Home GadgetSmartphone Samsung Galaxy S21 FE vs POCO F4 GT: Perbandingan Spesifikasi
POCO F4 GT

Samsung Galaxy S21 FE vs POCO F4 GT: Perbandingan Spesifikasi

by Trendtech Indonesia

Trendtech, JakartaPOCO F4 GT baru saja memulai debutnya di pasar global dan membuat banyak orang terkejut karena spesifikasinya yang juga menakjubkan ditawarkan dengan harga yang menakjubkan. Ini adalah smartphone yang sempurna untuk para gamer dan untuk semua pengguna yang ingin menghemat uang sebanyak mungkin. Dalam beberapa tahun terakhir, Samsung juga mulai merilis flagship killer dan yang terbaru adalah Samsung Galaxy S21 FE. Apakah perangkat ini mampu bersaing dengan flagship terbaru Xiaomi  atau tidak ada peluang bagi Samsung di segmen flagship killer? Berikut ini perbandingan spesifikasi Samsung Galaxy S21 FE dan POCO F4 GT.

Baca juga: POCO M4 Pro 5G vs POCO X3 Pro: Perbandingan Spesifikasi

POCO F4 GT

Desain

Jika kamu membutuhkan smartphone paling elegan dan cantik, pilihan terbaik untuk kamu adalah Samsung Galaxy S21 FE. Memiliki bagian belakang plastik (bingkai terbuat dari aluminium), tetapi jelas lebih menarik dalam hal keberuntungan. Flagship Killer Samsung juga merupakan ponsel yang lebih ringkas dan dilengkapi dengan sertifikasi IP68 yang membuatnya tahan air dan tahan debu, tidak seperti saingannya. POCO F4 GT memiliki bahan yang lebih baik termasuk kaca belakang dan bingkai aluminium, dan juga dilengkapi dengan pemicu pop-up magnetik untuk bermain game. Kedua ponsel memiliki kaca depan yang dilindungi oleh Gorilla Glass Victus, perlindungan paling canggih oleh Corning.

Layar

Layar Samsung Galaxy S21 FE dan POCO F4 GT sangat mirip dalam hal kualitas gambar, tetapi yang terakhir tampaknya menawarkan sedikit lebih karena mampu menampilkan hingga satu miliar warna. Selebihnya, kedua panel ini sangat mirip, keduanya adalah layar AMOLED dengan kecepatan refresh 120 Hz, pembaca sidik jari dalam layar, dan resolusi Full HD+ 1080 x 2400 piksel. Mereka berbeda untuk diagonal layar 6,4 inci dan 6,67 inci. Selanjutnya, perangkat POCO memiliki empat speaker stereo, sedangkan perangkat Samsung hanya memiliki dua speaker. Dalam kedua kasus, kamu mendapatkan kualitas gambar yang bagus dan panel yang halus.

Spesifikasi & Perangkat Lunak

Poin terkuat dari POCO F4 GT adalah kehadiran chipset Qualcomm terbaik tahun 2022, menggunakan Snapdragon 8 Gen 1 yang dibangun pada 4 nm dan berjalan pada frekuensi maksimal 3 GHz. SoC dipasangkan dengan RAM hingga 12GB dan penyimpanan asli UFS 3.1 hingga 256GB. Sedangkan Samsung Galaxy S21 FE, kamu mendapatkan chipset Snapdragon 888 inferior yang berjalan pada 2,84 GHz (Exynos 2100 di pasar tertentu), dengan penyimpanan RAM hanya 8GB, dan penyimpanan internal hingga 256GB. Meskipun S21 FE memiliki departemen perangkat keras yang lebih rendah, kamu akan melihat perbedaannya hanya dalam skenario penggunaan paling canggih karena keduanya adalah kelas unggulan. Sistem operasi yang diinstal pada kedua ponsel ini adalah Android 12, dengan antarmuka pengguna yang sangat disesuaikan di atasnya.

Kamera

Kamera terbaik milik Samsung Galaxy S21 FE. Muncul dengan kamera utama 12 MP yang mendukung OIS, sensor telefoto 8 MP dengan zoom optik 3x, dan kamera ultrawide 12 MP. Kamera belakang mampu merekam video dalam resolusi 4K pada 60 fps dan kamera depan dengan resolusi 32 MP juga mampu melakukannya. POCO F4 GT hanyalah ponsel kamera kelas menengah dengan tiga kamera 64 MP termasuk lensa ultrawide 8 MP dan sensor makro 2 MP.

Baca juga: realme 9 Pro vs POCO X4 Pro: Perbandingan Spesifikasi

Baterai

POCO F4 GT seharusnya memberi kamu masa pakai baterai yang lebih lama karena memiliki baterai 4700 mAh yang lebih besar daripada Samsung Galaxy S21 FE, dan bahkan dilengkapi teknologi pengisian daya yang lebih cepat dengan daya 120W yang menakjubkan. Di sisi lain, Samsung memiliki fitur pengisian nirkabel dan pengisian nirkabel terbalik.

Harga

POCO F4 GT mulai dari Rp 9 jutaan, sedangkan Samsung Galaxy S21 FE mulai dari Rp 9 jutaan. Yang mana yang terbaik? Tidak ada jawaban pasti dan itu tergantung pada kebutuhan kamu. POCO memiliki pengisian daya yang lebih cepat, perangkat keras (dan tampilan) yang lebih baik, dan baterai yang lebih besar, sedangkan Galaxy S21 FE menawarkan kualitas build yang lebih tinggi, kamera yang lebih baik, dan pengisian daya nirkabel. Mana yang akan kamu pilih?

 

Berita Lainnya

Leave a Comment