Home GadgetSmartphone realme 10 5G vs realme 10 4G: Perbandingan Spesifikasi
realme 10 5G

realme 10 5G vs realme 10 4G: Perbandingan Spesifikasi

by Trendtech Indonesia

Trendtech, JakartaSeri realme 10 resmi diluncurkan dengan empat varian berbeda, tetapi yang pertama diumumkan adalah versi standart yakni realme 10 4G . Tepat setelah itu, raksasa China itu memutuskan untuk mengumumkan varian 5G, jelas disebut realme 10 5G. Rupanya, kedua perangkat ini mungkin terlihat sama, tetapi sangat berbeda satu sama lain. Sangat penting untuk mempelajari perbedaan antara kedua perangkat ini untuk memahami mana yang akan dibeli, terutama karena keduanya memiliki kisaran harga yang sama. Beberapa orang mungkin lebih suka varian 5G karena konektivitas 5G, tetapi mereka harus tahu bahwa 4G memiliki sesuatu yang sangat penting untuk ditawarkan. Kamu akan mempelajari semua perbedaan utama dalam perbandingan antara spesifikasi realme 10 4G dan realme 10 5G ini.

Baca juga: realme 9 vs realme 10: Perbandingan Spesifikasi

realme 10 5G

Desain

Desain varian 4G dan varian 5G sangat mirip satu sama lain, keduanya hadir tanpa tempat kamera dan dengan kamera yang diposisikan langsung di penutup belakang, dan keduanya hadir dengan pinggiran datar. Tetapi jika kamu membutuhkan yang paling cantik, maka harus memilih realme 10 4G. Selain sedikit lebih tipis dan lebih ringan dari rekan 5G, ia memiliki modul kamera yang lebih minimalis dan merupakan satu-satunya yang memiliki punch-hole di layar (lubang ditempatkan di sudut kiri atas). Varian 5G memiliki waterdrop notch yang lebih jelek daripada punch-hole. Selebihnya tidak jauh berbeda, semuanya dibuat dengan polikarbonat dan memiliki pembaca sidik jari yang dipasang di samping. Perhatikan bahwa varian 4G sebenarnya lebih ringkas daripada varian 5G karena memiliki layar yang lebih kecil.

Layar

Layar mungkin merupakan keunggulan terpenting realme 10 4G dibandingkan varian 5G. Ini memiliki panel AMOLED dengan diagonal 6,4 inci, resolusi Full HD + 1080 x 2400 piksel, kecepatan refresh 90 Hz, dan kecerahan puncak 1.000 nits. Seperti yang telah disebutkan di atas, meskipun merupakan layar AMOLED, itu tidak menyertakan pembaca sidik jari dalam layar karena pemindai sidik jari ditempatkan di sebelah kanan, berbarengan dengan tombol daya. realme 9 5G memiliki panel IPS LCD, sehingga tidak mampu memberikan warna cerah dan hitam pekat yang disediakan oleh panel AMOLED versi 4G. Layar ini memiliki diagonal 6,6 inci, resolusi Full HD+ 1080 x 2408 piksel, kecepatan refresh 90 Hz, dan kecerahan tipikal 400 nits. Ini adalah layar yang lebih luas, tetapi kualitasnya lebih rendah. Dan itu datang dengan waterdrop notch bukan  punch hole.

Spesifikasi & Perangkat Lunak

Tingkat kinerja realme 10 4G dan realme 10 5G sangat mirip: perbedaan besar adalah tidak adanya konektivitas 5G pada yang pertama, sedangkan sisanya hampir sama. Dengan realme 10 4G, orang bisa mendapatkan platform seluler Helio G99 baru dari MediaTek. Ini adalah SoC yang dibangun dengan proses produksi 4 nm dan menggunakan arsitektur octa-core yang terdiri dari dua inti Cortex A76 yang berjalan pada frekuensi maksimal 2,2 GHz, dua inti Cortex A55 yang berjalan pada 2 GHz, dan GPU Mali G57 MC2. Chipset dipasangkan dengan RAM hingga 8GB dan penyimpanan asli UFS 2.2 hingga 256GB. Ada konfigurasi inti yang persis sama pada chipset Dimensity 700 yang terdapat pada realme 10 5G, namun dengan proses produksi 7 nm dan tanpa 5G. Bahkan konfigurasi memori top-end pun sama. Handset ini menjalankan Android 12.

Baca juga: realme 10 Resmi Diluncurkan di Indonesia, Pakai Helio G99 Harga Mulai Rp 2.499.000

Kamera

realme 10 4G dan realme 10 5G sama-sama dilengkapi dengan kamera utama 50 MP dan penembak makro 2 MP, tetapi varian 5G menambahkan sensor kedalaman ketiga, meski tidak begitu berguna. untuk kamera selfie 16 MP yang ditemukan di realme 10 4G, jelas lebih baik daripada 8 MP varian 5G, jauh lebih berguna.

Baterai

Kapasitas baterainya sama, yakni 5000 mAh, namun realme 10 4G mampu memberikan daya tahan baterai yang lebih lama berkat tampilan dan chipset yang lebih efisien.

Harga

realme 10 5G mulai dari Rp 2,8 jutaan, sedangkan varian 4G mulai dari Rp 2,4 jutaan (harga bervariasi tergantung pasar). Varian 4G sebenarnya lebih unggul karena tampilan dan kamera depannya, sehingga memenangkan perbandingan.

Berita Lainnya

Leave a Comment