Home Review Review Samsung Galaxy M33 5G: Smartphone Tangguh Buat Harian
Samsung Galaxy M33 5G

Review Samsung Galaxy M33 5G: Smartphone Tangguh Buat Harian

by Trendtech Indonesia

Trendtech – Konsumen Indonesia sering membentuk opini tentang ponsel bagus adalah ponsel yang  diatas kertas  memiliki spesifikasi yang terbaik sesuai segmentasinya. Samsung mungkin memahami itu dan memperkenalkan seri Galaxy M-nya, pada tahun 2019, dengan strategi yang persis sama. Untuk menawarkan spesifikasi terbaik dengan harga terbaik.

Sejak seri Galaxy M diperkenalkan di Indonesia, kami telah melihat sejumlah model di berbagai segmen harga. Salah satu penawaran terbaru dalam jajarannya adalah Galaxy M33 5G yang juga hadir dengan dukungan 5G.

Samsung Galaxy M33 5G mulai dari Rp 3,9 jutaan untuk varian dasar 6/128GB dan Rp 4 jutaan untuk model penyimpanan 8/128GB.

Kami telah menggunakan Samsung Galaxy M33 5G selama hampir 14 hari sekarang dan pertanyaannya sekarang adalah apakah ini salah satu ponsel terbaik yang tersedia di bawah harga Rp 4 jutaan? (kami gunakan varian 8/128GB Kedua, haruskah pengguna Galaxy M32 5G melakukan upgrade? Mari cari tahu jawaban atas semua pertanyaan ini.

Desain

Samsung Galaxy M33 5GBuat kami Samsung Galaxy M33 5G terlihat bagus dan bersih tetapi tidak terlalu unik. Ini menawarkan modul kamera berbentuk persegi biasa di bagian belakang dan waterdrop notch di bagian depan. Desain keseluruhan terinspirasi oleh Galaxy M32. Smartphone datang dalam warna biru dan hijau.

Meskipun desainnya agak membosankan, kami suka bagaimana panel belakang yang mengkilap tidak mencatat sidik jari bahkan ketika tangan saya berkeringat.

Faktor bentuk cukup bagus, menurut kami. Sangat nyaman untuk bermain game, menonton video, mengetik pesan, atau menulis email. Nilai plusnya lagi karena sekarang hanya memiliki kapasitas baterai 5000 mAh maka bentuknya lebih langsing dan tentunya ringan juga 198 gram.

Satu kekurangannya adalah panel plastik di bagian belakang. Sebagian besar merek di segmen harga ini menawarkan material kaca, jadi tidak ada di Galaxy M33 5G. Tapi bagusnya, panel plastiknya tidak terlihat murahan. Pemolesan di bagian atas tidak hanya membantu menghilangkan noda sidik jari, tetapi juga membuat ponsel ini terlihat gaya dan mahal pada saat yang bersamaan. Bahkan bingkai yang kami inginkan terbuat dari logam dan bukan plastik.

Sensor sidik jari adalah bagian dari tombol daya dan bekerja secara akurat yang letaknya ada disebelah kiri. Bagian bawah ada jack headphone 3,5mm, dan terdapat dual-SIM dengan dukungan slot microSD 1TB.

Ketika kami membuka kotaknya, kami tidak akan menemukan pengisi daya kali ini. Pengguna yang menginginkannya harus menggunakan yang sudah mereka miliki atau membelinya secara terpisah. Untungnya, spesifikasi pengisian daya untuk Galaxy M33 5G hanya 25W. Karena itu, mudah untuk menemukan pengisi daya terjangkau yang kompatibel.

Meskipun desainnya adalah campuran (plastik dan logam), Galaxy M33 5G menawarkan desain yang luar biasa. Ini adalah salah satu smartphone yang solid dan terasa kokoh di tangan. Kami menggunakan smartphone tanpa casing dan mampu menangani penanganan yang kasar. Tidak banyak goresan pada layar atau panel belakang yang tercatat bahkan setelah 14 hari penggunaan perangkat secara berkelanjutan.

