Home News Samsung Memulai Produksi Massal Chipset 6nm dan 7nm EUV
6nm dan 7nm EUV

Samsung Memulai Produksi Massal Chipset 6nm dan 7nm EUV

by Trendtech Indonesia

Trendtech, Jakarta – Samsung, raksasa teknologi Korea Selatan, baru saja mengumumkan telah memulai produksi massal chipset 6nm dan 7nm EUV (Extreme Ultraviolet).

Chipset ini adalah yang terbaru dari samsung dan sedang diproduksi di fasilitas V1 yang baru dibangun Samsung berlokasi di Hwaseong, Korea Selatan. 

Baca juga : Luncur MediaTek Helio G70 dan G80, Chipset Khusus Seri Gaming

Dimana fasilitas V1 merupakan fasilitas khusus dengan teknologi canggih yang bertanggung jawab untuk memproduksi chipset. Samsung bahkan telah membuktikan fasilitas ini mampu memproduksi chipset sekecil 3nm dalam waktu dekat. 

Seperti diketahui, Samsung merupakan perusahaan electronics yang memiliki banyak perangkatnya, mulai peralatan rumah tangga hingga smartphone.

Tentunya dengan kehadiran perangkat-perangkat tersebut, salah satu bisnis yang paling sukses dan berdampak adalah produksi chipset.

Hal ini terlihat dari investasi Samsung yang mencapai sekitar 6 miliar Dolar AS. Ini juga akan menyebabkan kapasitas produksi tumbuh hingga hampir tiga kali lipat dari tahun lalu. Demikian pula, fasilitas manufaktur lainnya seperti S1, S3 juga mampu mensintesis wafer sub-10nm, yang kini banyak diminati.

Menurut Samsung, proses litografi EUV, yang merupakan teknologi di baliknya, sangat penting untuk menciptakan pola yang lebih kompleks pada wafer. Selain itu, chip yang dibuat dari proses canggih ini akan melayani berbagai tujuan yang berbeda seperti jaringan 5G, kecerdasan buatan dan banyak lagi. 

Baca juga : Qualcomm Luncurkan Snapdragon 720G, 662 dan 460, Apa Keunggulannya?

Sampai sekarang, perusahaan memiliki enam jalur produksi seperti ini yang sudah menerima pesanan dari raksasa industri seperti Qualcomm , Baidu , NVIDIA , dan bahkan Intel .

Menurut pengumuman resmi, perusahaan akan mengirimkan chip  6nm dan 7nm EUV kepada berbagai pelanggannya pada kuartal pertama tahun 2020.

Berita Lainnya

Leave a Comment