Home GadgetSmartphone Tecno Phantom X2 vs Tecno Phantom X2 Pro: Perbandingan Spesifikasi
Tecno Phantom X2 Pro

Tecno Phantom X2 vs Tecno Phantom X2 Pro: Perbandingan Spesifikasi

by Trendtech Indonesia

Trendtech, JakartaTechno akhir tahun lalu mengejutkan semua orang dengan meluncurkan dua flagships. Kita berbicara tentang Tecno Phantom X2 dan Tecno Phantom X2 Pro, dua ponsel kelas atas hadir dengan salah satu chipset terbaik di luar sana dan bahkan departemen kamera yang menarik. Setelah diluncurkan, banyak orang bertanya-tanya ponsel mana yang terbaik untuk didapatkan dan mana yang memberikan nilai uang tertinggi. Haruskah kamu menghemat uang untuk versi standart atau layak menghabiskan lebih banyak untuk varian Pro? kamu akan mengetahuinya melalui perbandingan antara spesifikasi utama Tecno Phantom X2 dan Tecno Phantom X2 Pro ini. Perbandingan difokuskan pada perbedaan antara kedua perangkat ini karena mereka memiliki beberapa kesamaan.

Baca juga: Tecno Pop 6 Pro vs Tecno Pop 5 Pro: Spesifikasi

Tecno Phantom X2 Pro

Desain

Tecno Phantom X2 dan Tecno Phantom X2 Pro memiliki desain yang sama. Mereka dilengkapi dengan kaca belakang, kaca depan yang dilindungi oleh Corning’s Gorilla Glass Victus, dan bingkai aluminium. Mereka datang dengan modul kamera besar yang ditempatkan secara terpusat di penutup belakang, serta layar dengan rasio layar ke bodi yang sangat tinggi (lebih dari 93 persen) dan tepi melengkung di samping. Layar memiliki lubang punch yang ditempatkan secara terpusat untuk kamera depan. Satu-satunya perbedaan antara kedua model ini adalah satu pilihan warna tunggal: varian Pro hadir dalam varian khusus kulit Mars Orange, sedangkan versi satunya menggantikannya dengan Moonlight Silver yang lebih anonim. Kedua ponsel juga bisa dipilih dalam pilihan warna Stardust Grey.

Layar

Sama seperti desainnya, layar kedua ponsel ini pun sama persis. Kita berbicara tentang panel AMOLED dengan diagonal lebar 6,8 inci, resolusi Full HD+ 1080 x 2400 piksel, kecepatan refresh 120 Hz, dan pembaca sidik jari dalam layar, dilindungi oleh Gorilla Glass Victus. Ini bukan tampilan yang mengecewakan, tetapi ini bukan panel unggulan. Ini cukup bagus berkat warna hitam pekat dan warna cerah khas layar OLED, dan sangat mulus berkat kecepatan refreshnya yang tinggi. Sayangnya, ponsel ini tidak dilengkapi dengan speaker stereo dan tidak memiliki jack audio, tetapi mendukung radio FM.

Spesifikasi & Perangkat Lunak

Tecno Phantom X2 dan Tecno Phantom X2 Pro ditenagai oleh chipset yang sama: Dimensity 9000, yang merupakan chipset andalan MediaTek tahun 2022. SoC ini sebenarnya berada pada level performa yang sama dengan Snapdragon 8 Gen 1. Dibuat dengan proses produksi 4 nm dan memiliki arsitektur octa-core yang terdiri dari CPU Cortex X2 yang berjalan pada frekuensi maksimal 3,05 GHz, tiga CPU Cortex A710 berjalan pada 2,85 GHz, empat CPU Cortex A510 berjalan pada 1,8 GHz, dan Mali GPU G710 MC10. Kedua ponsel dilengkapi dengan penyimpanan internal UFS 3.1 256GB. Satu-satunya perbedaan di departemen perangkat keras adalah jumlah RAM: versi standart hanya memiliki RAM 8GB, sedangkan varian Pro memiliki 12GB, itulah alasan mengapa ia memenangkan perbandingan perangkat keras. Sistem operasi yang diinstal pada ponsel ini adalah Android 12, disesuaikan dengan HiOS 12.

Kamera

Perbedaan terpenting dan satu-satunya perbedaan besar antara Tecno Phantom X2 dan Tecno Phantom X2 Pro adalah pengaturan kameranya. Versi standart hanyalah ponsel kamera kelas menengah, sedangkan Pro adalah ponsel kamera kelas atas. Di Tecno Phantom X2 Pro, kamu bisa menemukan tiga kamera belakang yang terdiri dari penembak utama 50 MP, lensa telefoto 50 MP dengan zoom optik 2,5x, dan lensa ultrawide 13 MP. Versi standart memiliki kamera utama 64 MP dengan OIS, penembak ultrawide 13 MP, dan sensor kedalaman 2 MP yang tidak berguna. Seperti yang kamu lihat, ada perbedaan besar antara kedua departemen kamera ini. Kedua ponsel dilengkapi dengan selfie shooter 32 MP.

Baca juga: OnePlus 11 vs iQOO 11: Perbandingan Spesifikasi

Baterai

Kapasitas baterai tidak berubah: ponsel ini memiliki baterai 5160 mAh dengan pengisian cepat 45W; bahkan kecepatan pengisiannya sama.

Harga

Tecno Phantom X2 tersedia di pasar  dengan banderol harga kisaran Rp 7 jutaan, sedangkan harga Tecno Phantom X2 Pro belum diumumkan. Berapa yang akan kamu keluarkan untuk varian Pro?

Berita Lainnya

Leave a Comment