Layar

Samsung Galaxy M33 5GMeskipun Samsung Galaxy M33 5G tidak menawarkan panel AMOLED, layar yang ami rasakan masih cukup terang di bawah terik matahari. Menampilkan layar Full HD+ 6,6 inci dengan kecepatan refresh 120Hz, dan perlindungan Corning Gorilla Glass. Ada waterdrop notch di bagian atas, bezel juga cukup tipis di bagian samping.

Kami sendiri tidak suka layar smartphone terlalu terang, jadi tingkat kecerahan 60 persen cocok untuk kami di pagi hari. Namun, sekitar pukul 1 siang, di bawah terik matahari, kecerahan layar harus maksimal agar terlihat jelas. Itu semua bisa diatur secara automatis dengan fitur Adaptive Brightness.

Galaxy M33 5G menawarkan pengalaman multimedia yang layak. Baik untuk menonton video di Netflix atau YouTube atau bahkan Instagram dan Twitter. Layarnya cukup terang pada 60 persen dan warnanya tampak mencolok. Sudut pandangnya juga cukup lumayan.

Smartphone ini juga menawarkan kecepatan refresh layar 120hz pada segmen harga ini. Ini terlihat bagus di atas kertas tetapi tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan dalam penggunaan kehidupan nyata.

Performa

Samsung Galaxy M33 5GSamsung Galaxy M33 5G ditenagai oleh Exynos 1280 SoC dan mendukung 12 Band 5G. Hadir dengan RAM 8GB dan 128GB penyimpanan internal. Ada dukungan RAM Plus yang dapat diupgrade hingga 16GB. Namun, dibandingkan dengan Galaxy A33 5G, ponsel ini tidak memiliki ketahanan air/debu IP67.

Dalam 14 hari kami dengan perangkat ini, menawarkan kinerja yang layak dan mampu menangani tugas-tugas dasar sehari-hari seperti browsing internet, mengirim email dan pesan, mengklik foto dan lebih mudah. Tetapi ketika berbicara tentang multitasking, dan terus-menerus beralih antar aplikasi, smartphone tertinggal dalam banyak situasi. Respons yang sulit dan pengguliran juga terkadang terasa lamban. Bagian baiknya adalah, meskipun menjalankan hingga 15 aplikasi di latar belakang, perangkat tidak terlalu panas.

Performa Galaxy M33 5G cukup untuk keseharian penulis. Seperti yang kamu lihat dari benchmark, Galaxy M33 5G dapat memeras kinerja smartphone kelas menengah. Tetapi jika kamu menginginkan yang lebih bertenaga, ponsel ini mungkin bukan yang kamu cari. Konsumsi baterai berkurang 6% setelah 20 menit penggunaan terus-menerus.

Mari kita uji melalui aplikasi Benchmark

AnTuTu v8 – 415250

Geekbench – 750 (Single-Core), 1902 (Multi-Core)

3DMark SSE – 2256 (Wild Life), 3600 (Sling Shot Extreme OpenGL 3.1)

PCMark – 11660 (Work 2.0)

AndroBench – 285.34 MB/s (Seq. Read), 84.48 MB/s (Seq. Write)

Dengan penggunaan terus-menerus, Galaxy M33 5G akan dapat lebih mengerahkan kekuatannya. Kami melakukan tes stres untuk melihat bagaimana ponsel menangani pendinginan dan menemukan bahwa suhunya hanya mencapai 35°C, lebih rendah dari suhu yang dicapai beberapa ponsel kelas menengah. Tetapi kinerja termal yang unggul datang dengan mengorbankan kinerja CPU/GPU, yang terlihat saat kamu memainkan game Call of Duty. Kinerja game secara keseluruhan sangat mulus.

Sayangnya, speakernya tidak sebagus yang diharapkan. Karena lokasinya, speaker mono Galaxy M33 5G mudah ditutup saat bermain game dalam mode lanskap. Pilihan terbaik di sini adalah hanya menggunakan headphone atau earphone.

