Home Review Review Poco X3 NFC: Jagoan Baru di Kelas 3 Jutaan
POCO X3 NFC

Review Poco X3 NFC: Jagoan Baru di Kelas 3 Jutaan

by Trendtech Indonesia

Trendtech, Jakarta – Sempat menghilang dalam waktu yang cukup lama, Pocophone yang merupakan sub-brand dari vendor ponsel ternama Xiaomi kembali menjajakan dirinya di pasar ponsel tanah air. Vendor ponsel yang sempat dianggap sebagai batu sandungan para vendor ternama ini kembali mencoba peruntungannya di pasar ponsel tanah air dengan mempersembahkan 2 smartphone terbarunya. Salah satu diantaranya adalah Poco X3 NFC.

Dipasarkan dalam 2 varian yang berbeda yakni versi RAM 6GB/64GB Rp 3.199.000 dan RAM 8GB/128GB yang dijual dengan harga Rp 3.499.000, kehadiran Poco X3 NFC di Indonesia cukup menarik perhatian pecinta ponsel tanah air. Bagaimana tidak, dengan harga yang ditawarkan smartphone ini menawarkan beragam fitur unggulan yang sangat menggoda mulai dari dukungan chipset terbaru besutan Qualcomm, teknologi fast charging yang cepat, kapasitas baterai yang besar, fasilitas fotografi yang lengkap hingga beragam fitur pendukung yang membuat perangkat ini sangat layak untuk dicoba.

Satu hal menarik lain yang juga hadir pada perangkat ini adalah material body yang menawan dibalut dengan tampilan desain yang elegan yang membuat perangkat ini bisa menjadi idaman bagi semua segmen pasar yang ada. Selain itu, perangkat ini juga sudah dibalut dengan panel layar berukuran besar dikelasnya yang bisa memanjakan pengguna dalam beraktivitas gaming, sosial media hingga menikmati konten multimedia.

Namun dengan beragam keunggulan yang dimiliki apakah perangkat ini benar-benar layak untuk dimiliki? Penasaran, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Desain

POCO X3 NFCSebelum membahas soal kinerja dan fotografi yang menjadi nilai jual utama dari perangkat ini, Trendtech ingin memulainya dari sisi desain yang ditawarkan. Meskipun perangkat ini memiliki ukuran body yang terbilang besar, namun perangkat ini masih bisa digunakan dengan menggunakan satu tangan saat digunakan untuk membalas chat atau berselancar di dunia maya. Sebagai informasi, Poco X3 memiliki lebar body mencapai 76,8mm dan panjang mencapai 165,3 mm. Tak hanya itu, perangkat ini memiliki ketebalan 9,4mm, So! cukup tebal menurut kami.

Bagi pengguna smartphone yang terbiasa menggunakan perangkat smartphone berukuran mungil dibutuhkan adapatasi agar lebih terbiasa menggunakan perangkat ini. Namun bagi pengguna yang sudah terbiasa menggunakan perangkat smartphone berukuran besar, hal ini sudah biasa dan pengguna bisa langsung beradaptasi menggunakan perangkat ini.

Meskipun memiliki ukuran body yang cukup besar, perangkat ini masih sangat nyaman untuk digunakan saat beraktivitas. Hal ini dikarenakan perangkat ini sudah dibalut dengan material body yang berkualitas tinggi. Tak hanya mengutamakan tampilan, fungsionalitas pada body yang ditanamkan juga terbilang sangat menarik.

Bagian utama pada perangkat ini sudah dibalut dengan kaca berukuran 6,67 inci dengan material kaca yang terbuat dari Corning Gorilla Glass 5. Sementara untuk bingkai di setiap sisinya dibalut dengan material alumunium yang memberikan perlindungan lebih baik jika perangkat ini terbentur saat digunakan. Sementara untuk bagian belakangnya, Poco X3 masih menggunakan material plastik dengan sentuhan glossy yang membuatnya tampil menawan dan elegan. Tak hanya menawarkan tampilan desain yang menawan, perangkat ini juga memiliki ketahanan terhadap debu dan percikan air berkat sertifikat IP53 yang dimilikinya.

