Home GadgetSmartphone POCO M4 Pro 5G vs POCO X3 Pro: Perbandingan Spesifikasi
POCO M4 Pro 5G

POCO M4 Pro 5G vs POCO X3 Pro: Perbandingan Spesifikasi

by Trendtech Indonesia

Trendtech, JakartaXiaomi baru saja meluncurkan POCO M4 Pro 5G di pasar global. Ini pada dasarnya adalah rebranding dari Redmi Note 11 (hanya ada sedikit perbedaan dalam desain) dan membawa label harga yang luar biasa. Berkat kesepakatan peluncuran, ponsel ini tersedia hanya dengan harga Rp 2 jutaan: harga yang luar biasa untuk kelas menengah dengan 5G dan spesifikasi keseluruhan yang luar biasa. Tetapi ada perangkat POCO lain yang tersedia sejak awal tahun ini yang membawa harga bekas yang sangat murah yakni POCO X3 Pro. Apakah masuk akal untuk menggunakan POCO M4 Pro 5G baru atau POCO X3 Pro? Berikut ini perbandingan spesifikasinya.

Baca juga: POCO M3 Pro vs OPPO A54 5G vs realme 8 5G: Perbandingan Spesifikasi

POCO M4 Pro 5G

Desain

Keuntungan dari POCO M4 Pro 5G adalah kenyataan bahwa ini adalah ponsel yang lebih ringkas, sedangkan POCO X3 Pro adalah perangkat yang sangat tebal karena beratnya 215 gram dan tebalnya 9,4 mm. POCO M4 Pro 5G bukan salah satu ponsel tertipis dan paling ringan, tetapi jelas lebih mudah digunakan dengan satu tangan dan disimpan di saku. Di sisi lain, POCO X3 Pro terlihat memiliki kualitas build yang lebih baik karena layarnya menggunakan perlindungan Gorilla Glass 6. Kedua ponsel memiliki bodi plastik, jadi jangan berharap bahan premium. Tetapi keduanya hadir dengan semacam ketahanan terhadap air dan debu (sertifikasi IP53).

Layar

Layar POCO X3 Pro tidak hanya lebih lebar jika dibandingkan dengan POCO M4 Pro 5G, tetapi bahkan lebih unggul dari segi kualitas gambar. Sayangnya, menggunakan panel IPS, jadi jika kamu mencari warna-warna cerah yang kamu dapatkan bisa di layar AMOLED. Tetapi ia hadir dengan kecepatan refresh 120 Hz yang luar biasa dan sertifikasi HDR10 yang meningkatkan kualitas gambar pada platform streaming. POCO M4 Pro 5G hadir dengan layar Full HD+ IPS juga, tetapi kecepatan refreshnya naik hingga 90 Hz dan ponsel ini tidak memiliki sertifikasi HDR10. Meskipun sangat terjangkau, kedua handset ini memiliki pembaca sidik jari yang dipasang di samping dan speaker stereo.

Spesifikasi & Perangkat Lunak

Keuntungan utama dari POCO X3 Pro adalah departemen perangkat kerasnya yang luar biasa. Berkat Snapdragon 860 yang berada di tengah-tengah antara Snapdragon 855+ dan 865, ia mampu memberikan kinerja kelas unggulan dan itulah alasan mengapa perangkat ini hebat untuk bermain game. Chip ini dipasangkan dengan RAM hingga 8GB dan penyimpanan internal UFS 3.1 yang semakin meningkatkan kinerja secara keseluruhan. Tetapi ada satu hal yang perlu Anda ketahui: POCO X3 Pro tidak memiliki dukungan 5G. Jika kamu menginginkan ponsel 5G, maka kamu harus menerima departemen perangkat keras kelas bawah dari POCO M4 Pro 5G yang ditenagai oleh chipset MediaTek Dimensity 810 kelas menengah. Kedua ponsel menjalankan Android 11 dengan MIUI 12.5 untuk menyesuaikannya.

Kamera

POCO M4 Pro 5G dilengkapi dengan kamera utama baru yang ditingkatkan dengan resolusi 50 MP: kamera ini sebenarnya lebih baik daripada sensor 48 MP yang ditemukan pada POCO X3 Pro. POCO X3 Pro malah memberikan kamera depan yang lebih baik dengan resolusi 20 MP. POCO M4 Pro 5G hanya memiliki satu sensor sekunder di bagian belakang: kamera ultrawide 8 MP, sedangkan POCO X3 Pro menambahkan sepasang sensor 2 MP, tetapi kami menganggapnya tidak berguna dan kami yakin lebih baik membeli perangkat dengan kamera utama yang lebih baik seperti POCO M4 Pro 5G.

Baca juga: realme 9 Pro vs POCO X4 Pro: Perbandingan Spesifikasi

Baterai

POCO X3 Pro dilengkapi dengan baterai yang sedikit lebih besar dengan kapasitas 5160 mAh, tetapi ini tidak berarti bahwa ia memberikan masa pakai baterai yang lebih lama di setiap skenario. Karena kecepatan refresh yang lebih tinggi dan proses produksi chipset yang lebih buruk, masa pakai baterainya bisa lebih rendah dengan beberapa pola penggunaan.

Harga

POCO M4 Pro 5G mulai dari Rp 3,2 jutaan, dan saat ini Anda dapat menemukan POCO X3 Pro mendekati harga tersebut berkat bekas. Tidak ada pemenang pasti dari perbandingan ini: jika kamu membutuhkan 5G dan kamera yang lebih baik, maka POCO M4 Pro 5G adalah pilihan yang lebih cerdas. Tetapi jika kamu menginginkan prosesor yang lebih kuat dan tampilan yang lebih baik, maka pilihlah POCO X3 Pro (yang akan menjadi pilihan kami yang sebenarnya).

 

 

Berita Lainnya

Leave a Comment