Home GadgetSmartphone Snapdragon 888: Otak di Balik Teknologi Canggih Samsung Galaxy Z Fold3
Snapdragon 888

Snapdragon 888: Otak di Balik Teknologi Canggih Samsung Galaxy Z Fold3

by Trendtech Indonesia

Trendtech, Jakarta – Prosesor menjadi faktor penting untuk menunjang performa sebuah smartphone. Oleh karena itu, penting bagi Samsung untuk menunjang Galaxy Z Fold3 dengan spesifikasi gahar untuk menunjang beragam aktivitas berat, terutama mengingat ini adalah ponsel lipat serba bisa.

Samsung Galaxy Z Fold3 bisa berlari kencang berkat chipset Snapdragon 888. Ini merupakan salah satu prosesor terbaik untuk ponsel Android tahun 2021 dengan fabrikasi 5nm. Lalu apa keunggulan prosesor ini?

Prosesor ini memiliki 8 inti dengan Cortex-X1 (desain dasar ARM dengan beberapa penyesuaian Qualcomm). Dibandingkan dengan A78, X1 dapat menjalankan 33 persen lebih banyak instruksi per jam, memiliki dua kali lipat perangkat keras SIMD dan kapasitas cache L1 dan L2 telah digandakan juga. Inti ini berjalan pada 2.84 GHz.

Baca juga: Ini Bukti 5 Kamera Samsung Galaxy Z Fold3 Bisa Hasilkan Foto Maksimal

Berikutnya adalah cluster tiga core Cortex-A78 yang memiliki clock 2.4 GHz. Mereka bergabung dengan empat inti A55 yang berjalan pada 1.8 GHz. CPU ini juga dilengkapi dengan 4 MB cache L3 dan 3 MB cache Sistem.

Secara keseluruhan, CPU Kryo 680 menjanjikan peningkatan kinerja 25 persen dari prosesor sebelumnya.

Untuk GPU menggunakan Adreno 660 dimana memiliki performa rendering 35 persen lebih cepat sekaligus meningkatkan efisiensi daya hingga 20 persen. Ini dirancang untuk gaming dengan frekuensi gambar (frame rate) tinggi dan latensi rendah. Tujuannya agar game 144 fps bisa dimainkan untuk game yang menginginkannya, tetapi ada juga beberapa fitur untuk meningkatkan kualitas gambar juga.

Variable Rate Shading (VRS) adalah trik baru yang ditemukan di GPU terbaru dari Nvidia dan AMD (termasuk dari konsol PS5 dan Xbox) pada chip ini. Ini memungkinkan shader bekerja pada dua atau empat piksel sekaligus, bukan hanya satu.

Ini pada akhirnya menghemat sumber daya komputasi dan jika pengembang game berhati-hati dalam menerapkannya, frame yang dirender tidak dapat dibedakan secara visual. VRS dapat meningkatkan kinerja hingga 30 persen. Sebagai alternatif, ini dapat digunakan untuk meningkatkan efisiensi daya.

Ada juga fitur Game Quick Touch yang hadir pada GPU chipset ini yang dapat mengurangi latensi sentuhan hingga 20 persen. Ini berfungsi hingga 120 fps, tetapi paling efektif pada 60 fps sehingga semua game dapat memanfaatkannya, meskipun tidak mendukung frekuensi gambar yang lebih tinggi.

Chipset ini merupakan chipset pertama yang menggunakan modem Snapdragon X60 5G. Dan tidak seperti 865 sebelumnya, modem terintegrasi sebagai gantinya menjadi chip eksternal. Modem generasi ketiga ini mendukung sub-6 dan mmWave dari 5G. Ini menawarkan kecepatan downlink hingga 7,5 Gbps dan uplink hingga 3 Gbps.

Sistem FastConnect 6900 memiliki fitur Wifi 6G (ax di pita 6 GHz) dan dapat mencapai kecepatan hingga 3,6 Gbps, Wi-Fi seluler tercepat di industri. Standar 6E juga menawarkan latensi yang lebih rendah, keuntungan untuk streaming game dari PC lokal (atau cloud, di sana modem 5G juga dapat membantu).

Bluetooth 5.2 dengan antena ganda juga didukung, ditambah suite aptX teknologi audio nirkabel latensi rendah berkualitas tinggi.

Chipset 888 adalah Snapdragon pertama dengan tiga Image Signal Processor (ISP). Chip seri 800 sebelumnya memiliki dua ISP. Ini memungkinkan tiga aliran kamera terpisah untuk diproses secara bersamaan, yang memiliki banyak kegunaan. Pertama, ini dapat menangani tiga aliran video 4K HDR atau menangkap tiga foto 28 MP secara bersamaan.

Ini juga akan membuat transisi yang lebih mulus dari ultrawide ke wide ke kamera tele karena setiap kamera mendapatkan ISP-nya sendiri. Tiga desain kamera atau dua ISP sebelumnya menyebabkan “lompatan” saat ponsel beralih di antara umpan video.

Prosesor hebat di Samsung Galaxy Z Fold3 disandingkan dengan ketersediaan RAM LPDDR5 jumbo 12GB dimana RAM terbaru itu punya kecepatan 6.400 Mb/s, 1,5 kali lebih cepat. Dan tentunya dengan kapasitas memori internal mencapai 512GB Anda akan leluasa memiliki penyimpanan data yang sangat luas.

Baca juga: Ringkas Dibawa hingga Bikin Konten Hands-free, Ini yang Bikin Kamu Jadi Keren dengan Samsung Galaxy Z Flip3 5G

Dapatkan Galaxy Z Fold3 beserta pengalaman foldable terbarukan dan segala inovasinya dengan harga Rp24.999.000 (12GB/256GB) dan Rp26.999.000 (12GB/512GB). Galaxy Z Fold3 tersedia dengan pilihan warna Phantom Black, Phantom Green, dan Phantom Silver. 

Lakukan pre-order di www.galaxylaunchpack.com atau Indosat Gallery dan XL Center sampai dengan 29 Agustus 2021 dan dapatkan penawaran khusus hingga Rp5.239.000 yang terdiri dari proteksi Samsung Care+ selama 1 tahun, e-voucher hingga Rp1.500.000 untuk pembelian aksesori di Samsung e-Store, dan cashback dari bank tertentu hingga Rp1.000.000. Selain itu, tersedia juga program buy-back 60% untuk pembelian smartphone foldableseri berikutnya di tahun depan dan program cicilan 0% sampai 24 bulan melalui mitra-mitra bank berikut: Mandiri, BRI, Panin Bank, Citibank, HSBC, BCA, Maybank, BNI, DBS, CIMB Niaga, OCBC, Standard Chartered, dan Bank Mega.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Samsung Galaxy Z Fold3 5G, silakan kunjungi www.samsung.com/id/

 

 

 

Berita Lainnya

Leave a Comment