baik jika dipasangkan dengan perangkat Android, sedangkan yang kedua lebih baik dengan iPhone. OPPO Watch dan Apple Watch SE memiliki beberapa aplikasi prainstal dan Anda dapat mengunduh lebih banyak melalui toko resmi. Huawei Watch Fit memiliki OS sendiri dan lebih rendah dari para pesaingnya dalam hal fitur, tetapi mendukung lebih banyak mode olahraga dan itu adalah jam tangan pintar yang lebih baik untuk pecinta olahraga. Jika olahraga bukan satu-satunya prioritas Anda,

Sensor dan Konektivitas

Seperti disebutkan di atas, Huawei Watch Fit adalah jam tangan pintar yang lebih baik untuk olahraga tidak hanya karena jumlah mode olahraganya yang lebih tinggi tetapi juga karena memiliki sensor SpO2. Di sisi lain, OPPO Watch dan Apple Watch SE menawarkan pengukuran yang sangat akurat, tetapi tidak memiliki pelacakan SpO2. Dengan semua jam tangan pintar ini, Anda mendapatkan modul GPS, tetapi hanya Apple Watch SE dan OPPO Watch yang memiliki konektivitas seluler. Perhatikan bahwa konektivitas seluler adalah opsional pada Apple Watch SE dan OPPO Watch: Anda harus membeli varian yang lebih mahal untuk mendapatkannya.

Baca juga: Wow! Xiaomi Perkenalkan Teknologi Wireless Charging 80W

Baterai

Huawei Watch Fit adalah raja masa pakai baterai karena dapat bertahan hingga 10 hari dengan sekali pengisian daya. Dengan OPPO Watch dan Apple Watch SE, Anda hanya bisa mendapatkan masa pakai baterai satu hari.

Harga

OPPO Watch 41 mm dengan harga mulai dari RP 3 jutaan di pasar global (harga bervariasi tergantung pasar), sementara Apple Watch SE berharga Rp 4 jutaan dalam varian dasar 40 mm. Untuk Huawei Watch Fit, Anda hanya perlu mengeluarkan kocek kisaran Rp 2 jutaan. Untuk segala hal kecuali olahraga, OPPO Watch dan Apple Watch SE adalah perangkat wearable yang lebih baik daripada Huawei Watch Fit. Yang pertama memiliki tampilan dan desain yang lebih baik, sedangkan yang kedua memiliki sistem operasi yang lebih matang.

 

Berita Lainnya

Leave a Comment