Home Tips & Trik 4 Cara Optimasi Iklan di eCommerce
Optimasi iklan eCommerce

4 Cara Optimasi Iklan di eCommerce

by Trendtech Indonesia

Trendtech, Jakarta – Dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat, strategi pemasaran yang efektif menjadi kunci untuk menarik perhatian pelanggan. Salah satu pendekatan yang dapat diandalkan adalah melalui optimasi iklan di eCommerce. Menjadi penjual di platform eCommerce bukan sekadar membuka toko dan mengunggah produk, tetapi juga memerlukan strategi beriklan yang tepat.

Untuk membantu penjual online, baik pemula maupun yang berpengalaman, mencapai kesuksesan, Rika Yeo, seorang LazStar Trainer di Lazada Indonesia, membagikan tips efektif untuk memaksimalkan iklan online dan mendorong pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.

Berikut adalah tips yang disampaikan oleh Rika:

Baca juga: Cara Mudah dan Aman Cek NIK untuk Verifikasi Pendaftaran Pelanggan XL Axiata

1. Pastikan Produk Siap Dijual Sebelum Beriklan

Bagi penjual yang baru memulai toko digital, prioritas utama adalah menarik pelanggan, memperkenalkan produk, dan membangun reputasi positif melalui ulasan. Iklan dapat mempercepat proses ini, namun Rika menekankan pentingnya memastikan bahwa produk telah siap memikat pelanggan sebelum mulai beriklan. Halaman produk yang optimal harus memiliki judul informatif, foto dan video berkualitas tinggi, deskripsi detail yang menarik, serta harga yang kompetitif.

“Jangan terburu-buru beriklan sebelum halaman produk benar-benar siap. Pastikan produk yang ditampilkan menarik agar calon pembeli tertarik untuk membuka, membeli, dan kembali lagi,” kata Rika.

2. Pantau dan Optimalkan Iklan Secara Berkala

Setelah iklan berjalan, penting untuk memantau dan mengevaluasi kinerjanya guna menemukan strategi terbaik dalam mencapai tujuan penjualan. Rika menyarankan untuk melakukan optimasi iklan setiap satu hingga dua minggu sekali dan memantau dashboard secara rutin untuk memahami kinerja iklan.

“Idealnya, penjual melakukan optimasi iklan setiap satu hingga dua minggu sekali supaya tahu strategi apa yang berhasil dan apa yang belum. Kesalahan pada produk, harga, atau pengaturan iklan dapat diketahui dengan optimasi secara berkala,” jelas Rika.

Setiap platform eCommerce biasanya menyediakan dashboard dengan data komprehensif mengenai performa toko. Rika menyarankan penjual di Lazada untuk memanfaatkan Seller Center dalam merancang strategi iklan yang efektif.

3. Manfaatkan Iklan Efektif untuk Pertumbuhan Bisnis yang Stabil

Rika menekankan pentingnya pembelajaran berkelanjutan untuk kesuksesan bisnis online. Ia mendorong penjual untuk tidak hanya fokus pada optimasi iklan jangka pendek, tetapi juga membangun basis pelanggan setia untuk pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. Rika juga mengingatkan agar penjual tidak sepenuhnya bergantung pada iklan berbayar.

“Data adalah kunci utama. Selami data untuk memahami audiens mana yang paling aktif merespons iklan. Dari sana, penjual dapat merancang strategi iklan yang efektif, tidak hanya untuk menarik pelanggan baru, tetapi juga untuk mengubahnya menjadi pelanggan setia,” ujar Rika.

Rika juga mengajak penjual untuk mengeksplorasi fitur-fitur yang tersedia di platform eCommerce. Di Lazada, terdapat Lazada University yang menyediakan berbagai pembelajaran, mulai dari cara membuat iklan yang menarik hingga teknik optimasi anggaran iklan. Kesuksesan bisnis online tidak hanya bergantung pada iklan, tetapi juga strategi pemasaran yang tepat dan basis pelanggan yang loyal.

4. Pahami Perilaku Pelanggan untuk Optimasi Waktu Iklan Terbaik

Memahami perilaku pelanggan sangat penting dalam mengoptimalkan anggaran iklan. Data dashboard dapat membantu mengidentifikasi waktu dengan traffic tertinggi dan preferensi promosi pelanggan.

“Waktu dan preferensi pelanggan adalah faktor penting dalam strategi beriklan. Identifikasi waktu terbaik untuk beriklan dan promo favorit pelanggan dengan menganalisis perilaku mereka. Tingkatkan anggaran iklan di momen-momen terbaik untuk memaksimalkan jangkauan dan dampaknya,” jelas Rika.

Baca juga: Cara Aktifkan 3 Fitur Galaxy Watch Ultra, Optimalkan Kesehatan dan Produktivitas

Lazada, sebagai salah satu platform eCommerce yang mendukung pertumbuhan para penjualnya, menyediakan berbagai kampanye menarik dan fitur iklan yang dapat dimanfaatkan untuk mendorong penjualan. Penjual juga bisa memanfaatkan fitur lain seperti LazKoin, livestreaming LazLive, hingga Flexi Combo untuk meningkatkan traffic dan penjualan.

“Dengan semangat untuk terus berkontribusi pada perekonomian digital Indonesia, kami senantiasa berinovasi pada fitur canggih yang bisa membantu para pebisnis di ekosistem kami di Lazada. Fitur iklan di Lazada pun kami kembangkan dengan teknologi yang bisa menciptakan peluang bagi penjual untuk meningkatkan visibilitas, menarik pelanggan baru, dan memaksimalkan penjualan,” kata Head of Operations Lazada Indonesia, Amelia Tediarjo.

Seiring dengan perkembangan ekonomi digital yang pesat, pelaku usaha perlu meningkatkan keterampilan dan menyusun strategi yang tepat guna mendorong pertumbuhan bisnisnya. Keberadaan LazStar Trainer di Lazada, seperti Rika Yeo, dihadirkan untuk memberikan bimbingan bagi para penjual agar dapat terus menumbuhkan bisnisnya di platform tersebut.

Berita Lainnya