Home GadgetSmartphone Redmi Pad vs Samsung Galaxy Tab A8: Perbandingan Spesifikasi
Redmi Pad

Redmi Pad vs Samsung Galaxy Tab A8: Perbandingan Spesifikasi

by Trendtech Indonesia

Trendtech, Jakarta – Jika kamu mencari tablet terbaik dengan harga sangat terjangkau, kamu musti menambahkan Redmi Pad ke dalam daftar belanja. Perangkat ini memulai debutnya beberapa minggu yang lalu, tetapi sudah menjadi salah satu tablet terbesar di segmen terjangkau. Tetapi apakah itu benar-benar yang terbaik yang dapat kamu temukan dalam hal rasio harga kualitas atau ada perangkat lain dengan nilai uang yang lebih baik? Salah satu cara terbaik untuk memahaminya adalah membandingkannya dengan tablet terjangkau lainnya yang dijual dalam kisaran harga yang sama. Salah satu yang paling dikenal pasti adalah Samsung Galaxy Tab A8 10.5 2021 yang dijual di pasar global sejak akhir tahun lalu. Berikut ini perbandingan spesifikasi Redmi Pad dan Samsung Galaxy Tab A8 10.5 2021.

Baca juga: Redmi Note 12 vs Redmi Note 11: Apa yang Berbeda?

Redmi Pad

Desain

Jika kamu membaca perbandingan lain yang dipublikasikan di Trendtech dalam beberapa hari terakhir, kamu mungkin tahu bahwa kami tidak terlalu menyukai desain Redmi Pad karena memiliki modul kamera yang besar. Samsung Galaxy Tab A8 10.5 menawarkan solusi yang lebih baik: memiliki kamera belakang yang ditempatkan langsung di bagian belakang, sehingga tampilan lebih minimalis. Namun, kami mengapresiasi Redmi Pad karena memiliki bingkai aluminium, sedangkan Samsung Galaxy Tab A8 memiliki desain full plastik. Jadi kurang bagus kalau soal build quality. Kedua tablet hadir dengan rasio layar terhadap bodi yang tinggi, dengan tampilan yang menutupi 80 persen panel depan. Sayangnya, mereka tidak memiliki pemindai sidik jari atau metode otentikasi lanjutan lainnya, tetapi mereka hanya datang dengan tombol fisik untuk volume dan tombol daya.

Layar

Salah satu keunggulan terpenting dari Redmi Pad adalah hadirnya layar yang lebih besar. Ini adalah layar dengan diagonal lebih dari 10,6 inci yang mampu menampilkan hingga satu miliar warna dengan resolusi Full HD+ 1200 x 2000 piksel, kecepatan refresh 90 Hz, dan kecerahan khas 400 nits. Selain hadir dengan akurasi warna yang luar biasa, ini memberikan pengalaman menonton yang lebih mulus daripada rata-rata berkat kecepatan refresh 90 Hz. Ini memiliki panel IPS, lebih dari cukup untuk semua orang dalam hal kualitas gambar. Layar Samsung Galaxy Tab A8 lumayan tapi tidak ada yang istimewa. Kita berbicara tentang panel LCD TFT dengan diagonal 10,5 inci dan resolusi Full HD+ 1200 x 1920 piksel. Teknologi TFT sebenarnya lebih rendah dari IPS, sehingga tidak memiliki peluang melawan Redmi Pad. Kedua tablet memiliki empat speaker stereo,

Spesifikasi & Perangkat Lunak

Pengaturan perangkat keras paling canggih dimiliki oleh Redmi Pad. Ini didukung oleh chipset Helio G99 oleh MediaTek, yang saat ini merupakan platform seluler 4G terbaik yang dirilis oleh pembuat chip ini pada tahun 2022. Ini adalah prosesor yang dibangun dengan proses produksi 6 nm dengan arsitektur octa-core yang terdiri dari dua CPU Cortex A76 yang berjalan pada kecepatan yang sama. frekuensi maksimum 2,2 GHz, enam CPU Cortex A55 yang berjalan pada 2 GHz, dan GPU Mali G57 MC2. Selain chipset, ada RAM hingga 6GB dan penyimpanan asli hingga 128 GB yang dapat diperluas dengan micro SD. Samsung Galaxy Tab A8 memiliki chipset Unisoc Tiger T618 yang lebih rendah dengan frekuensi maksimal 2 GHz, dipasangkan dengan RAM hingga 4GB dan penyimpanan internal 128GB dalam konfigurasi paling mahal. Redmi Pad menjalankan Android 12, sedangkan Samsung masih berbasis Android 11.

Kamera

Kamera belakang Redmi Pad dan Samsung Galaxy Tab A8 memberikan kualitas yang kurang lebih sama, tetapi Xiaomi yang satu ini memiliki kamera depan yang unggul dengan resolusi 8 MP, bukan hanya 5 MP.

Baca juga: Redmi Note 12 vs Note 12 Pro vs Note 12 Pro+: Perbandingan Spesifikasi

Baterai

Soal baterai, Redmi Pad menang lagi. Ini memiliki baterai yang lebih besar dan masa pakai baterai yang lebih lama, serta teknologi pengisian daya yang lebih cepat.

Harga

Samsung Galaxy Tab A8 mulai dari Rp 3,5 jutaan (sekarang tersedia dengan harga bekas yang jauh lebih murah), sedangkan Redmi Pad mulai dari Rp 3,9 jutaan. Redmi Pad memenangkan perbandingan ini.

Berita Lainnya

Leave a Comment