Home GadgetSmartphone Samsung Galaxy Z Fold4 vs Samsung Galaxy Z Flip4: Perbandingan Spesifikasi
Samsung Galaxy Z Fold4

Samsung Galaxy Z Fold4 vs Samsung Galaxy Z Flip4: Perbandingan Spesifikasi

by Trendtech Indonesia

Trendtech, Jakarta – Samsung meluncurkan ponsel lipat generasi keempat, terdiri dari Samsung Galaxy Z Fold4 dan Samsung Galaxy Z Flip4 . Sama seperti generasi sebelumnya, mereka datang dengan faktor bentuk yang berbeda: yang pertama lebih diperuntukan bagi mereka yang mencari ponsel produktivitas dengan kinerja tinggi, sedangkan ponsel lipat kedua, khusus bagi mereka yang mencari perangkat paling ringkas. Namun terlepas dari faktor bentuk yang berbeda, perangkat ini sama-sama unggulan dan spesifikasinya tidak jauh berbeda. Jika kamu mencoba memahami mana yang terbaik terlepas dari faktor bentuknya, kamu berada di tempat yang tepat. Kamu sedang membaca perbandingan antara spesifikasi  Samsung Galaxy Z Fold4 dan Samsung Galaxy Z Flip4.

Baca juga: Samsung Galaxy Z Flip4 5G vs Galaxy Z Flip3 5G: Perbandingan Spesifikasi

Samsung Galaxy Z Fold4

Desain

Seperti yang telah disebutkan, faktor bentuk sangat berbeda. Samsung Galaxy Z Fold4 hadir dengan layar lipat yang mampu mengubah perangkat ini menjadi tablet, meskipun sangat mirip dengan ponsel tradisional saat dilipat. Samsung Galaxy Z Flip4 adalah ponsel lipat clamshell: layar lipatnya memiliki dimensi yang mirip dengan layar ponsel tradisional, tetapi dapat dilipat menjadi dua dan membuat ponsel sangat ringkas. Pilih yang mana? Itu tergantung pada kebutuhan kamu: jika kamu membutuhkan layar yang sangat lebar, maka Galaxy Z Fold4, jika tidak, perangkat yang sangat ringkas untuk disimpan di saku, Galaxy Z Flip4 adalah pilihan yang lebih baik. Keduanya dibangun dengan bahan premium, termasuk kaca belakang yang dilindungi oleh Gorilla Glass Victus Plus dan profil aluminium. Meskipun mereka adalah ponsel yang dapat dilipat, mereka juga tahan air karena memiliki sertifikasi IPX8. Jadi tidak hanya faktor bentuk yang inovatif tetapi juga kualitas desain yang sangat baik.

Layar

Layar lipat internal Samsung Galaxy Z Fold4 sebenarnya adalah yang terbaik dalam perbandingan ini. Ini adalah panel Dynamic AMOLED dengan diagonal 7,6 inci, resolusi 2K 1812 x 2176 piksel, kecepatan refresh 120 Hz, dan sertifikasi HDR10+. Layar Depan adalah layar AMOLED 6,2 inci dengan resolusi HD+ 904 x 2316 piksel dan kecepatan refresh 120 Hz, dilindungi oleh Gorilla Glass Victus+. Perhatikan bahwa Galaxy Z Fold4 memiliki nilai tambah yang penting, selain layar besar, mendukung S Pen untuk tulisan tangan dan gambar yang mungkin sangat berguna untuk produktivitas. Flip hadir dengan layar lipat internal yang menggunakan teknologi AMOLED, resolusi Full HD+, dan kecepatan refresh 120 Hz. Panel eksternal adalah layar AMOLED 1,9 inci yang sangat kecil,

Spesifikasi & Perangkat Lunak

Samsung Galaxy Z Fold4 dan Samsung Galaxy Z Flip4 ditenagai oleh prosesor yang sama. Kita berbicara tentang platform seluler Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1+ yang dibangun dengan proses produksi 4 nm dan menggunakan arsitektur octa-core yang terdiri dari CPU Cortex X2 yang berjalan pada frekuensi maksimum 3,19 GHz, tiga CPU Cortex A710 yang berjalan pada 2,75 GHz , empat CPU Cortex A510 yang berjalan pada 1,8 GHz, dan GPU Adreno 730. Yang berubah adalah jumlah RAM di samping penyimpanan internal, pasti lebih baik di Fold4. Memang, Samsung Galaxy Fold4 menyediakan RAM 12GB dan penyimpanan internal UFS 3.1 hingga 1TB, sedangkan Samsung Galaxy Z Flip4 hanya memiliki RAM 8GB dan penyimpanan asli UFS 3.1 hingga 512GB. Ponsel ini menjalankan Android 12 , tetapi Fold4 memiliki Android 12L, versi yang dioptimalkan untuk perangkat dengan layar besar.

Kamera

Samsung Galaxy Z Fold4 memenangkan perbandingan kamera hanya karena memiliki sensor yang lebih baik. Di sisi belakang, ia menggunakan kamera utama 50 MP dengan OIS dan autofokus piksel ganda, sensor telefoto 10 MP dengan zoom optik 3x, dan lensa ultrawide 12 MP dengan FOV 123 derajat. Sedang Flip4, kamu hanya mendapatkan kamera utama 12 MP dengan OIS dan kamera ultrawide 12 MP: sangat buruk untuk ponsel flagship, tapi hei, ini adalah clamshell yang dapat dilipat.

Baca juga: Samsung Galaxy Watch 5 Series: Desain, Spesifikasi dan Harga

Baterai

Samsung Galaxy Z Fold4 menghancurkan Samsung Galaxy Z Flip4 dalam hal masa pakai baterai, karena alasan yang jelas. Ini lebih besar dan memiliki ruang untuk baterai yang lebih besar, dengan kapasitas 4400 mAh, sedangkan Flip4 hanya memiliki 3700 mAh.

Harga

Kamu membutuhkan setidaknya mulai dari Rp 25 juta untuk membeli Samsung Galaxy Z Fold4, sedangkan Samsung Galaxy Z Flip4 mulai dari Rp 14 jutaan. Galaxy Z Fold4 memenangkan perbandingan spesifikasi, Tapi ingat ini smartphone Clamsell yang memiliki nilai tersendiri buat kamu yang fashionable.

 

Berita Lainnya

Leave a Comment