Mengikuti tren ponsel masa kini, Poco menempatkan kamera depan di bawah layarnya. Sedangkan untuk kamera belakang memiliki desain melingkar dengan susunan kamera simetris. Sementara untuk sensor pemindai sidik jari ditempatkan pada sisi kanan perangkat di bawah tombol volume dan tombol power.

Berbicara soal paket penjualannya, Poco X3 sudah dilengkapi dengan aksesoris tambahan berupa charger, kabel data, clear case, pin ejector, buku panduan serta kartu garansi. Sementara untuk earphone tidak disertakan dalam paket penjualannya.

Layar 

POCO X3 NFCSalah satu keunggulan yang hadir pada Poco X3 NFC terletak di bagian layarnya. Tak hanya dibekali dengan panel layar berukuran besar berdimensi 6,67 inci perangkat ini juga dibekali dengan fitur canggih lainnya mulai dari resolusi layar FHD+ (1080x2400p) dengan tingkat kecerahan mencapai 450 nits dan sudah memiliki dukungan refresh rate 120Hz dengan touch sampling rate 240Hz serta fitur HDR10.

Tak hanya itu, layar yang tertanam juga sudah dilapisi kaca pelindung Corning Gorilla Glass 5. Nilai lebih yang hadir pada perangkat ini adalah penempatan kamera depan yang tampil kekinian. Dimana kamera depan sudah ditanamkan di bawah layar tepatnya di bagian tengah atas layar.

POCO X3 NFC

Penambahan fitur penting yang tertanam pada layar Poco X3 NFC ini memiliki fungsionalitas yang berbeda. Berbekal layar dengan teknologi refresh rate 120Hz memungkinkan perangkat ini dapat memainkan game dengan grafis beresolusi tinggi. Apiknya lagi, Xiaomi juga sudah memberikan opsi refresh rate yang lebih rendah untuk melakukan aktivitas biasa seperti sosial media ataupun sekedar browsing ringan.

Penggunaan refresh rate yang lebih rendah juga berimbas pada daya tahan baterai yang lebih lama. Tak hanya pengaturan secara manual, perangkat ini juga menyediakan mode dynamic Switch dimana refresh rate layar akan berubah secara otomatis menyesuaikan aktivitas pengguna.

Kinerja 

POCO X3 NFCBeralih ke sektor utama dari perangkat ini adalah dukungan prosesor yang ditanamkan. Poco X3 NFC menjadi perangkat yang sudah menggunakan chipset generasi terbaru keluaran Qualcomm yakni Snapdragon 732. Chipset ini merupakan seri paling terkini dari Snapdragon 7xx yang memiliki kinerja yang sangat baik dalam mendukung beragam aktivitas pengguna. Menariknya lagi Snapdragon 732G menawarkan kapasitas pemrosesan grafis yang kuat dan kemampuan komputasi AI yang canggih dengan teknologi proses 8nm dan chip octa-core yang membantu mencapai kecepatan jam 2,3GHz.

Tak hanya melulu soal kinerja, perangkat ini juga sudah dibekali dengan teknologi LiquidCool 1.0 Plus yang memiliki beberapa keunggulan  mulai dari pembuangan panas maksimum hingga 6℃. Selain itu, dengan teknologi ini memungkinkan pembuangan panas dari layar. Berbekal pipa penghantar panas tembaga membuat perangkat ini memiliki area pembuangan hingga 70% yang memungkinkan kinerja CPU menjadi dingin secra lebih cepat.

Untuk pasar ponsel tanah air, Poco X3 NFC hadir dengan dua pilihan memory internal dan RAM yang berbeda. Yakni versi RAM 6GB dengan memory internal 64GB dan RAM 6GB dengan memory internal 128GB. Beruntungnya, unit Poco X3 NFC yang penulis gunakan saat ini merupakan versi memory internal 128GB.

