Trendtech, Jakarta – Menyambut momen Ramadan dan Idulfitri (RAFI) 2025/1446H, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) memastikan kesiapan infrastruktur dan layanan telekomunikasi digital berjalan optimal di seluruh wilayah Indonesia. TelkomGroup melakukan berbagai inisiatif strategis, mulai dari penguatan infrastruktur dan layanan digital, penyiapan sumber daya, hingga kegiatan sosial. Langkah ini sejalan dengan misi Asta Cita pemerintah untuk mendorong inklusivitas digital, akselerasi transformasi digital, serta peningkatan ekonomi digital di Indonesia.
Pada Konferensi Pers Kesiapan TelkomGroup untuk RAFI 2025/1446H di Kementerian BUMN RI, Selasa (18/3), Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah, menyatakan, “Kami memahami bahwa Ramadan dan Idulfitri adalah momen dengan kebutuhan komunikasi tinggi, baik untuk silaturahmi, hiburan digital, transaksi digital, dan aktivitas lainnya. Dengan imbauan working from anywhere (WFA) dan perpanjangan libur lebaran, kebutuhan internet akan meningkat. Kami berkomitmen menjaga kualitas layanan dengan jaringan optimal, kapasitas memadai, serta pengalaman digital terbaik bagi masyarakat.”
Baca juga: Telkom Indonesia Percepat Transformasi Digital dengan Strategi Five Bold Moves
Konferensi Pers ini dipandu oleh Juru Bicara Kementerian BUMN RI, Putri Violla, dan dihadiri oleh Direktur Network and IT Solution Telkom, Herlan Wijanarko, serta Direktur Sales Telkomsel, Adiwinahyu Basuki Sigit.
Kenyamanan pelanggan, baik retail (B2C) maupun korporasi (B2B), menjadi prioritas utama TelkomGroup selama RAFI 2025. Saat ini, TelkomGroup memiliki 158,4 juta pelanggan Telkomsel, 9,69 juta pelanggan IndiHome, 590 ribu pelanggan UMKM, 2.300 pelanggan korporasi, dan 700 pelanggan pemerintahan.
TelkomGroup telah menyiapkan infrastruktur dan IT Tools secara optimal, termasuk jalur trafik internasional melalui gateway Batam dan Manado dengan 14 kabel laut yang beroperasi secara redundant. Lonjakan trafik broadband diproyeksikan mencapai 20,35 Tbps, meningkat 28% dari periode sebelumnya. Untuk mengantisipasi hal ini, kapasitas jaringan ditingkatkan menjadi 58,4 Tbps, naik 11% dari tahun sebelumnya.
Direktur Utama Telkomsel, Nugroho, menegaskan, “Sebagai bagian dari TelkomGroup, Telkomsel siap mendukung penuh kesiapan infrastruktur dan layanan telekomunikasi digital selama Ramadan dan Idulfitri. Dengan peningkatan kapasitas jaringan yang andal serta promo terbaik, kami memastikan kenyamanan pelanggan dalam menikmati layanan digital terbaik.”
TelkomGroup telah memetakan dan mengamankan infrastruktur telekomunikasi di 476 PoI (Point of Interest), termasuk kawasan wisata, pusat perbelanjaan, transportasi publik, jalur mudik, perumahan, dan fasilitas rumah ibadah. Lebih dari 234 ribu BTS 4G dan 5G Telkomsel diperkuat. Pada RAFI 2025, layanan 5G dapat dinikmati di 56 kota di Indonesia. Trafik data diperkirakan meningkat 16% dari periode RAFI sebelumnya, dengan total payload mencapai 69,14 PetaBytes (PB) pada puncak RAFI 2025.
Untuk memastikan keandalan infrastruktur, TelkomGroup melakukan pengujian melalui rehearsal network dan drive test di lebih dari 17 ribu km jalan utama, jalan tol, jalur kereta, dan jalur penyeberangan kapal. Selain itu, dilakukan uji ketahanan (stress test), pengujian ketersediaan jaringan, pemantauan stabilitas koneksi, serta peningkatan cyber-security.
Monitoring berkala dilakukan di 57 Posko RAFI, meliputi posko nasional, regional, daerah, divisi fungsi, hingga anak perusahaan. Sebanyak 480 personel bertugas 24/7 mulai 26 Maret hingga 8 April 2025, dengan dukungan 9.000 teknisi lapangan. Monitoring dilakukan dengan berbagai aplikasi dan perangkat, serta laporan rutin harian ke posko nasional.
Sebagai bentuk apresiasi, TelkomGroup menghadirkan berbagai penawaran menarik, seperti Paket Serba Lima Ribu Sahur, Smartphone Baru Ramadan Ceria, Open Channel IndiHomeTV #SelaluMenemani Ramadan, Paket Dynamic Telkomsel One, Paket Hemat Mudik, Surprise Deal Ramadan, Promo Langganan IndiHome, dan Promo Paket Youtube Premium.
Baca juga: XL Circle Solusi Berbagi Kuota: Gratis 5GB untuk Setiap Anggota Grup!
Tidak hanya fokus pada infrastruktur, TelkomGroup juga memaknai RAFI 2025 dengan berbagai kegiatan sosial, seperti pemberian santunan kepada 1.000 anak yatim piatu, bantuan 100 komputer dan akses internet untuk sekolah, madrasah, dan pesantren, serta santunan kepada 1.000 dhuafa dan disabilitas. Inisiatif ini sejalan dengan komitmen TelkomGroup dalam mendukung pembangunan sosial dan memperkuat nilai kebersamaan.
“Ramadan dan Idulfitri adalah momen istimewa untuk mempererat silaturahmi dan meningkatkan kebersamaan. Kami akan memastikan kelancaran dan kenyamanan seluruh aktivitas digital masyarakat Indonesia. Selamat menjalankan ibadah puasa, semoga kita semua diberikan kesehatan. Bagi yang mudik, utamakan keselamatan agar perjalanan lancar dan penuh kebahagiaan. Selamat Hari Raya Idulfitri, Mohon maaf lahir dan batin, semoga membawa keberkahan bagi kita semua,” tutup Ririek.