Home GadgetSmartphone Redmi 9C vs Redmi 9A vs Redmi 9: Perbandingan Spesifikasi
redmi 9

Redmi 9C vs Redmi 9A vs Redmi 9: Perbandingan Spesifikasi

by Trendtech Indonesia

Trendtech, Jakarta – Xiaomi telah meluncurkan tiga ponsel entry-level di pasar global: Redmi 9, Redmi 9A, dan Redmi 9C. Ketiganya dijual dengan harga berbeda, tetapi semuanya harganya kurang dari Rp 2 jutaan dan ketiganya memiliki fitur mumupuni untuk segmennya.

Mengingat bahwa ketiganya memiliki harga yang berbeda dan ketiganya juga perangkat yang dirilis oleh Xiaomi, Anda mungkin mengerti bahwa mereka tidak pada tingkat yang sama. Tetapi banyak orang bertanya-tanya mana yang akan dibeli?

Baca juga: Redmi 9 Resmi Dirilis di Indonesia, Berapa Harganya?

Apakah pantas mengeluarkan lebih banyak uang untuk Redmi 9 atau lebih baik menyimpan uang untuk Redmi 9A / 9C? Perbandingan ini sedikit memberi gambaran sebelum Anda membeli.

Redmi 9

Desain

Redmi 9, 9A, dan 9C memiliki tampilan sport desain modern tetapi terbuat dari bahan yang murah. Mereka datang dengan bodi plastik dan tampilan tanpa batas termasuk notch. Redmi 9 terlihat lebih indah berkat warna gradiennya, tetapi Redmi 9A memiliki tampilan yang lebih minimalis berkat modul kameranya yang lebih kecil. Redmi 9 juga menawarkan kualitas bangunan yang lebih kokoh dengan panel depan Gorilla Glass 3. Meskipun memiliki tampilan diagonal yang sama, Redmi 9 bahkan lebih ringkas berkat bezel yang lebih tipis di sekelilingnya.

Layar

Redmi 9A dan Redmi 9C hadir dengan tampilan yang persis sama. Menggunakan panel 6,53 inci dengan teknologi IPS yang menawarkan resolusi 720p di bawah rata-rata. Redmi 9 jauh lebih baik karena menawarkan resolusi yang lebih tinggi dan tingkat detail yang lebih tinggi. Dengan resolusi Full HD+ 1080 x 2340 piksel. Dan sebenarnya tidak mudah untuk menemukan perangkat dengan layar Full HD+ di bawah harga RP 2 jutaan, bahkan dengan panel IPS. Redmi 9 jelas memenangkan perbandingan tampilan berkat resolusi yang lebih tinggi.

Spesifikasi & Perangkat Lunak

Redmi 9 menggunakan chipset yang jauh lebih kuat, Helio G80 octa-core berjalan pada frekuensi 2 GHz, dipasangkan dengan setidaknya RAM 3GB dan penyimpanan internal 32GB yang selanjutnya dapat Anda kembangkan dengan sebuah microSD. Medali perak jatuh ke Redmi 9C dengan Helio G35, sedangkan Redmi 9A memiliki Helio G25 yang lebih lemah. Perhatikan bahwa setiap SoC cukup bagus dalam hal kinerja, mereka bahkan bagus dalam bermain game. Namun ada celah penting antara Helio G80 dan G35. Redmi 9, 9A, dan 9C menjalankan Android 10 di luar kotak, disesuaikan dengan MIUI 12 baru.

Kamera

Redmi 9 memiliki pengaturan kamera paling lengkap termasuk quad-kamera belakang dengan sensor ultrawide termasuk dan kamera depan 8 MP. Sayangnya, Redmi 9C tidak memiliki sensor ultrawide, tetapi sebenarnya dilengkapi dengan sensor utama yang lebih baik yang menawarkan aperture fokus yang lebih terang untuk kualitas foto yang lebih baik dalam kondisi gelap. Meski begitu, ini masih merupakan kamera level pemula. Redmi 9A hanya memiliki satu kamera di belakang, jadi ini adalah kamera yang paling mengecewakan dan Anda tidak boleh menggunakannya jika Anda membutuhkan perangkat dengan kamera yang layak.

Baterai

Meskipun memiliki kapasitas baterai yang mirip dengan Redmi 9, Redmi 9A dan 9C yang lebih rendah menawarkan masa pakai baterai yang lebih lama dalam banyak skenario berkat resolusi layar yang lebih rendah. Dengan Redmi 9, Anda dapat mengisi daya dengan cepat, yang tidak ada pada dua saudara kandungnya. Perhatikan bahwa perangkat ini dilengkapi dengan baterai 5000 mAh, sehingga tidak cepat untuk mengisi penuh tanpa teknologi pengisian cepat.

Baca juga: Xiaomi Meluncurkan CPU Desktop Mini Ningmei CR100 dengan SoC Intel J4105

Harga

Ketiga perangkat memiliki harga di bawah Rp 2 jutaan, tetapi memang harga yang sedikit mahal adalah Redmi 9. Apakah layak menghabiskan lebih banyak uang untuk Redmi 9? Ya, jika kita bandingkan dengan Redmi 9C. Perangkat ini memiliki tampilan yang lebih baik, pengaturan kamera yang lengkap, dan departemen perangkat keras yang lebih baik. Tetapi Anda dapat menghemat sekitar Rp 500 ribuan dengan memilih Redmi 9A, yang mungkin menjadi pilihan terbaik bagi Anda jika Anda adalah pengguna pemula yang tidak peduli mengklik foto-foto hebat dan memiliki kinerja tercepat.

Berita Lainnya

Leave a Comment