Spesifikasi Detail

Dengan kapasitas memory internal yang tersedia pengguna diberikan kenyamanan dalam menggunakan perangkat ini tanpa perlu kehabisan media simpan data. Game berkualitas tinggi yang membutuhkan kapasitas memory internal yang besar dapat diunduh dalam jumlah yang banyak. Selain itu, file foto dan video yang memiliki ukuran file yang besar dapat ditampung dalam jumlah yang banyak pula.

Tanpa banyak aksi, Trendtech langsung mengunduh aplikasi game populer seperti PUBG dan Asphalt 9. Seperti diketahui, kedua game ini memakan kapasitas memory internal hingga 4GB. Dengan dukungan prosesor paling update ditambah dukungan RAM besar kedua game ini dapat menampilkan tampilan grafis yang prima. Apalagi dengan kinerja layar yang dimiliki yang mampu menghasilkan refresh rate layar hingga 120Hz membuat game ini tampil smooth dengan detil yang lebih jelas dan tajam.

Tak sekedar menguji perangkat ini dengan memainkan game, Trendtech juga mengujinya dengan menggunakan aplikasi benchmark ternama. Hasilnya, skor benchmark yang didapatkan jauh diatas rata-rata ponsel dengan harga jual yang sama.

Berikut hasil skor benchmark di bawah ini:

AnTuTu v8 – 282948

Geekbench – 567 (Single-Core), 1787 (Multi-Core)

3DMark SSE – 2701 (OpenGL ES 3.1), 832 (Vulkan)

PCMark – 8429 (Work 2.0)

AndroBench – 506.53 MB / s (Seq. Read), 267.09 MB / s (Seq. Write).

Soal kinerja baterai yang dimilikinya, konsumen diberikan dengan dua opsi berbeda. Untuk mendapatkan daya tahan perangkat yang lebih lama dengan penggunaan ringan seperti berkomunikasi melalui aplikasi sosial media, menonton video ataupun menemani aktivitas kerja, opsi layar dengan frame rate rendah lebih dianjurkan. Namun untuk pengguna yang gemar bermain game yang menginginkan tampilan yang lebih tajam dan detil pengguna bisa mengaturnya dengan menggunakan refresh rate 120Hz dengan touch sampling rate 240Hz. Namun dengan penggunaan refresh rate yang tinggi berimbas pada daya baterai yang lebih boros.

Berbekal baterai berkapasitas 5160 mAh, Poco X3 NFC bisa digunakan seharian untuk aktivitas normal. Namun untuk aktivitas berat perangkat ini bisa digunakan hingga 9 jam. Tak hanya membekali perangkat ini dengan kapasitas baterai yang besar, Xiaomi juga telah mengkombinasikannya dengan fitur pengisian baterai berkecepatan 33W. Saat mencoba melakukan pengisian daya baterai tersisa 5%  dibutuhkan waktu kurang dari 65 menit untuk mencapai baterai 100%.

Kamera

POCO X3 NFCBerlanjut ke sektor fotografi, Poco X3 NFC menawarkan kualitas fotografi yang menawan dikelasnya. Mulai dari konfigurasi empat kamera belakang beresolusi tinggi hingga beragam fitur pendukung yang bisa memudahkan pengguna dalam mengeksplorasi momen penting baik aktivitas fotografi di dalam ruangan maupun di luar ruangan.

Kamera utama pada perangkat ini sudah dibekali dengan lensa 64MP dengan sensor Sony IMX 682 dengan aperture f/1,89 untuk mengabadikan momen penting dalam berbagai kondisi pencahayaan. Fitur autofokus cepat juga sudah tersedia pada perangkat ini untuk mendapatkan fokus yang lebih cepat saat membidik objek foto.

Interface dan Menu Kamera

Dari beberapa kali pengambilan foto menggunakan kamera utama Poco X3 hasilnya sudah sangat untuk ukuran ponsel sekelasnya. Hasil kamera outdoor terlihat lebih natural dengan tingkat kontras dan tone yang baik.

