Home Telko Dukung IDByte Esports 2019, Bukti Telkomsel Akselerasikan Gaya Hidup Digital

Dukung IDByte Esports 2019, Bukti Telkomsel Akselerasikan Gaya Hidup Digital

by Trendtech Indonesia

Trendtech, JakartaTelkomsel mengakomodir perkembangan ekosistem esports secara menyeluruh dan berkelanjutan. Salah satu komitmen yang diwujudkan Telkomsel melalui partisipasi dalam gelaran IDByte Esports 2019 yang diselenggarakan di Tengerang Selatan, Banten.

Direktur Utama Telkomsel Emma Sri Martini mengatakan, keseriusan Telkomsel mendukung penguatan ekosistem esports di Indonesia telah dilakukan dalam beberapa tahun belakangan ini, terutama dengan berkembangnya akses teknologi serta semakin tingginya minat dan penetrasi masyarakat terhadap esports.

“Kami berkomitmen untuk mendukung perkembangan esports mulai dari menghadirkan layanan konektivitas berkualitas hingga ragam fitur dan solusi layanan bernilai tambah seperti penyediaan akses payment gateway.  Diperkuat juga dengan menyediakan wadah ekosistem para penggiat esports melalui Dunia Games serta berpartisipasi mengembangkan konten esports sebagai publisher,” ujar Emma dalam keterangnnya.

[Baca juga : TELKOMSEL DORONG UMKM “GO DIGITAL”]

Dukungan Telkomsel sendiri dalam kemajuan industri esports dalam negeri sudah dimulai sejak tahun 2009. Pada saat itu, Telkomsel meluncurkan marketplace portal pertama di Indonesia berbasis Java, flash dan html yang diberi nama Dunia Games. Sepanjang perjalanannya, Telkomsel pun terus berinovasi guna memenuhi kebutuhan pelanggan, yang mana salah satunya, pada tahun 2013 Dunia Games memperkenalkan sistem payment gateway Direct Carrier Billing (DCB), yang menghadirkan kemudahan pembelian aplikasi dan konten digital games menggunakan pulsa.

Upaya Telkomsel mengakselerasikan ekosistem esports di Indonesia berlanjut di tahun 2016 dengan mengembangkan fungsi Dunia Games sebagai media wadah komunitas, publisher, serta e-sport organizer esports di Indonesia. Kini Dunia Games juga dikenal sebagai satu dari lima media online esports terbesar di Indonesia, yang telah menerbitkan lebih dari 200 ribu artikel bagi para penggiat mobile games di seluruh Indonesia, bahkan juga di level regional Asia.

Kekayaan konten serta tingkat interaktif turut berkontribusi dalam catatan pengunjung aktif bulanan platform media Dunia Games yang kini telah melampaui 10 juta orang. Guna menghadirkan pilihan konten yang beragam dan menarik, lebih dari 900 video terkait mobile gaming juga dapat diakses melalui channel YouTube Dunia Games. Penyediaan konten yang bermanfaat menjadi salah satu bentuk dukungan Telkomsel dalam meningkatkan kemampuan para gamer di seluruh Indonesia agar mampu bersaing hingga ke level internasional, yang nantinya diharapkan juga akan mengakselerasikan gaya hidup dan prestasi melalui esports.

Sebagai bentuk dukungan terhadap industri esports secara lebih inklusif, mengambil peran sebagai organizer, Dunia Games juga telah menggelar lebih dari 1.000 event offline di seluruh Indonesia, dengan melibatkan lebih dari 60.000 peserta. Tidak berhenti sampai di situ, Telkomsel melalui Dunia Games kini juga membina tim profesional dari berbagai divisi game esports.

Solusi yang dihadirkan Dunia Games sebagai publisher game terwujud pada 2018. Sejak itu, Telkomsel menjadi perusahaan telekomunikasi pertama di Asia Tenggara yang berpartisipasi aktif sebagai publisher game dengan dirilisnya mobile games berbasis aplikasi, ShellFire. Hingga kini, aplikasi games bergenre action dengan subgenre FPS (First Person Shooter) dan MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) tersebut sudah diunduh sebanyak lebih dari 3,5 juta kali, baik melalui Google Play Store maupun App Store. Kedepannya, Dunia Games akan kembali merilis sejumlah game terbaru untuk terus dalam menguatkan penetrasi dalam komunitas dan industri esports di Indonesia.

[Baca juga : B.J. HABIBIE, BAPAK TEKNOLOGI INDONESIA DI BALIK KELAHIRAN TELKOMSEL]

“Kami optimis bahwa industri esports di Indonesia akan semakin berkembang. Untuk itu Telkomsel melalui Dunia Games secara konsisten akan memperkuat ekosistem esports secara menyeluruh, mulai dari penyediaan akses konektivitas dan layanan terdepan, hingga mewadahi komunitas gamer untuk saling berinteraksi dan berbagi informasi seputar games. Melalui Dunia Games, Telkomsel akan terus konsisten menjadi enabler bagi seluruh stakeholders di dalam industri esports Indonesia secara berkesinambungan. Telkomsel percaya kegiatan sejenis IDByte Esports ini akan semakin membuka banyak peluang bagi masyarakat mengekplorasi ekosistem esports secara positif,” tutup Emma.

 

Berita Lainnya

Leave a Comment