Home Review Review Redmi Note 8 Pro : Ponsel Pertama dengan Kamera 64MP
Redmi Note 8 Pro

Review Redmi Note 8 Pro : Ponsel Pertama dengan Kamera 64MP

by Trendtech Indonesia

Trendtech – Xiaomi meluncurkan ponsel flagship Redmi Note 8 Pro beberapa waktu lalu. Perangkat ini diklaim sebagai ponsel dengan kamera berlensa 64 MP pertama di dunia.

Ini mungkin produk yang paling ditunggu-tunggu oleh Mi Fans. Pasalnya, selain kamera yang di unggulkan ponsel ini menggunakan chipset Mediatek Helio G90T yang disertai GPU Mali-G76 MC4 yang memiliki kinerja luar biasa di kelas menengah.

Dengan membawa keunggulan di sektor kamera dan Chipset, Redaksi Trendtech akan mengupasnya secara terpampang nyata ponsel asal China ini.

Berikut penjelasan harga, Redmi Note 8 Pro yang dibandrol Rp 3.099.000 untuk 6GB/64GB dan 3.499.000 untuk 6GB/128GB.

Desain

Redmi Note 8 ProRedmi Note 8 Pro memiliki desain simetris yang sangat berkelas, penempatan Quad kamera tepat berada di tengah, sangat jarang digunakan di industri smartphone. Layarnya juga memiliki 91.4% rasio screen-to-body menjadikan smartphone ini memiliki tampilan yang immersive dari seri Redmi Note yang pernah ada.

Dengan bezel samping berukuran 1,8mm dan bezel atas 2,05mm serta mengurangi ketebalan bezel bawah dengan teknologi chip-on-film menjadikan Redmi Note 8 Pro salah satu smartphone yang memiliki bezel yang ramping dan tipis yang pernah dibuat oleh Xiaomi.

Ukuran layar 6.53 inci dengan tampilan Dot Drop, pencerahan 500 nit, akurasi warna yang baik dengan 84% NTSC color gamut serta tersertifikasi oleh TUV Rheinland.

Redmi Note 8 Pro memiliki ketahanan yang luar biasa, karena diproteksi dengan teknologi Corning Gorilla Glass 5 di bagian depan dan belakang, bagian sudut belakang smartphone ini juga menggunakan lengkungan 3D di keempat sudutnya serta teknik pelengkungan G3 sehingga sangat nyaman digenggam.

Fitur – fitur favorit juga disematkan seperti USB Type C, 3,5mm Headphone Jack serta IR Blaster dan khusus untuk Indonesia, Redmi Note 8 Pro juga dilapisi dengan teknologi P2i nano-coating dan segel kedap air pada bagian tombol dan port.

Baca juga : Review Redmi Note 8 : Terbaik di Segmen Rp 2 Jutaan

Display

Redmi Note 8 Pro Redmi Note 8 Pro memiliki layar notch berbentuk tetesan air dengan ukuran 6.53 inci dengan resolusi FullHD + dan rasio aspek 19,5: 9 yang tinggi. Layar memiliki bezel minimal di sekitarnya dan dagu bagian bawah juga tampak sedikit lebih tipis daripada yang Anda lihat pada produk lain di segmen yang sama.

Layar responsif dan cukup cerah untuk dapat dibaca di bawah sinar matahari langsung. Meskipun merupakan panel LCD, layar ini mendukung HDR dan memiliki kontras dan jangkauan dinamis yang layak.

Redmi Note 8 Pro

Sertifikasi Widevine L1 pada ponsel ini membuatnya kompatibel dengan streaming video definisi tinggi dari platform over-the-top seperti Netflix. Selain itu, dukungan HDR membuat layar cocok tidak hanya untuk konsumsi multimedia tetapi juga game yang kompatibel – sesuatu yang sangat disukai penggemar video dan game.

Kinerja

Redmi Note 8 Pro Xiaomi Redmi Note 8 Pro adalah smartphone pertama di Indonesia yang menggunakan prosesor MediaTek Helio G90T yang baru. Untuk produk yang kami review adalah varian tertinggi yang memiliki RAM 6GB dan penyimpanan 128GB.

