Trendtech, Jakarta – Hujan deras yang mengguyur Jabodetabek sejak Selasa (31/12/2019) sore hingga Rabu (1/1/2020) pagi membuat sejumlah wilayah Jabodetabek terendam banjir. Hal ini membuat layanan beberapa operator komunikasi mengalami gangguan tidak terkecuali operator plat merah Telkomsel.
Namun pasca banjir layanan komunikasi Telkomsel kembali normal. Hal ini disampaikan GM External Corporate Communications Telkomsel, Aldin Hasyim melalui keteranganya, di Jakarta, Jumat (4/1/2020).
Baca juga : Digitalisasi Layanan Kesehatan, Telkomsel Hadirkan Aplikasi E-Sihat Belitung
“Layanan suara, SMS maupun internet Telkomsel telah berfungsi normal, termasuk wilayah Bekasi dimana sebelumnya infrastruktur jaringan Telkomsel sempat terdampak bencana banjir yang mengakibatkan penurunan kualitas jaringan,” ujar Aldin.
Aldin juga menerangkan, kami juga telah menggunakan perangkat pendukung, terutama untuk pasokan listrik cadangan seperti perangkat baterai maupun mobile back-up power / mobile genset sudah disiagakan dan diaktifkan di sejumlah titik, khususnya di titik BTS yang masih terdampak.
Tim Teknis melakukan secara simultan terus melakukan pengecekan dan tetap berupaya maksimal untuk pemulihan layanan secara menyeluruh.
“Saat ini pengamanan kualitas jaringan juga diprioritaskan di sejumlah titik objek vital seperti Posko Penanggulanan Bencana, Bandara, serta Kantor instansi terkait yang membutuhkan akses telekomunikasi yang intensif,” jelas Aldin.
Telkomsel juga telah mengoperasikan tim unit siaga bencana, yaitu tim TERRA (Telkomsel Emergency Response & Recovery Activity) dari titik terdekat untuk mendukung proses evakuasi korban terdampak bencana banjir di Jabotabek, terutama di wilayah Bekasi sekaligus membantu percepatan pemulihan layanan jaringan telekomunikasi.
Baca juga : Prediksi dan Keamanan Teknologi 5G Tahun 2020
Untuk membantu kebutuhan masyarakat terdampak bencana banjir, Telkomsel juga sudah mulai mendirikan Posko Siaga yang menyediakan layanan telpon gratis, free charging, serta penyediaan produk dan juga memberikan bantuan dalam bentuk kebutuhan logistik yang diserahkan melalui sejumlah titik posko penampungan korban banjir yang ada di beberapa titik di wilayah Jabotabek dan sekitar.
“Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan pelanggan untuk tetap memanfaatkan layanan kami guna pemenuhan kebutuhan akses komunikasi. Semoga bencana banjir ini dapat segera teratasi sehingga aktivitas masyarakat dapat berjalan normal kembali,” tutup Aldin.