Home News Strategi Carsome Rangkul Konsumen Khusus Menjelang Ramadan
Carsome

Strategi Carsome Rangkul Konsumen Khusus Menjelang Ramadan

by Trendtech Indonesia

Trendtech, Jakarta – Carsome, berbagi strategi merangkul konsumen pasar mobil bekas Indonesia, khususnya menjelang Ramadan. Salah satunya adalah tren penjualan sepanjang 2022 meliputi merek, tipe, dan warna kendaraan yang diperjualbelikan di pada platform Carsome.

Andrew Mawikere, CEO Carsome Indonesia, mengatakan, kebutuhan konsumen selalu berkembang secara dinamis, terlebih dengan semakin beragamnya kebutuhan mobilitas dan ketersediaan ragam pilihan yang menarik di pasar industri mobil bekas.

“Berangkat dari data Carsome Insights 2022 yang terus dikembangkan setiap tahunnya, kami secara berkelanjutan terus menyediakan layanan yang paling sesuai dengan ekspektasi konsumen. Inisiatif ini kami lakukan untuk berkontribusi membangun industri otomotif tanah air, khususnya industri mobil bekas,” ucap Andrew.

Baca juga: Kilats Group Resmi Jadi ATPM di Indonesia untuk Sepeda Motor Listrik GOVA

Konsumen mobil bekas Carsome di Indonesia pada 2022 sebagian besar berasal dari kota-kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Palembang, Medan, dan Makassar. Mereka berada pada usia produktif 25-44 tahun, yang berasal dari berbagai latar belakang ekonomi dan berprofesi sebagai karyawan swasta, wiraswasta, hingga pedagang. Umumnya, para konsumen menggunakan mobil bekas sebagai alat transportasi pribadi atau keluarga, meskipun beberapa konsumen juga menggunakan mobil bekas untuk keperluan bisnis, seperti transportasi barang atau jasa angkutan.

Berdasarkan temuan yang terangkum dalam Carsome Insights 2022, Honda Brio masih menjadi merek mobil yang paling laku terjual. Mitsubishi Xpander juga berhasil menjadi merek kategori LMPV (Low Multi Purpose Vehicle) terlaris dengan pangsa pasar sebesar 6.5% yang menggantikan Avanza di 2021, sedangkan Honda HR-V berhasil masuk di peringkat keempat teratas dengan lahirnya generasi terbaru Honda HR-V di 2022. 2022 juga terus menjadi tahun terbaik bagi mobil jenis LMPV yang masih menjadi segmen terlaris bagi para konsumen.

Meskipun demikian, posisinya mulai tergerus oleh segmen LCGC (Low Cost Green Car), dikarenakan kenaikan harga BBM yang cukup signifkan di 2022. Carsome Insights 2022, juga menunjukkan minat konsumen pada mobil bekas dalam kisaran usia 3-4 tahun dengan harga yang relatif terjangkau dibandingkan dengan mobil baru dan model yang masih tergolong up-to-date.

Performa di 2022 terbilang sangat baik, ditunjukkan melalui kenaikan penjualan sebanyak lebih dari lima kali lipat dari tahun sebelumnya. Lokasi dan jangkauan pasar yang sangat luas menjadi salah satu strategi untuk berada lebih dekat dengan konsumen dan secara konsisten memperkenalkan ekosistem end-to-end .

Tahun ini, Carsome memanfaatkan momentum Ramadan untuk hadir lebih dekat dengan para konsumen melalui Ramadan Mall Exhibition di Gandaria City (5-9 April 2023) dan Central Park Mall (12-16 April 2023). Carsome juga meluncurkan program bertajuk “ADA CARANYA #BikinRamadanMakinSpesial” untuk menawarkan potongan harga pembelian mobil hingga puluhan juta, serta tambahan potongan harga hingga Rp 7,5 juta jika melakukan tukar-tambah mobil lama dengan Carsome Certifed Car.

Baca juga: Turnitin Luncurkan Teknologi AI Deteksi Tulisan ChatGPT di Kalangan Siswa

Lebih lanjut, komitmen terhadap konsumen di Indonesia juga diperkuat dengan kehadiran pengalaman kepemilikan mobil bekas terbaik, melalui layanan Carsome Emergency Roadside Assistance untuk memberikan kenyamanan dan ketenangan pikiran konsumen selama melakukan perjalanan. Layanan ini merupakan layanan tambahan 24 jam yang disediakan secara gratis untuk membantu konsumen yang mengalami keadaan darurat selama berkendara. Konsumen dapat menghubungi kontak layanan 24 jam untuk mendapatkan layanan gratis untuk jasa derek, jasa penghantaran bensin, layanan jumper aki, serta penggantian ban.

“Memasuki tahun keenam kehadiran Carsome di Indonesia, kami berharap layanan jual beli mobil bekas kami akan terus berinovasi untuk memberikan pengalaman membeli mobil bekas yang seamless dan terintegrasi untuk konsumen di seluruh Indonesia,” tutup Andrew.

 

Berita Lainnya

Leave a Comment