Tentu saja, kami ingin tahu bagaimana jika dibandingkan dengan saingannya Snapdragon. Kami tidak melihat adanya kelambatan atau leg pada perangkat ini saat mengalami beban berat. Ponsel ini mampu meluncurkan aplikasi dengan cepat, dan 6GB RAM memastikan bahwa smartphone dapat melakukan banyak tugas tanpa harus mematikan aplikasi di latar belakang.

Kami menemukan pemindai sidik jari untuk membuka kunci ponsel cerdas dengan cepat. Pengenalan wajah juga tersedia dan hanya perlu sekilas untuk membuka kunci Redmi Note 8 Pro. Layar menjadi cukup terang di luar ruangan, dan pengeras suara cukup keras untuk menikmati konten musik dan video.

Kami menjalankan serangkaian tolok ukur standar pada perangkat untuk mengukur kinerjanya. Di AnTuTu, Redmi Note 8 Pro berhasil mencatat skor 280.913 yang lebih tinggi dari 214.687 yang dicetak oleh Redmi K20 dengan Snapdragon SoC-nya. Redmi Note 8 Pro juga kami ukur menggunakan benchmark Geekbench dengan skor 496 dan 1597 untuk pengujian single-core dan multi-core. Skor ini lebih tinggi daripada Snapdragon 730 SoC, dan mendekati nilai Snapdragon 730G. Dalam tolok ukur grafis, Redmi Note 8 Pro masing-masing mengelola 49fps dan 10fps di masing-masing tes T-Rex dan Car Chase dari GFXBench.

Kami tidak dapat melakukannya tanpa menguji game di ponsel yang menawarkan prosesor yang dioptimalkan untuk permainan, jadi kami memainkan PUBG Mobile dan Call of Duty Mobile untuk mengukur kinerja. PUBG Mobile secara default ke High preset dengan grafik diatur ke HD dan frame rate diatur ke High. Ponsel berhasil menjalankan game pada pengaturan ini tanpa masalah.

Kami memainkan permainan selama 36 menit dan melihat daya baterai habis hanya 12 persen. Redmi Note 8 Pro terasa hangat di akhir sesi permainan ini. Kami mengatur grafik hingga HDR dan frame rate ke Ultra, dan smartphone dapat menjalankan game pada pengaturan ini tanpa protes. Namun, menjadi agak panas setelah bermain selama 20 menit di pengaturan ini.

Akan tetapi berkat teknologi LiquidCool, yang berfungsi menurunkan temperatur chipset 4 derajat celcius hingga 6 derajat celcius. Dengan kemampuan ini, Redmi Note 8 Pro bisa digunakan lebih lama tanpa khawatir perangkat menjadi panas berlebihan. Dengan teknologi LiquidCool, Redmi Note 8 Pro mampu mempertahankan kinerja puncaknya untuk periode waktu yang lebih lama.

Ponsel ini juga memiliki desain antena yang berbeda pada umumnya dengan fungsi dari WiFi X Antenna ini menjamin koneksi WiFi yang tetap stabil dengan walaupun kondisi penggenggaman berubah – ubah pada saat digunakan untuk bermain game maupun kegiatan lainnya.

Redmi Note 8 Pro

Redmi Note 8 Pro merupakan seri Redmi Note pertama yang menggunakan fitur NFC, sehingga pengguna dapat mudah untuk melakukan pengecekan saldo serta isi ulang uang elektronik. Fungsi lain dari NFC adalah sebagai koneksi untuk mempermudah pengalaman berbagi foto serta multimedia.

Baca juga : Xiaomi Siap Gelar First Sale Redmi Note 8 Pro

Baterai

Redmi Note 8 Pro Daya tahan baterai cukup baik pada Redmi Note 8 Pro jika Anda mempertimbangkan jenis kinerja yang dipakainya. Baterai 4,500mAh pada perangkat ini menyala selama sekitar 14 jam dalam uji berulang ulang nonton video HD.

Dengan penggunaan sehari-hari yang kami lakukan, yang terdiri dari akun WhatsApp aktif, mengambil beberapa sampel kamera, dan memainkan PUBG Mobile dan Call Of Duty Mobile, kami mendapatkan sisa 40 persen pada akhir malam harinya . Xiaomi mengirimkan pengisi daya 18W ke dalam kotak yang mengisi baterai besar hingga 32 persen dalam 30 menit dan menjadi 62 persen dalam satu jam.

