Trendtech, Jakarta – Menyusul kesuksesan developer challenge pertama, Indosat Ooredoo dan Snap mengumumkan developer challenge kedua sebagai bagian dari program Indosat Ooredoo Digital Camp (IDCamp) Augmented Reality (AR) Creator.
“Dengan lebih dari 500 peserta pada challenge pertama, kami tahu bahwa developer dan programmer muda Indonesia semakin bersemangat untuk mengeksplorasi kekuatan teknologi AR,” ujar Ritesh Kumar Singh, Chief Commercial Officer Indosat Ooredoo.
Lebih lanjut, Ritesh menjelaskan, program ini perpaduan antara fisik dan digital, menawarkan para penggemar teknologi dan seniman sebuah lapangan bermain baru untuk menunjukkan kreativitas mereka. AR juga menawarkan cara yang lebih mendalam bagi orang untuk berinteraksi dan terlibat dengan orang lain di dunia yang semakin digital ini.
Baca juga: Indosat Ooredoo Menghasilkan Pertumbuhan Pendapatan 11,4% di Semester 1 2021
Tantangan pertama, yang dimulai pada April, berfokus pada festival Ramadan dan berlangsung selama empat minggu. Kompetisi membuat Lens, atau Lensathon, mengundang individu untuk membuat Lens yang menarik menggunakan aplikasi desktop Snap’s Lens Studio untuk merayakan bulan suci Ramadan.
Lebih dari 2.000 Lens dikirimkan dan 100 pemenang mendapatkan 2.500 poin. Dengan poin tersebut, pemenang dapat mengakses materi pelajaran tambahan atau menukarnya dengan hadiah. Desain Lens pemenang banyak mengeksplorasi ekspresi menggunakan pola dan simbol Indonesia, hal menarik seputar adat istiadat setempat, dan perayaan momen spesial Ramadan.
Tangkap THR dan Makan Ketupat adalah dua Lens pemenang yang diciptakan oleh Rizky Adi, 21 tahun, mahasiswa Teknik Informatika dari Politeknik Negeri Jakarta, yang berhasil menjadi Creator pertama di Indonesia dalam Snap Lens Network.
Menjelang Hari Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus, tantangan kedua mengundang para creator untuk merancang Lens yang merayakan Hari Kemerdekaan negara ke-76. Sesuai dengan tema nasional “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”, Lensathon yang akan datang ini akan menjadi kesempatan bagi para peserta untuk mengungkapkan harapan dan visi mereka untuk Indonesia yang tangguh dan berkembang di tengah pandemi. Lens akan dievaluasi berdasarkan kriteria, termasuk kompleksitas, kreativitas, fungsionalitas, dan keterlibatan.
Baca juga: Indosat Ooredoo Hadirkan Prime dari IM3 Ooredoo Propaid
“Dengan lebih dari 2.000 Lens yang dibuat, kami sangat senang melihat antusiasme untuk challenge pertama,” kata Anubhav Nayyar, Director of Market Development SEA, Snap,
“Kami menciptakan Lens Studio karena kami ingin memberdayakan komunitas kami untuk membawa imajinasi mereka menjadi nyata dan menyenangkan sekali memiliki Indosat Ooredoo sebagai mitra yang berbagi visi ini. Kami senang melihat semua Lens yang dibuat dan dibagikan orang untuk merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia,” tuturnya.