Home Review Review Realme 5 Pro : 48MP Quad Camera, Kenceng dan Tetap Murah
realme 5 Pro

Review Realme 5 Pro : 48MP Quad Camera, Kenceng dan Tetap Murah

by Trendtech Indonesia

Trendtech – Kejutan yang dihadirkan Realme terus berlanjut. Kali ini hadir untuk segmentasi harga Rp 3 jutaan yakni realme 5 Pro. Meski memiliki peningkatan fitur yang banyak akan tetapi harga yang ditawarkan masih terbilang terjangkau.

Untuk fitur, peningkatan yang paling menonjol pada kamera. realme 5 Pro adalah ponsel pertama dari banyak perangkat yang juga menggunakan empat kamera dengan kamera utama beresolusi 48MP dan tentunya ini akan menjadi standart baru buat realme ketika akan merilis perangkat barunya nanti.

Selain itu dapur pacunya, realme 5 pro mengalami peningkatan kinerja dengan menggunakan prosesor Snapdragon 712.

Dengan semua itu, kami pikir realme telah berhasil meluncurkan perangkat yang merupakan salah satu yang terbaik dikisaran harga tersebut.

Berikut ini Trendtech akan mengulas lebih mendalam Realme 5 Pro, cekidot ya!!

Desain

Realme 5 Pro Kali ini unit yang kami miliki,  realme 5 Pro dengan warna ‘Crystal Green’ yang mengingatkan kita pada salah satu kompetitornya. Mungkin! alasan kenapa mirip, karena tampilan belakang yang bertema ‘holographic gradient back’.

Ketika melihat dan memegang panel belakang ‘keren’ dengan pola desain seperti berlian yang merupakan variasi dari gradien yang biasanya kita lihat pada ponsel realme seri sebelumnya. realme mengatakan detail halus yang ada pada bagian belakang didapat melalui proses yang kompleks dan butuh 78 penyesuaian sehingga mendapatkan hasil yang sempurna.

Untuk materialnya, ponsel ini menggunakan sebagian besar terbuat dari polikarbonat dan memiliki lapisan Gorilla Glass 3+. Panel belakangnya halus dengan lekukan yang mulus di tepinya memastikan pegangan yang kuat. Meskipun tidak semewah realme X, akan tetapi ini juga tidak terasa murah kok!

Tampak samping kiri perangkat ini terdapat tempat penyimpanan SIM card dan tombol volume. Di sebelah kanan terdapat tombol daya. Tombol terasa tegas dan memiliki umpan balik sentuhan yang layak. Tidak seperti realme X, realme 5 Pro tidak memiliki mekanisme kamera pop-up akan tetapi menggunakan desain layar notch berbentuk ‘V’ kecil di bagian atas dan juga berfungsi sebagai tempat menyimpan kamera selfie.

Untuk bagian belakang ada empat kamera yang sedikit menonjol. Namun, dengan menggunakan case yang ada pada paket pembelian, meratakan bagian menonjol pada kamera. Hal ini juga yang membuat kami tidak pelu risau berlebihan.

Di sebelah kanan modul kamera belakang, ada sensor sidik jari kapasitif yang ditempatkan dengan tepat, cepat dan dapat diandalkan. Dan ya! Ponsel ini memiliki port pengisian daya bertipe-C.

Untungnya ponsel ini tidak licin sama sekali. Meskipun terlihat mengkilap, realme 5 Pro sangat mudah digenggam. Sisi bundar dan panel belakang melengkung membuatnya pas dengan nyaman di telapak tangan, menutupi ketebalan 8.9mm-nya. Beratnya 184g dan sebenarnya lebih kompak dari realme 5. Kami tidak mengalami kesulitan menggunakannya bahkan dengan satu tangan.

Layar

Realme 5 ProPada bagian depan tampak layar IPS yang cukup besar dengan dimensi 6,3 inci, dengan konsep Dewdrop Full Screen. Resolusi layar yaitu FullHD+ 2340 x 1080p, dengan rasio layar sebesar 90,6%. Layar realme 5 Pro memiliki tingkat kecerahan sekitar 450 nits, yang tentunya memiliki visibilitas yang cukup baik meskipun di kondisi terang. Di bagian atas notch terdapat kamera selfie dan juga grill speaker.

Pada tingkat kecerahan maksimum juga cukup memadai, Layar dapat membawa keterbacaan dibawah cahaya matahari. Demikian pula, kecerahan minimum juga cukup bagus untuk digunakan dalam kondisi gelap.

Sedangkan untuk perlindungan, realme 5 pro menggunakan Gorilla Glass 3+. Pada paket perangkat juga sudah menggunakan pelindung layar. Ada pelindung layar plastik sederhana pra-diterapkan dengan ponsel yang selalu dihargai.

