Home Telko Telkom Indonesia Percepat Transformasi Digital dengan Strategi Five Bold Moves
Transformasi Digital Telkom Indonesia

Telkom Indonesia Percepat Transformasi Digital dengan Strategi Five Bold Moves

by Trendtech Indonesia

Trendtech, JakartaPT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui strategi utama Five Bold Moves terus mengakselerasi transformasi guna menciptakan nilai tambah dan meningkatkan daya saing perusahaan. Langkah ini sejalan dengan upaya Telkom dalam mendukung Asta Cita Pemerintahan RI, khususnya percepatan transformasi digital di berbagai sektor industri.

Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah, mengungkapkan bahwa implementasi Five Bold Moves terus memberikan sinyal positif bagi perusahaan.

“Strategi transformasi ini terus menunjukkan hasil yang baik dalam memperkuat posisi Telkom sebagai pemimpin industri. Kami optimis dapat menghadirkan solusi digital yang lebih inovatif, mempercepat pertumbuhan bisnis, serta memberikan kontribusi nyata bagi ekosistem digital nasional,” papar Ririek.

Baca juga: Telkom dan Thales Berkolaborasi untuk Solusi Keamanan Digital dan Pengembangan Kota Cerdas di Indonesia

Acara tersebut turut dihadiri oleh Heri Supriadi (Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Telkom), Venusiana (Direktur Enterprise and Business Service Telkom), Honesti Basyir (Direktur Group Business Development Telkom), serta Daru Mulyawan (Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Telkomsel).

Tahun kedua pasca implementasi Fixed-Mobile Convergence (FMC), Telkom terus mencatat hasil positif dengan peningkatan efisiensi operasional dan kinerja bisnis. Hal ini turut mendorong kontribusi terhadap pertumbuhan perusahaan. Selain itu, InfraCo, melalui PT Telkom Infrastruktur Indonesia (TIF), telah memasuki tahap awal fase komersialisasi. TIF bertujuan untuk memaksimalkan produktivitas aset jaringan milik TelkomGroup dan telah menjalin kerja sama strategis dengan mitra penyedia layanan internet fiber.

Ke depannya, TIF akan terus memaksimalkan optimalisasi produktivitas aset fiber dengan membuka akses bagi mitra eksternal, sehingga dapat meningkatkan potensi pendapatan.

Di sektor Data Center (DC Co), Telkom melalui NeutraDC terus meningkatkan kapasitas dan kapabilitas data center baik di domestik maupun regional, termasuk hyperscale data center yang berlokasi di Cikarang dan Batam. “TelkomGroup membuka peluang kemitraan strategis dengan berbagai pihak untuk dapat semakin memperkuat kapasitas data center TelkomGroup,” tambah Ririek.

Untuk B2B Digital IT Service, Telkom terus memperkuat fokus bisnisnya pada segmen Business-to-Business (B2B) sebagai bagian dari transformasi strategis perusahaan. Langkah ini menjadi upaya Telkom dalam mendorong transformasi digital di berbagai sektor industri.

“Telkom terus meningkatkan penetrasi pasar untuk segmen B2B, serta memperkuat kapabilitas talenta B2B dengan lebih dari 1.500 sertifikasi di bidang IT Services, Cloud, dan Cybersecurity. Selain itu, melalui kemitraan strategis dengan berbagai pihak, termasuk hyperscalers dan pemain global, Telkom berkomitmen untuk menghadirkan solusi digital yang inovatif dan berdaya saing,” jelas Ririek.

Kemudian, DigiCo menghadirkan beragam layanan dan solusi digital inovatif dengan pemanfaatan teknologi terkini, seperti AI, yang menyasar baik segmen B2C maupun B2B. Telkom mengadopsi pendekatan baru dengan memperluas skala bisnis digital yang menguntungkan, serta menjajaki peluang kemitraan strategis untuk mempercepat pertumbuhan dan menciptakan nilai tambah bagi pelanggan.

Baca juga: Proteksi Privasi Telkomsel x Mastercard: Solusi Anti Pencurian Identitas Digital

Dengan strategi transformasi yang terus diakselerasi melalui Five Bold Moves, Telkom berkomitmen untuk memperkuat ekosistem digital nasional yang dapat memberikan kontribusi pada peningkatan ekonomi digital Indonesia. Melalui optimalisasi aset, ekspansi bisnis digital, dan kemitraan strategis, Telkom siap menjawab tantangan industri yang semakin dinamis.

“Ke depan, perusahaan akan terus berinovasi dan beradaptasi guna memastikan pertumbuhan yang berkelanjutan, serta memberikan kontribusi nyata dalam mendorong transformasi digital di Indonesia demi terwujudnya visi Indonesia Emas 2045,” pungkas Ahmad Reza, SVP Group Sustainability and Corporate Communication Telkom.

Berita Lainnya