Trendtech, Jakarta – Pada tanggal 15 September 2022, Sharp Corporation memperingati hari jadinya yang ke–110 tahun. Tepat di tanggal ini 110 tahun silam pada tahun 1912, Tokuji Hayakawa, pendiri Sharp, mendirikan toko pengerjaan logam di Tokyo. Kemudian berinovasi melahirkan ‘Pensil Sharp’ sebuah pensil mekanik tipe twist yang selanjutnya menjadi asal mula nama merek korporasi hingga sekarang.
Sharp merupakan produsen elektronik kelas dunia yang melahirkan produk inovatif dengan teknologi terkini memiliki peran penting pada industri elektronik masa depan.
Sharp menetapkan visi bisnis-nya ‘Mengubah dunia dengan teknologi 8K+5G dan AIOT’. Teknologi 8K adalah ultra high definition generasi lanjutan dengan resolusi empat kali lipat (7,680 x 4,320 piksel: 33.18 resolusi dengan jutaan piksel) dari 4K (3.840 x 2.160 piksel: resolusi sekitar 8,29 juta piksel), dan 16 kali lipat dari resolusi saat ini, siaran dengan hasil 2K vision (1.920 x 1080 piksel: sekitar 2,07 juta piksel).
Baca juga: Sharp Boyong Lima Penghargaan CSR Nusantara Award 2022
Pendiri Sharp, Tokuji Hayakawa bercita – cita untuk ‘menciptakan produk yang ingin di tiru oleh perusahaan lain’. Sharp terus memperkenalkan inovasi produk dan solusi unik menjadi yang pertama di dunia dan yang pertama di Jepang untuk berkontribusi pada pengembangan masyarakat. Hasilnya, Sharp telah mencapai banyak tonggak sejarah selama 110 tahun dengan produk dan solusinya.
Teknologi 8K menghasilkan gambar yang sangat tajam seperti aslinya dan menghasilkan penemuan baru yang mengagumkan. Sedangkan teknologi 5G adalah generasi lanjutan dari transmisi data selular, dengan kemajuan signifikan pada kecepatan dan kapasitas transmisi data ini menghasilkan latensi sangat rendah dan konektivitas multi-terminal. Teknologi 5G memperluas komunikasi untuk memfasilitasi konektivitas menyeluruh
Antara pengguna dan semua jenis perangkat. AIoT adalah kombinasi unik dari teknologi AI (Artificial Intellegence) dan IoT (Internet of Things), teknologi berbasis indra peraba (taktil) dan intuitif yang diciptakan melalui aplikasi dengan konektivitas cloud dan AI ke dalam rangkaian peralatan elektronik sehari-hari yang kita gunakan, menyempurnakan perangkat elektronik untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, individu dan masyarakat secara keseluruhan.
Untuk mewujudkan visi tersebut, Sharp mengutamakan 3 prinsip dalam bisnis-nya yaitu Smart Life, 8K Ecosystem dan ICT, secara bersamaan dengan dua bisnis perangkat, yaitu perangkat display dan perangkat elektronik yang mendukung-nya terintegrasi dalam meraih bisnis ‘One Sharp’.
Baca juga: Sharp Class, Program Kompetensi Siswa SMK
Sharp menghadirkan produk – produk unggulan untuk keperluan rumah tangga seperti AQUOS untuk merek TV dan smartphone, lalu teknologi plasmacluster yang dibenamkan pada produk pembersih udara, AC, lemari es, mesin cuci dan penyedot debu, kemudian merek Healshio untuk produk oven dan panci masak anhydrous untuk penggunaan dapur. Produk – produk Sharp juga banyak digunakan di perkantoran seperti printer multi-fungsi, monitor, sistem tampilan interaktif, PC, notebook dan lain lain. Sistem yang mengintegrasikan layanan dengan perangkat keras dan lunak juga diperkenalkan oleh perusahaan, yang dikenal sebagai layanan COCORO+, bersama dengan sistem 8K+5G lainnya digunakan untuk sistem perkantoran, dll.