Interface

Realme 5 ProRealme 5 Pro menjalankan Color OS 6  yang di kombinasikan dengan Android 9.0. Interface yang sudah biasa kita lihat pada realme X, 3 dan 3 Pro. Seperti diketahui Color OS 6 umumnya berputar di sekitar skema warna terang dengan menu pengaturan menggunakan latar belakang putih dengan aksen dan gradien warna terang.

Untuk mendaftarkan sensor finger print memerlukan beberapa langkah, tetapi ini bukan masalah besar untuk meluangkan waktu untuk mendaftarkannya. Seperti diketahu Sensor selalu aktif dan setelah dikenali membuka kunci ponsel dalam sekejap. Anda juga dapat menggunakan ‘Face Unlock’ sebagai tambahan keamanan

Lalu ada Game Space yang memungkinkan Anda untuk memilih sendiri notifikasi mana yang harus dimatikan ketika Anda bermain game dan Anda tidak ingin diganggu.

Realme juga menyediakan aplikasi multimedia dasar seperti galeri, pemutar Musik. File manager juga merupakan bagian dari paket, dukungan radio FM dan aplikasi juga tersedia.

Performa

Realme 5 Pro dengan chipset Snapdragon 712 AIE. Chipset ini dibuat dengan kecepatan 10 nm, menghasilkan efisiensi dan daya pemrosesan yang lebih tinggi dibandingkan ponsel lain di segmen harga ini. Menariknya, SD 712 secara performa seharusnya 10% lebih kuat dari SD 710 yang memberi kekuatan pada Realme X, yang jauh lebih mahal.

Untuk penggunaan reguler termasuk media sosial, multi-tasking, telepon dan SMS, dll., Realme 5 Pro tidak pernah mengalami kesusahan. Setiap aksi biasanya dilakukan dengan cepat, hanya sedikit terhambat oleh animasi yang tidak terlalu lancar. Snapdragon 712 dipasangkan dengan RAM LPDDR4X hingga 8GB dan penyimpanan UFS 2.1 yang bekerja bersama-sama untuk meningkatkan kinerja dan mengurangi waktu pembukaan aplikasi.

Sedangkan untuk bermain game seperti PUBG, realme 5 Pro dengan Snapdragon 712 AIE mampu memberikan frame-rate yang konsisten dan stabil, dengan rasa panas pada perangkat yang minimal. Hal ini bertolak belakang dengan beberapa perangkat yang pernah kami coba dengan kisaran harga yang sama. Dipastikan Realme telah melakukan optimalisasi yang stabil.

Secara keseluruhan, realme 5 Pro memberikan hasil yang luar biasa bagus untuk kinerja di semua bidang dan menawarkan banyak hal yang disarankan. Memiliki GPU yang benar-benar kuat, sementara kekuatan CPU-nya lebih dari cukup untuk penggunaan sehari-hari seperti menggunakan aplikasi apa saja  atau game apa pun yang Anda jalankan.

Baterai

realme 5 Pro memiliki baterai 4.035mAh yang akan memberikan masa pakai baterai yang hebat bila dikombinasikan dengan fitur optimalisasi bawaan ColorOS. Untungnya, VOOC 3.0 Flash Charge juga hadir di sini yang mengisi daya baterai ponsel pada 20W, menjadikannya dari 0 hingga lebih dari 50% hanya dalam waktu 30 menit. Tidak seperti pendahulunya, realme 3 Pro, pengisian daya dilakukan melalui USB Type-C. Kami bisa mendapatkan 6-7 jam screen-on-time dengan penggunaan ringan.

Kamera

Realme 5 ProKamera utama menggunakan sensor 48MP dari Sony – IMX 586. Ini adalah sensor yang dioptimalkan untuk pemotretan siang hari (dengan mode HDR) dan fotografi cahaya rendah (mode Nightscape). Sensor yang sama ini digunakan di realme X.

Untuk kamera ultrawide 119 derajat terbilang baru untuk realme. Menggunakan sensor 8MP dengan aperture f / 2.2. Ada koreksi distorsi otomatis diterapkan bila perlu.

Lalu ada kamera makro 2MP (sensor cukup besar, 2,0μm). Lensanya dapat fokus dari jarak sejauh 4cm, sehingga Anda dapat benar-benar dekat dengan subjek Anda. Oh ya…sekedar informasi kamera makro dan kamera ultrawide tidak dapat merekam video ya!

Untuk lensa keempat disebut ‘Potrait Camera’ dengan sensor 2MP, bukan hanya sensor kedalaman. Ini tentu membantu dengan rendering bokeh.

