Home GadgetSmartphone realme C17 vs OPPO A53 vs Moto E7 Plus: Perbandingan Spesifikasi
realme C17

realme C17 vs OPPO A53 vs Moto E7 Plus: Perbandingan Spesifikasi

by Trendtech Indonesia

Trendtech, Jakarta – Tahun ini, Qualcomm hanya meluncurkan satu chipset level entry-level Snapdragon 460. Namun ini adalah chip yang sangat menarik dan mulai memberi daya pada beberapa ponsel level pemula yang diluncurkan.

Yang terbaru adalah realme C17 yang diluncurkan beberapa jam lalu dengan harga yang sangat terjangkau. Untuk memastikan apakah ini benar-benar ponsel entry-level paling menarik di luar sana, menurut kami ada baiknya membandingkan dengan perangkat lain yang ditenagai oleh chipset yang sama: Motorola Moto E7 Plus dan OPPO A53 . Mari kita temukan bersama mana yang terbaik dan mana yang membawa nilai uang tertinggi.

Baca juga: Review realme C17: Cuma Rp2 Jutaan Usung Layar 90Hz Plus Memory Internal 256GB

Desain

Perangkat terindah dari trio ini adalah OPPO A53. Sama seperti realme C17 (dan tidak seperti Motorola Moto E7 Plus yang hadir dengan takik tetesan air), kedua perangkat menampilkan tampilan punch-hole yang elegan. Namun lebih kompak dibanding realme C17, meski memiliki tampilan diagonal yang sama dan kapasitas baterai yang sama. Inilah alasan mengapa kami memilih OPPO A53. Tetapi Anda harus mempertimbangkan bahwa realme C17 menawarkan semacam perlindungan terhadap air karena memiliki port dan pengeras suara yang tertutup. Motorola Moto E7 Plus lebih jelek dan tebal, sehingga kehilangan daya saing pada desain.

Layar

Masing-masing perangkat ini dilengkapi dengan layar IPS dengan resolusi HD + di bawah rata-rata. realme C17 dan Oppo A53 sebenarnya lebih unggul karena menawarkan kecepatan refresh 90 Hz, bukan kecepatan refresh standar Motorola Moto E7 Plus. Antara realme C17 dan Oppo A53, perbedaan dalam hal kualitas tampilan hanya sedikit, jadi sebaiknya Anda tidak terlalu fokus pada tampilan saat membuat pilihan di antara kedua perangkat ini.

Spesifikasi & Perangkat Lunak

Seperti yang kami sampaikan di awal perbandingan ini, semua handset ini ditenagai oleh Snapdragon 460 yang merupakan chipset entry-level terbaru dari Qualcomm dan satu-satunya dari seri Snapdragon 4xx yang diluncurkan tahun ini. Motorola Moto E7 Plus kehilangan perbandingan karena penyimpanan asli eMMC dan RAM hanya 4 GB. Dengan realme C17 dan Oppo A53, Anda mendapatkan RAM hingga 6 GB dan penyimpanan internal 64GB buat Oppo A53,  tetapi realme versi Indonesia menggunakan penyimpanan internal 256GB yang selanjutnya dapat Anda kembangkan dengan micro SD. Keduanya hadir dengan perangkat keras yang persis sama dan perangkat lunak yang sangat mirip, namun dengan kekuatan memori internal kami memilih realme C17.

Kamera

Jika Anda mencari kualitas foto terbaik, maka Anda harus memilih Motorola Moto E7 Plus. Kamera utama terbaik menggunakan sensor 48 MP dengan aperture fokus f / 1.7. Dengan Motorola Moto E7 Plus, Anda dapat mengambil foto yang lebih baik di sebagian besar kondisi. Tetapi hanya memiliki satu sensor sekunder untuk info kedalaman. Jika Anda membutuhkan lebih banyak keserbagunaan, maka Anda harus menggunakan realme C17 karena menawarkan sensor ultrawide (tidak seperti Oppo A53 dan Moto E7 Plus) dan kamera makro khusus, selain sensor kedalamannya. Rajanya selfie adalah Oppo A53 berkat kamera depan 16 MP-nya.

Baca juga: Review realme 7: Ponsel Performa Terbaik di Segmen Rp 3 Jutaan

Baterai

Semua perangkat tersebut memiliki fitur baterai berkapasitas 5000 mAh yang sama, namun Motorola Moto E7 Plus memiliki daya tahan baterai yang lebih lama karena tidak memiliki fitur refresh rate yang tinggi. Di sisi lain, tidak ada pengisian cepat, seperti yang ada pada realme C17 dan Oppo A53.

Harga

realme C17, Oppo A53, dan Motorola Moto E7 Plus semuanya dijual dengan harga dibawah 3 jutaan. Perbandingan ini dimenangkan realme C17 karena memiliki fitur layar 90 Hz, konfigurasi memori yang lebih baik dari Moto E7 Plus, speaker stereo. Tetapi jika Anda membutuhkan perangkat yang lebih dekat dengan ponsel kamera, Anda harus memilih Moto E7 Plus dan kamera utama 48 MP atau Anda bisa memilih Oppo A53 yang memiliki kamera selfie.

Berita Lainnya

Leave a Comment