Trendtech, Jakarta – Telkomsel memberikan dukungan dan mengambil peran dalam perhelatan Bulan Fintech Nasional (BFN) & Indonesia Fintech Summit (IFS) 2021 yang berlangsung pada 11 November – 12 Desember 2021.
Vice President Data Solutions Telkomsel Mia Melinda mengatakan, BFN dan IFS 2021 yang tahun ini mengangkat tema “Fintech for Faster Economic Recovery: Balancing Governance and Innovation”, merupakan perhelatan yang penting dalam memperkuat ekosistem keuangan digital Indonesia untuk mendorong pemulihan ekonomi yang lebih signifikan pasca pandemi.
Baca juga: Telkomsel Hadirkan Solusi 5G SD-WAN Pertama di Indonesia
“Kami turut mendukung kesuksesan BFN dan IFS 2021 agar melalui perhelatan tersebut, regulator, startup fintech, beserta para pemangku kepentingan lainnya dapat menghadirkan beragam solusi dan inovasi yang lebih menyeluruh melalui pemanfaatan teknologi telekomunikasi digital terdepan, untuk kemudian dapat diimplementasikan serta manfaatnya dapat dirasakan secara nyata oleh seluruh lapisan masyarakat yang membutuhkan akses pembiayaan mudah, cepat, aman, dan nyaman, terutama memberikan solusi bagi segmen masyarakat unbanked,” ujar Mia.
Selama perhelatan BFN dan IFS 2021, Telkomsel berkesempatan untuk mengikuti berbagai forum diskusi dan dialog, hingga workshop dengan tujuan mengembangkan industri fintech nasional yang lebih berdampak. Dimulai dari Fintech Talk, dimana Telkomsel berkesempatan mengikuti dialog dan diskusi bersama regulator, para pemangku kepentingan industri terkait, dan publik yang bertujuan memperkuat ekosistem keuangan digital nasional; Media Clinic, dimana Telkomsel berpartisipasi dalam diskusi terkait berbagai isu kebijakan utama di industri fintech; dan Expert Lab dimana Telkomsel berkesempatan untuk berbagi pengetahuan bagi publik tentang inovasi Telkomsel dalam mengakselerasi inklusi keuangan Tanah Air. Dalam berbagai forum dan diskusi dialog tersebut, Telkomsel menyoroti tentang perkembangan industri fintech yang kehadirannya sangat penting untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi digital nasional dan meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia dengan memperluas akses finansial yang mudah dan nyaman, utamanya bagi segmen underbanked dan unbanked.
Telkomsel sendiri baru-baru ini menghadirkan solusi fintech terbaru bernama Telkomsel klop!, yang merupakan sebuah platform aggregator pinjaman terpercaya yang memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam memilih berbagai produk pinjaman digital. Melalui Telkomsel klop!, masyarakat dapat menemukan serta membandingkan produk pinjaman yang tepat dari penyedia fintech di seluruh Indonesia yang bisa diakses melalui satu aplikasi. Dengan menghadirkan Telkomsel klop! Telkomsel bertujuan membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan dana darurat untuk menunjang produktivitas keseharian seperti untuk keperluan modal usaha, pendidikan, dan kesehatan. Layanan terbaru ini diharapkan dapat mengakselerasi inklusi keuangan nasional dengan memberikan solusi bagi segmen masyarakat yang mengalami hambatan dalam mengakses fasilitas keuangan. Saat ini, Telkomsel klop! telah terdaftar dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
“Kami berharap keikutsertaan Telkomsel dalam perhelatan BFN dan IFS 2021 ini dapat memberikan kontribusi positif bagi perkembangan dan pertumbuhan ekosistem fintech di Indonesia, khususnya dalam menghadirkan terobosan-terobosan yang dapat memperkuat ekosistem keuangan digital nasional. Telkomsel sebagai digital ecosystem enabler akan terus berupaya mendorong inklusi keuangan nasional yang lebih merata dan inklusif dengan membuka kesempatan lebih luas untuk menjalin kolaborasi bersama para pemangku kepentingan terkait, sehingga dapat menghadirkan solusi digital terdepan yang dapat memberikan akses lebih mudah bagi seluruh lapisan masyarakat dan berdampak positif bagi pertumbuhan perekonomian nasional,” tutup Mia.