Kamera juga menawarkan teknologi AI – Anda akan melihat ikon kecil dilayar ketika Anda sedang mengambil objek, dan perangkat lunak akan menyesuaikan semua pengaturan sesuai dengan warna aslinya. Makanan, salju, hewan peliharaan, matahari terbenam, rumput, di antara adegan-adegan lain, sebagian besar terdeteksi dengan benar.

Realme 5 ProPada kamera juga terdapat tiga mode utama – Foto, Potret dan Video – dan Anda dapat menggesek di antaranya. Beralih Chroma Boost berada di ujung jendela bidik, disertai dengan ikon ultrawide, HDR, dan pengaturan blitz. Chroma Boost adalah mode HDR canggih, yang menumpuk beberapa gambar dan menawarkan peningkatan lebih lanjut dalam rentang dinamis dan kadang-kadang  saturasi warna yang lebih baik.

Ada juga menu yang tersembunyi pada garis tumpuk tiga,  dengan beberapa mode pemotretan lainnya seperti pilihan 48MP Ultra Picture, Nightscape, Ultra macro, Expert (pengaturan manual), Pano, Time-lapse, dan Slow-mo. Ada juga zoom toggle switching antara 1X, 2X, dan 5X, tetapi hanya melakukan pembesaran digital karena tidak ada lensa telefoto pada Realme 5 Pro.

Dalam mode ‘Expert’ Anda dapat mengubah pencahayaan (ISO dalam kisaran 100-6400 dan kecepatan rana dalam kisaran 1/8000s-16s), white balance (berdasarkan suhu cahaya, tetapi tanpa preset), fokus manual (dalam 0 hingga 1 secara acak unit dengan 0 fokus dekat dan 1 menjadi tak terbatas) dan kompensasi eksposur (-2EV hingga + 2EV dalam peningkatan 1/6EV).

Kamera Depan

Realme 5 ProRealme 5 Pro memiliki kamera selfie 16MP f / 2.0 yang sama dengan Realme X. Di sisi perangkat lunak, ada segala macam opsi peningkatan kecantikan seperti perataan warna kulit dan pembesaran mata dan penipisan wajah, dll.

Ketika cahaya berlimpah, telepon menjaga ISO tetap di atas dan Anda akan mendapatkan selfie yang sangat detail dan tajam.

Anda juga dapat menggunakan mode potret untuk selfie. Yang menggunakan resolusi 8MP bukan 16MP, dan ternyata cukup bagus. Ponsel ini melakukan pekerjaan yang bagus dengan pemisahan subjek dan kami cukup puas dengan potongan yang rapih.

Rekaman video

Realme 5 ProRealme 5 Pro hanya merekam video dengan kamera utamanya (48MP). Untuk merekam video hingga 4K pada 30fps dan ada 1080p pada 30fps dan 60fps dan pilihan 720p pada 30fps dan 60fps . Tidak disebutkan tentang stabilisasi video di menu atau jendela bidik, tetapi Realme menyebutkan EIS dalam spesifikasi ponsel.

Kesimpulan

Saat kami memulai review ini, kami mengharapkan hasil yang mengesankan dan kami mendapatkannya di realme 5 Pro. Mulai dari desain yang terus berevolusi menjadi lebih baik dan kami sangat menyukai bentuk realme baru ini. Kami hanya khawatir, realme akan bertarung dengan beberapa seri terbaru yang dikeluarkannya seperti realme XT yang baru saja diluncurkan.

Meski menawarkan harga yang lebih mahal, realme XT menawarkan Anda layar AMOLED dengan sensor sidik jari dalam layar. Dan yang pasti menggiurkan menawarkan kamera 64MP.

Sedangkan factor external sudah pasti ada Redmi Note 8 yang juga baru diluncurkan dengan harga yang bersaing. Note 8 memiliki layar yang hampir sama, ditenagai oleh chip Snapdragon 665, dan mengemas kamera quad yang sama di belakang.

Akan tetapi jelas Realme 5 Pro ini adalah tawaran luar biasa dengan layar yang bagus, perangkat keras yang kuat, dan satu kamera serbaguna yang sangat mumpuni. Masa pakai baterai juga sangat baik. Dan tentunya harga yang sangat bersahabat.

 

Kelebihan Kekurangan
  • Desain Menakjubkan
  • Daya tahan baterai luar biasa
  • Performa cepat, bagus untuk bermain game
  • Kamera utama mengambil gambar berkualitas tinggi siang dan malam
  • Kualitas video yang mengesankan pada semua resolusi
  • Mode Nightscape kurang menggembirakan
  • Bodi mudah baret

Berita Lainnya

Leave a Comment