Home Fintech Ralali.com Raih Pendanaan 13 Juta USD dari Arbor dan AddVentures

Ralali.com Raih Pendanaan 13 Juta USD dari Arbor dan AddVentures

by Trendtech Indonesia

Trendtech, Jakarta – Ralali.com, platform B2B marketplace online pertama dan terbesar yang bertujuan membantu bisnis UMKM di Indonesia – negara dengan populasi terbesar ke-4 di dunia – telah meraih pendanaan sebesar 13 juta USD. Investasi seri C Ralali.com ini dipimpin oleh Arbor Ventures (Singapura), TNB Aura (Singapura) dan founder dari ZIGExN Co., Ltd., Mr Jo Hirao (Jepang), dengan partisipasi dari AddVentures (Thailand) dan Qualgro (Singapura) sebagai investor pendahulu. Ralali.com berencana menggunakan pendanaan untuk memudahkan, memperluas dan memperkuat UMKM Indonesia dalam pemenuhan kebutuhan usaha.

Di Indonesia, UMKM tidak memiliki akses pemerataan dalam pemenuhan kebutuhan, pembiayaan, logistik dan kebutuhan usaha lainnya dikarenakan MMKM tidak memiliki skala ekonomi dan teknologi untuk mengelola serta merekam data. Dengan jumlah lebih dari 60 juta UMKM di negara ini, hanya 8%1 di antaranya yang sudah melek digital. Menyadari hal tersebut, Ralali.com memiliki misi untuk dapat berkontribusi melalui teknologi.

Saat ini Ralali.com menghubungkan 12.000 pemasok termasuk brand besar seperti Unilever Food Solutions, PaperOne, Asus, Siam Cement Group, P&G, Unil Opal dengan lebih dari setengah juta UMKM di seluruh Indonesia sebagai penggunanya. Menawarkan one-stop-solution berbasis teknologi termasuk web dan aplikasi mobile untuk melakukan pemesanan, Ralali.com sekarang menyediakan solusi pemenuhan kebutuhan usaha dan pembiayaan untuk UMKM. “Misi kami adalah membantu UKM tradisional bertumbuh dengan memanfaatkan teknologi digital. Pendanaan ini akan membantu kami meningkatkan teknologi dan tim kami untuk melayani jutaan UMKM Indonesia dalam memenuhi kebutuhan usaha mereka melalui platform digital Ralali.com. Dengan menjadi super app, pembeli dengan segmen usaha spesifik dapat menemukan solusi yang terkurasi untuk produk kebutuhan usaha, pembiayaan dan logistik yang relevan dengan usaha masing-masing,” ujar Joseph Aditya, CEO, Ralali.com.

Sejak 2018 Ralali.com telah menciptakan akses pembiayaan B2B demi membuat UMKM lebih inklusif dan lebih efisien, seperti pinjaman mikro dan ketentuan pembayaran (term of payment). Hingga saat ini sudah lebih dari 1.500 UMKM yang menikmati fasilitas dari Ralali.com ini. Arbor Ventures, investor yang bergabung dalam putaran ini menyatakan, “Selama berinvestasi di banyak layanan keuangan, kami gembira saat melihat pertumbuhan pasar e-commerce B2B di Indonesia dan bagaimana Ralali.com berkontribusi secara signifikan kepada pertumbuhan tersebut.”

Sementara itu, dengan pertumbuhan signifikan GMV Ralali.com yang tercatat sebanyak 5 kali tahun 2018 dan on-track menuju pertumbuhan sebanyak 3-4 kali di 25 kota se-indonesia sepanjang 2019, yang menarik dari Ralali.com adalah adanya platform BIG Agent, tenaga kerja lepas on-demand yang mengerjakan survei dan mengedukasi pasar untuk “go digital”. Dengan 120.000 agen tersebar di Jakarta, Sumatera, Jawa dan Kalimantan, UMKM dapat dijangkau lebih efektif dan efisien dalam pemenuhan kebutuhan usahanya melalui platform.

Mengenai rencana pertumbuhan Ralali.com, Dr. Joshua Pas, Managing Director, AddVentures by SCG berkomentar, “Kami bangga dapat terus-menerus mendukung Ralali.com melalui investasi serta kolaborasi stratejik kami dengan grup perusahaan SCG se-Asia Tenggara. Kami telah melihat bukan hanya pertumbuhan yang eksponensial dalam bisnis Ralali melainkan juga bagaimana Ralali.com memanfaatkan teknologi untuk menciptakan dampak bagi UKM di seluruh negeri. Manajemen dan tim Ralali adalah contoh nyata dari orang-orang dengan semangat kewirausahaan lokal yang berjuang menciptakan ekonomi baru bagi Indonesia. “

Ralali.com mengantisipasi bahwa lanskap ritel B2B akan berubah di masa depan, karena itu Ralali.com selalu berupaya tetap relevan dengan perkembangan ekonomi digital terkini. Melalui platform Ralali.com, pembeli (UMKM) dengan nyaman dapat mencari dan terhubung ke para pemasok utama melalui ponsel mereka. Di sisi lain, penjual dapat hadir di pasar dan terhubung ke segmen pembeli sesuai target dalam sekejap. Semua ini terjadi seiring dengan munculnya konsumsi baru yang berfokus pada data dan pengalaman konsumen.

Mengarah menjadi “the next generation of B2B marketplace”, Ralali.com selalu relevan dan konsisten menawarkan nilai tambah pada pasar yang dilayaninya. Perusahaan ini mengimpikan: usaha dari jutaan UMKM se-Indonesia dapat dipermudah dan terhubung sesuai kebutuhan melalui platform digitalnya.

Berita Lainnya

Leave a Comment