Home GadgetSmartphone Realme GT Neo 3 vs Redmi K50i: Perbandingan Spesifikasi
Realme GT Neo 3

Realme GT Neo 3 vs Redmi K50i: Perbandingan Spesifikasi

by Trendtech Indonesia

Trendtech, Jakarta – Beberapa hari yang lalu, ada tambahan baru untuk seri Redmi K50: kita berbicara tentang Redmi K50i, diumumkan pada 20 Juli dan diluncurkan di pasar India. Di sana, ia memiliki banyak saingan, dan salah satu yang paling penting pasti adalah realme GT Neo 3 . Sementara Redmi menawarkan nilai uang yang luar biasa, realme hadir dengan spesifikasi yang mencengangkan: sebagai contoh, ini adalah ponsel pertama di dunia dengan pengisian cepat 150W. Inilah perbandingan spesifikasi Redmi K50i dan realme GT Neo 3. Perhatikan bahwa Realme hadir dalam dua varian dengan baterai dan kecepatan pengisian yang berbeda: ada juga varian ponsel ini dengan pengisian cepat 80W dan baterai 5000 mAh.

Baca juga: 5 Alasan realme GT Neo 3 (150) 5G Nyaman Digunakan Traveling

Desain

Desain paling menarik dimiliki oleh realme GT Neo 3. Sama seperti kebanyakan ponsel seri GT lainnya, desainnya mengingatkan pada mobil sport, karena adanya garis-garis vertikal di sisi belakangnya. Tetapi juga hadir dalam pilihan warna tanpa garis-garis itu, bagi mereka yang menginginkan desain yang lebih sederhana. Saya pribadi menyukai modul kamera karena posisi sensornya. Selain itu, lebih tipis dan lebih ringan dari Redmi K50i: ketebalannya hanya 8,2 mm, sedangkan beratnya 188 gram. Last but not least, ia memiliki rasio layar terhadap tubuh yang lebih tinggi berkat kehadiran dagu yang lebih tipis di bawah layar. Kedua ponsel memiliki lubang punch yang ditempatkan di tengah yang menampung kamera depan, tetapi ada posisi yang berbeda untuk tombol fisik, dan tombol daya Redmi K50i berfungsi ganda sebagai pembaca sidik jari.

Layar

Tidak ada kekurangan jika kita berbicara tentang layar realme GT Neo 3 adalah pemenang yang jelas dari perbandingan ini. Kami hanya perlu mengatakan bahwa ini adalah satu-satunya dengan layar AMOLED yang memungkinkan kamu memahami mana yang terbaik, tetapi ini bukan satu-satunya aspek yang unggul. Unggulan realme mampu menampilkan hingga satu miliar warna dengan resolusi Full HD+ 1080 x 2412 piksel, kecepatan refresh 120 Hz, dan sertifikasi HDR10+. Selanjutnya, seperti yang telah disebutkan di bagian sebelumnya dari perbandingan ini, ia memiliki pembaca sidik jari dalam layar. Sayangnya, Redmi K50i memiliki layar LCD, jadi Anda seharusnya tidak mengharapkan warna-warna cerah dan hitam pekat seperti panel OLED. Namun layarnya masih bagus dengan diagonal 6,6 inci, resolusi Full HD+ 1080 x 2460 piksel, kecepatan refresh 144 Hz, sertifikasi HDR10, dan dukungan Dolby Vision. Perhatikan bahwa pembaca sidik jari layar dipasang di samping. Kedua handset memiliki speaker stereo, tetapi Redmi K50i adalah satu-satunya dengan jack audio 3,5 mm untuk earphone kabel.

Spesifikasi & Perangkat Lunak

Realme GT Neo 3 dan Redmi K50i ditenagai oleh platform seluler yang sama: Dimensity 8100 oleh MediaTek yang dibuat dengan proses produksi 5 nm. Prosesor ini adalah salah satu yang terbaik dari MediaTek tetapi bukan yang paling canggih, karena ada Dimensity 9000 dan Dimensity 9000+ dengan kinerja yang lebih tinggi. Arsitektur octa-core dari SoC ini terdiri dari empat CPU Cortex A78 yang berjalan pada frekuensi maksimal 2,85 GHz, empat CPU Cortex A55 dengan frekuensi 2 GHz, dan GPU Mali G610 MC6. Tetapi Realme GT Neo 3 memenangkan perbandingan perangkat keras karena hadir dalam konfigurasi memori yang lebih baik, karena menawarkan hingga 12 GB RAM dan hingga 256 GB penyimpanan internal UFS 3.1, sementara Anda bisa mendapatkan hanya RAM 8GB  dengan Redmi K50i. Kedua handset menjalankan Android 12 dengan antarmuka pengguna yang sangat disesuaikan di atas.

Kamera

Jika kamu mencari smartphone kamera asli, kamu harus memilih GT Neo 3. Ini memiliki kamera utama yang lebih baik, menggunakan sensor Sony IMX766 kelas unggulan dengan resolusi 50 MP dan dukungan OIS (sementara Redmi memiliki kamera midrange- kamera utama 64 MP). Sensor sekunder ponsel ini sama: lensa ultrawide 8 MP dan kamera makro 2 MP. Bahkan kamera depan tidak berubah: itu adalah kamera selfie 16 MP. Jadi yang membedakan hanya kamera belakang utama.

Baca juga: Mengulik Fungsi Triple Chip di realme GT NEO 3

Baterai

Redmi K50i memiliki baterai yang lebih besar dari realme GT Neo 3, dengan kapasitas 5080 mAh. Namun, varian 5000 mAh dari GT Neo3 menawarkan daya tahan baterai yang lebih lama dalam beberapa skenario karena ponsel ini memiliki layar AMOLED yang lebih efisien. Selanjutnya, pengisian daya lebih cepat berkat pengisian cepat 80W (bukan hanya 67W). Versi GT 150W mengisi daya lebih cepat berkat pengisian cepat 150W, tetapi memiliki baterai 4500 mAh yang lebih kecil.

Harga

Harga Redmi K50i di India adalah Rp 4,8 jutaan, sedangkan realme GT Neo 3 mulai dari Rp 6,9 jutaan. realme memenangkan perbandingan, tetapi Redmi memiliki nilai uang yang lebih tinggi. Mana yang akan kamu pilih?

Berita Lainnya

Leave a Comment