Home GadgetSmartphone realme C11 vs realme C12 vs realme C15: Perbandingan Spesifikasi
realme C15

realme C11 vs realme C12 vs realme C15: Perbandingan Spesifikasi

by Trendtech Indonesia

Trendtech, Jakarta – Seperti sudah diketahui kalau seri C realme adalah jajaran entry-level yang sukses besar di pasar Asia berkat perangkatnya yang membawa nilai  yang sangat tinggi dan harga yang sangat terjangkau jika dibandingkan dengan spesifikasinya.

Perusahaan China ini telah meluncurkan tiga perangkat baru dari jajaran C pada periode terakhir: realme C11 , C12 , dan C15. Ketiga perangkat datang dengan spesifikasi yang mirip dan estetika yang serupa, sehingga tidak mudah bagi orang yang belum berpengalaman untuk memahami mana yang terbaik untuk kebutuhan mereka yang sebenarnya.

Baca juga: Review realme C15: Entry-Level Pertama dengan Baterai 6000mAh

Perbandingan ini akan menyoroti semua perbedaan utama antara realme C11, C12, dan C15, selain memberi tahu Anda handset mana yang paling menarik dari ketiganya.

 

Desain

realme C11, C12, dan C15 hampir identik dalam hal desain. Semuanya hadir dengan bodi polikarbonat, modul kamera berbentuk persegi, dan layar tanpa bingkai dengan notch tetesan air. Ini adalah desain yang keren untuk level pemula, meskipun terbuat dari polikarbonat. Meski paling terjangkau, namun realme C11 terlihat lebih menarik karena varian warnanya sedikit lebih orisinal serta ponsel yang lebih tipis dan ringan. Ini adalah perangkat yang lebih kompak karena memiliki baterai yang lebih kecil daripada saudara kandungnya yang lebih mahal. Semakin besar baterainya, semakin banyak ruang yang dibutuhkan untuk menyimpannya di dalam ponsel.

Layar

Dengan hadirnya realme C11, C12 dan C15, pada dasarnya mendapatkan tampilan yang sama. Menggunakan panel 6,5 inci di bawah rata-rata dengan resolusi HD+ dan diagonal 6,5 inci. Seperti yang kami katakan, ini adalah tampilan di bawah rata-rata karena resolusi dan kualitasnya secara keseluruhan, tetapi di pasar sebenarnya, Anda tidak dapat menemukan tampilan yang lebih baik di segmen level awal, kecuali jika Anda pindah ke kisaran harga di atas Rp 2,5 jutaan. 

Spesifikasi & Perangkat Lunak

realme C11, C12, dan C15 semuanya memiliki fmenggunakan chipset SoC Helio G35 yang sama dari MediaTek. Ini adalah chipset level pemula paling kuat di pasar, sehingga memberikan kinerja CPU dan GPU yang sangat bagus. Chipset ini bahkan masih nyaman untuk bermain game, berkat teknologi HyperEngine. Satu-satunya hal yang berubah di departemen perangkat keras perangkat ini adalah konfigurasi memori. realme C11, Anda hanya mendapatkan RAM 2GB dan penyimpanan internal 32GB, sedangkan dengan Realme C12 Anda bisa mendapatkan RAM 3GB yang tentunya lebih baik tidak hanya untuk pengguna tingkat lanjut tetapi juga untuk penggunaan sehari-hari. realme C15 hadir dengan RAM hingga 4GB dan RAM hingga 64GB dan ini mewakili opsi terbaik untuk pengguna yang kuat. Anda juga mendapatkan slot khusus micro SD, slot SIM ganda, dan Android 10 di luar kotak yang disesuaikan oleh Realme UI.

Kamera

Pengaturan kamera berubah tergantung pada modelnya, tetapi yang Anda dapatkan dengan yang lebih mahal adalah jumlah sensor yang lebih banyak. Memang kamera utamanya selalu bersensor 13 MP f / 2.2. Sedangkan realme C11, Anda hanya mendapatkan satu sensor kedalaman tambahan. Untuk realme C12, Anda mendapatkan dua sensor tambahan, termasuk sensor kedalaman 2 MP yang terdapat pada realme C11 dan kamera monokromatik 2MP. Dengan realme C15 Anda mendapatkan semua sensor ini ditambah kamera ultrawide 8 MP. Selain itu, memiliki kamera depan 8 MP yang lebih baik dari realme C11 dan C12. Jika Anda tidak peduli dengan bidikan ultrawide dan selfie, maka realme C11 dan C12 sudah cukup untuk Anda. Tetapi jika Anda memerlukan, Anda sebaiknya menggunakan realme C15.

Baca juga: realme Adakan Fan Fest Kedua dengan Tema Dare to be realme

Baterai

Dalam setiap kasus, kita berbicara tentang ponsel baterai yang luar biasa. Berkat baterainya yang besar, perangkat ini dapat bertahan dengan waktu yang lama dengan sekali pengisian daya. Tetapi realme C12 dan C15 lebih unggul dari realme C11 karena baterai 6000 mAh yang lebih besar (bukan 5000 mAh). Selain menawarkan baterai yang lebih besar dari realme C11, C15 juga hadir dengan fast charging 18W, yang tidak ada pada C11 dan C12.

Harga

Mengingat perangkat ini masih belum mendunia, kami hanya akan menyebutkan harga untuk pasar Indonesia. realme C11 berharga sekitar Rp 1 jutaan. realme C12 dihargai Rp 1,5 jutaan dan realme C15 berharga kisaran Rp 2 jutaan. realme C15 secara alami adalah yang terbaik, tetapi dengan realme C12 Anda dapat menghemat uang dengan sejumlah kompromi terbatas: Anda hanya perlu melepaskan dua sensor kamera, pengisian cepat, dan konfigurasi memori kelas atas. Kecuali Anda adalah pengguna yang benar-benar dasar, kami tidak merekomendasikan realme C11 karena hanya memiliki RAM 2 GB. Lebih lanjut, ini memiliki baterai yang lebih kecil.

 

 

Berita Lainnya

Leave a Comment