Home Fintech Sinar Mas Land dan DANA Membangun Sistem Pembayaran Digital UMKM di BSD City
Sinar Mas Land

Sinar Mas Land dan DANA Membangun Sistem Pembayaran Digital UMKM di BSD City

by Trendtech Indonesia

Trendtech, JakartaSinar Mas Land berkolaborasi dengan DANA melalui webinar Digitalisasi UMKM BSD City, yang membahas tantangan pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk go digital di berbagai wilayah, serta langkah strategis yang dapat dilakukan agar sukses di era industri 4.0.

Kegiatan webinar tersebut diikuti oleh ratusan UMKM binaan Sinar Mas Land yang berasal dari Pasar Modern Intermoda BSD City, Pasar Modern BSD City, Fresh Market Kota Wisata, Fresh Market Grand Wisata serta pelaku UMKM binaan dari DANA. Vince Iswara, CEO & Co-Founder DANA serta Chief of Digital Ecosystem and Development – Sinar Mas Land, Irawan Harahap menjadi pembicara dalam acara tersebut.

Baca juga: Mustika Ratu dan DANA Tawarkan Gaya Hidup Sehat Melalui Jejamu

Kerja sama Sinar Mas Land dan DANA berfokus pada pengembangan pembayaran digital bagi para pelaku UMKM yang ada di kawasan BSD City. Kehadiran UMKM di BSD City dapat mendorong kawasan ini menjadi percontohan untuk terciptanya ekosistem yang terintegrasi, termasuk pembayaran digital.

Chief of Digital Ecosystem and Development – Sinar Mas Land, Irawan Harahap berharap dengan terciptanya ekosistem pembayaran digital di BSD City turut membantu pergerakan ekonomi kembali. “Kami melakukan kolaborasi dengan DANA sejalan dengan upaya pemerintah yang terus memudahkan dan memajukan pembayaran digital di tengah para pelaku bisnis dan konsumen. Apalagi di tengah pandemi, kita mengurangi tatap muka ataupun melakukan transaksi tunai. Untuk itulah, kami ingin menyebarluaskan teknologi pembayaran digital kepada ribuan UMKM agar dapat memperkaya ekosistem digital di BSD City dan membuat warga serta kota kita menjadi lebih smart,” kata Irawan.

Irawan menjelaskan bahwa upaya ini juga merupakan bagian dari upaya transformasi BSD City untuk menjadi integrated smart digital city. “Transformasi ini kami lakukan dari hulu ke hilir. Secara fisik telah dimulai dari infrastruktur dan kawasan Digital Hub sebagai wadah bagi industri teknologi digital dan kreatif, hingga kini kami telah menjajaki pengembangan yang lebih intangible, seperti komunitas, serta bimbingan bagi UMKM agar dapat juga menikmati kemudahan usaha dengan teknologi digital,” ujar Irawan.

Pihaknya memilih DANA karena perusahaan teknologi finansial tersebut telah berpengalaman selama tiga tahun dalam menyediakan infrastruktur pembayaran yang memungkinkan masyarakat Indonesia melakukan pembayaran dan transaksi secara nontunai dan nonkartu. Selain itu, DANA memiliki 250.000 UMKM terdaftar dalam fitur DANA Bisnis dan jumlahnya terus bertambah. DANA pun mengadakan pendampingan berkelanjutan untuk seluruh UMKM terkait pelatihan mengenai pemasaran dan penggunaan teknologi.

CEO & Co-Founder DANA, Vince Iswara menjelaskan bahwa sejak awal perusahaan selalu fokus untuk menghadirkan teknologi finansial yang dapat menjembatani berbagai kebutuhan masyarakat maupun mata rantai perekonomian, termasuk pelaku UMKM. Pihaknya sadar bahwa potensi UMKM Indonesia yang begitu besar perlu didukung dengan literasi digital maupun digital finansial agar daya saingnya semakin kuat.

Baca juga: Hadirkan Notifikasi Harga Emas, DANA Mudahkan Pengguna Cerdas Berinvestasi!

“Oleh karena itu, DANA sebagai sahabat UMKM senantiasa memberikan pendampingan dan pelatihan digital finansial berkelanjutan bagi pelaku usaha di berbagai daerah. Kami pun menyambut positif apabila berbagai sektor industri nonteknologi seperti Sinar Mas Land dapat ikut berpartisipasi aktif untuk memajukan literasi digital dan digital finansial bagi UMKM,” ujar Vince.

Vince menjelaskan bahwa pihaknya memiliki inisiatif DANA Sahabat UMKM untuk mendukung digitalisasi UMKM lewat salah satu fiturnya yaitu DANA Bisnis. Melalui teknologi yang terus dikembangkan, UMKM menjadi punya peluang yang kian beragam. Fitur ini berfungsi dari memperluas jangkauan pasar, melakukan inovasi dalam hal layanan transaksi nontunai, kegiatan promosi dan pemasaran, hingga terkoneksi secara digital dengan ekosistem DANA yang lain, seperti bank, e-commerce, investasi, ataupun platform-platform digital serupa yang penting untuk mendukung perkembangan bisnis.

Berita Lainnya

Leave a Comment