Dengan demikian, kualitas audio Galaxy M33 5G masih layak. Suaranya keras dan jernih, dan tidak ada bunyi kresek atau letupan. Cocok untuk video dan musik, ditambah lubang suara juga cukup jernih selama panggilan. Koneksi nirkabel juga stabil. Tapi sayangnya, itu tidak mendukung WiFi 6. Ini juga memiliki 5G, tetapi kami tidak mencobanya karena ekosistemnya yang belum jalan.

Galaxy M33 5G dikirimkan dengan OneUI 4.1 berbasis Android. Sama seperti ponsel Samsung yang mahal, M33 5G juga menawarkan perangkat lunak bersih dengan aplikasi prainstal yang sangat minim, yang dapat dihapus saat diperlukan.

Kamera

Samsung Galaxy M33 5GDepartemen kamera adalah tempat Galaxy M33 5G melakukan pekerjaan yang cukup baik, terutama untuk harganya. Pada panel belakang, smartphone ini menyertakan empat kamera termasuk sensor utama 50 megapiksel, sensor makro 2 megapiksel, sensor kedalaman 2 megapiksel, dan lensa ultra lebar 5 megapiksel  dengan bidang sudut pandang 120 derajat.

Samsung Galaxy M33 5G

Lensa utama mampu menghasilkan foto yang cukup bagus di siang hari dan situasi pencahayaan rendah. Foto-foto tersebut menangkap detail yang cukup bagus dan warnanya juga terlihat cukup nyata. Bagian baiknya adalah, foto-foto itu tidak pernah terlihat terlalu mencolok atau jenuh.

50 Megapixels

Performa kamera low-light juga cukup mengesankan di segmen harga ini. Ada mode malam yang mengoptimalkan foto yang diklik dalam cahaya yang lebih sedikit. Secara keseluruhan, jika kamu suka memposting foto di Instagram dan Facebook, Galaxy M33 5G tampaknya menjadi pilihan yang cukup bagus di segmen harga ini.

Bidikan potret juga terlihat cukup mengesankan, dengan latar belakang yang diburamkan dengan benar dan tepi yang jelas. Kinerja makro, bagaimanapun, bisa lebih baik menurut saya. Di sebagian besar bidikan makro, detailnya sering terlihat hilang. Warnanya juga terlihat bagus dalam hal ini. Lensa ultra lebar juga sering melewatkan detail, yang sekali lagi sedikit mengecewakan.

Zoom 2x

Video Low Light

Baterai

Samsung Galaxy M33 5GIni adalah salah satu aspek terbaik dari Samsung Galaxy M33 5G memiliki kapasitas baterai 5000 mAh. Kami sangat puas dalam penggunaan 14 hari karena smartphone bertahan satu hari penuh penggunaan berat dengan mudah. Sedangkan saat kami tidak menggunakannya secara intens masa pakai baterai hingga 1,5 hari dengan sangat mudah, dengan sekali pengisian daya. Ini mendukung pengisian cepat 25W yang bisa kamu beli diluaran karena kotak hanya menyertakan port USB Tipe C.

Kesimpulan

Samsung Galaxy M33 5GSamsung Galaxy M33 5G adalah opsi yang cukup layak untuk dipertimbangkan jika kamu mencari ponsel kisaran 4 jutaan. Ini terlihat layak dengan kualitas build yang bagus. Desainnya, bagaimanapun, kami percaya bisa menjadi sedikit unik, hanya membosankan. Performa adalah area lain di mana kami merasa perangkat ini cukup mumpuni, departemen seperti baterai, layar, dan kamera cukup bagus.

Secara keseluruhan, jika kamu adalah penggemar Samsung dan ingin membeli smartphone dengan harga terjangkau yang menawarkan pengalaman pengguna yang bersih dan masa pakai baterai yang hebat, Galaxy M33 5G adalah pilihan yang baik untuk dipertimbangkan karena kami rasakan smartphone ini tangguh buat harian.

 

Berita Lainnya

Leave a Comment