Home GadgetSmartphone realme Pad vs Xiaomi Mi Pad 5: Perbandingan Spesifikasi
realme Pad

realme Pad vs Xiaomi Mi Pad 5: Perbandingan Spesifikasi

by Trendtech Indonesia

Trendtech, Jakarta – Tidak seperti rumor sebelumnya, realme memutuskan untuk memulai debutnya di pasar tablet dengan meluncurkan varian dengan harga yang terjangkau. Inilah alasan mengapa perangkat ini tidak dapat bersaing dengan tablet Xiaomi terbaru: Mi Pad 5 dan Mi Pad 5 Pro. Memiliki spesifikasi yang lebih rendah, tetapi di sisi lain, itu termasuk dalam kisaran harga lain yang jauh lebih menarik. Banyak orang bertanya-tanya apakah mendapatkan realme Pad sudah cukup untuk kebutuhan mereka atau memilih perangkat canggih seperti Xiaomi Mi Pad 5 mungkin merupakan opsi yang lebih baik. Itu sebabnya kami memutuskan untuk membandingkan spesifikasi realme Pad dan Xiaomi Mi Pad 5.

Baca juga: Xiaomi Mi Pad 5 Pro vs Mi Pad 5: Perbandingan Spesifikasi

realme Pad

 

Desain

Mi Pad 5 memiliki desain yang lebih menarik karena hadir dengan rasio screen-to-body yang lebih tinggi. Layar menutupi sebagian besar panel depan, sedangkan realme Pad memiliki bezel yang lebih tebal. Di sisi lain, realme Pad lebih kompak, sehingga mungkin lebih menarik bagi mereka yang ingin menggunakannya dalam mobilitas. Ketebalannya bisa dibilang sama: 6,9 mm, sedangkan realme Pad lebih ringan dengan bobot 440 gram. Kedua tablet dibuat dengan bagian belakang aluminium dan bingkai aluminium, tetapi Mi Pad 5 menawarkan fitur tambahan yang membuatnya lebih mirip dengan PC. Anda dapat memasang keyboard ke Mi Pad 5 dan bahkan mendukung stylus untuk tulisan tangan dan menggambar, sementara Anda tidak mendapatkan fitur ini dengan realme Pad.

Layar

Baik realme Pad maupunĀ  Mi Pad 5 sama-sama dibekali layar IPS, namun panel IPS tablet Xiaomi lebih unggul dari realme Pad. Selain memiliki diagonal yang lebih lebar (11 inci vs 10,4 inci), ia mampu menampilkan satu miliar warna dan mendukung kecepatan refresh 120 Hz. Dan bukan hanya itu: ada juga sertifikasi HDR10 dan dukungan Dolby Vision untuk meningkatkan kualitas gambar. Mi Pad 5 memiliki panel IPS, tetapi kualitas gambarnya mendekati layar OLED. Bahkan resolusinya lebih tinggi (2K vs Full HD). Seperti yang telah disebutkan, layar Mi Pad 5 mendukung stylus, berkat digitizer aktif. realme Pad memiliki empat speaker stereo dan jack audio 3,5 mm, sementara Anda hanya mendapatkan empat speaker stereo dengan Mi Pad 5.

Spesifikasi & Perangkat Lunak

Jika Anda membutuhkan kinerja maksimal karena ingin menggunakan tablet dengan aplikasi berat atau untuk bermain game, Anda harus menggunakan Mi Pad 5. Ini didukung oleh platform seluler Snapdragon 860 yang termasuk dalam segmen kelas atas. dekat dengan Snapdragon 865 dalam hal kinerja CPU dan GPU. Chipset tersebut dipasangkan dengan RAM 6GB dan penyimpanan internal UFS 3.1 hingga 256GB. realme Pad cukup mengecewakan bagi pengguna bertenaga karena memiliki chipset Helio G80 kelas bawah, tetapi masih merupakan chipset yang bagus untuk pengguna rata-rata, dipasangkan dengan RAM hingga 4GB dan penyimpanan 64GB. realme Pad juga hadir dengan versi khusus Realme UI yang disebut Realme UI for Pad dan dioptimalkan untuk tablet, sedangkan Mi Pad 5 memiliki MIUI klasik yang juga dapat Anda temukan di ponsel Xiaomi. Perhatikan bahwa realme Pad memiliki varian 4G, sedangkan Mi Pad 5 hanya hadir dengan WiFi.

Kamera

Dengan Mi Pad 5, Anda mendapatkan kamera entry-level, tetapi ini adalah kamera yang lebih unggul dari realme Pad: kita berbicara tentang sensor belakang 13 MP yang mampu merekam video 4K. realme Pad memiliki kamera belakang 8 MP yang merekam video dalam resolusi 1080p pada 30 fps.

Baca juga: Redmi Note 10T 5G vs Realme 8 5G vs OPPO A54 5G: Perbandingan Spesifikasi

Baterai

Mi Pad 5 lebih besar, jadi Anda seharusnya sudah mengharapkan baterai yang lebih besar. Tablet ini memiliki baterai 8720 mAh dengan pengisian cepat 33W, sementara realme Pad hanya memiliki 7100 mAh dan pengisian cepat 18W, tetapi tetap memberikan daya tahan baterai yang baik.

Harga

Xiaomi Mi Pad 5 dibanderol dengan harga mulai Rp 4,3 jutaan di China, sementara realme Pad hanya dibanderol Rp 2,7 jutaan untuk varian dasarnya. Xiaomi Mi Pad 5 memenangkan perbandingan, tetapi jika Anda bukan pengguna yang kuat dan Anda tidak keberatan dengan kelebihannya, realme Pad mungkin cukup untuk Anda. Mana yang akan Anda pilih?

 

 

Berita Lainnya

Leave a Comment