Outdoor

Outdoor

Sementara untuk 3 lensa tambahan yang hadir terbilang hanya untuk melengkapi tren ponsel masa kini. Meski begitu kualitas foto yang dihasilkan juga terbilang cukup baik.

64MP

Beralih ke kamera depan, Xiaomi sudah membekali perangkat ini dengan kamera selfie beresolusi 20MP. Beragam fitur yang bisa memaksimalkan hasilnya sudah disediakan secara lengkap mulai dari beragam filter menarik, AI dan HDR. Hasil kamera selfie yang didapat juga terbilang sangat baik terlebih lagi jika dilakukan pengambilan foto selfie di luar ruangan dengan kondisi pencahayaan yang baik.

Group Selfie

Koneksi 

POCO X3 NFCSoal konektivitas, Poco X3 NFC tak kalah menarik jika dibandingkan dengan smartphone flagship yang saat ini masih beredar. Sesuai dengan nama yang diusung, perangkat ini sudah dibekali dengan fitur koneksi NFC yang memberikan akses untuk dapat melakukan pembayaran virtual ataupun hanya sekedar mengecek saldo dompet digital pengguna.

Untuk mengakses jaringan data, Poco X3 NFC sudah dibekali dengan akses jaringan 4G LTE-A yang memiliki kecepatan tinggi. Selain itu, perangkat ini sudah dibekali Antena Penta untuk koneksi menghadirkan akses jaringan tanpa gangguan. Dengan tangkapan sinyal yang prima, memberikan kecepatan menangkap data menjadi lebih stabil saat digunakan bermain game, streaming video ataupuan aktivitas ringan lainnya.

POCO X3 NFC

Koneksi menarik lain yang juga tersedia pada perangkat ini adalah IR Blaster. Tak jauh berbeda dengan fungsi di perangkat Xiaomi lainnya, IR blaster tak hanya bisa digunakan untuk mentransfer file namun juga bisa difungsikan sebagai remote alat elektronik rumah seperti AC, TV dan yang lainnya.

Konektivitas lain yang juga hadir menghiasi perangkat ini antara lain WiFi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Bluetooth 5.1 hingga port USB Type-C.

Fitur Tambahan

POCO X3 NFCMelengkapi beragam fitur andalan yang telah tersedia, Poco X3 NFC juga sudah dibenamkan beragam fitur pendukung untuk menemani aktivitas pengguna mulai dari Radio FM, Game Turbo 3.0, Motor linier sumbu Z yang memberikan efek getaran 4D yang menawan saat perangkat ini digunakan untuk bermain game. Mulai dari game akselerasi, tembak-menembak, dan lari cepat semuanya memiliki pola getaran uniknya sendiri yang memberikan pengalaman baru dalam bermain game. Selain itu, perangkat ini juga sudah dibekali dengan speaker stereo ganda yang memberikan keluaran suara yang apik saat digunakan untuk mendengarkan musik ataupun bermain game.

Kesimpulan

POCO X3 NFCTampilan desain yang menawan yang dikombinasikan dengan kualitas layar yang prima membuat perangkat ini nyaman digunakan beraktivitas dalam waktu yang lama. Selain itu, kinerja perangkat yang prima dengan dukungan baterai berkapasitas besar serta kemampuan pengisian baterai super cepat memanjakan pengguna yang gemar bermain game maupun menikmati konten multimedia. Dengan harga jual hanya 3 jutaan, membuat perangkat ini sangat layak untuk dimiliki terutama bagi kaum rebahan dalam menemani aktivitas #dirumahaja.

Tak hanya dukungan hardware yang menawan, beragam fitur pendukungnya pun tak kalah menarik mulai dari koneksi, fotografi, hingga beragam fitur tambahan yang memanjakan pengguna saat beraktivitas.

Berita Lainnya

Leave a Comment