Kamera

Redmi Note 8 Pro Kamera utama Redmi Note 8 Pro memiliki 64MP Ultra-High resolution yang mampu menghasilkan gambar yang lebih besar dengan detail yang bagus. Hasil foto 64MP juga sama dengan 25 tampilan FHD+ smartphone atau 7.73 tampilan 4K dan 1.92 tampilan 8K menandakan bagaimana hasil foto tersebut sangat detail dari yang anda pernah bayangkan.

Tak hanya foto kamera ini juga mampu menangkap detail dengan slow-motion video di 960 FPS. Selain kamera utama 64MP, smartphone ini dilengkapi dengan kamera ultra-wide 8MP dengan bidang pandang 120°, kamera makro 2MP, dan sensor kedalaman 2MP, menjadikannya kamera smartphone paling serbaguna yang pernah ada.

Untuk menjadikan hasil foto yang terbaik, Redmi Note 8 Pro mengkombinasi keunggulan hardware dan software menjadi satu dengan menghadirkan fitur AI skyscaping. Fungsi menarik dalam kecanggihan AI skyscaping yaitu memudahkan pengguna dengan satu klik mengganti tampilan langit foto landscape sesuai keinginan.

Pada malam hari, kinerja kamera utama mampu menghasilkan foto yang tampak lembut, memperlihatkan rentang dinamis yang bagus dalam menangkap detail dengan noise yang minimal. Warna sangat mencolok dan kontrasnya menyenangkan. Mode 64MP masih dapat digunakan bahkan jika tidak ada cukup cahaya. Algoritma HDR melakukan pekerjaan yang lebih baik dalam mode 64MP. Kamera ini mampu meningkatkan area utama gambar tanpa berlebihan dan tidak wajar.

Dibagian depan memiliki 20MP kamera selfie dengan dukungan Ai. Mode nya juga beragam seperti AI Beautify untuk memaksimalkan dan mencerahkan warna kulit, AI portrait selfies menghasilkan kedalaman foto serta mode lain seperti AI scene detection, AI face unlock, panorama selfies dan juga palm shutter.

Kamera selfie tunggal menghasilkan bidikan tajam pada siang hari tetapi kami menemukan kontrasnya agak sedikit ditingkatkan. Anda memang memiliki pilihan untuk mengambil potret selfie, dan ini menunjukkan pemisahan yang baik juga. Selfie yang diambil dalam cahaya rendah memiliki detail sedikit lebih rendah tetapi layak untuk langsung masuk ke media sosial.

Kesimpulan

Redmi Note 8 Pro Dengan harga Rp 3.499.000 (6GB / 128GB) yang kami review. So! pastinya ini adalah ponsel paket lengkap dengan kekuatan serba lengkap. Dari layar HDR yang mumpuni hingga kinerja yang luar biasa dengan chipset terbarunya. Menurut kami Redmi Note 8 Pro kembali mematok standart yang sangat tinggi untuk ponsel kelas menengah. Apalagi dengan kehadiran Kamera pertama di Indonesia dengan lensa 64MP sudah pasti menjadi daya tarik untuk konsumen Indonesia.

Untuk sedikit kekurangan, lagi-lagi ini yang terus kami perhatikan, kejengkelan kami pada system operasi yang banyak iklan dan aplikasi. Meski interfacenya kami  sudah bahas sebelumnya di review Redmi Note 8. SO! Terlepas itu semua kami sangat merekomendasikan ponsel ini buat penggemar kamera yang ingin merasakan kekuatan 64MP dan para Gamer karena performa chipset luar biasa. Sekali lagi kami ingin mengatakan ini adalah ponsel paket lengkap buat kelas menengah.

 

Kelebihan Kekurangan
  • Kualitas desain premiumi
  • Layar HDR
  • Kamera serbaguna
  • Performa luar biasa
  • Baterai 4,500 mAh.
  • Headphone jack dan IR blaster
  • NFC
  • Kadang hangat saat bermain game
  • Interface masih jadi sorotan karena penuh iklan

 

Berita Lainnya

Leave a Comment